Awas Banyak Profil Palsu di Facebook!


Image

Perusahaan antivirus mengingatkan banyak profil palsu muncul di Facebook yang bertujuan untuk menyebarkan malware atau program-program berbahaya.

Pembuat antivirus AVG Technologies mengatakan user dari layanan LinkScanner mendeteksi banyak profil yang identik, namun dengan nama yang berbeda. Profil itu juga terdapat link ke video rumahan, namun yang ditampilkan adalah anti virus palsu yang harus diwaspadai.

Penipuan itu dirancang untuk mengelabui orang untuk membeli software yang tidak berguna, dan malah menjadi korban pencurian informasi kartu kredit. Tidak jarang juga menginstal spyware pada komputer korbannya.

“Data Snatchers telah menemukan cara untuk menciptakan akun Facebook secara otomatis, yang berarti mereka telah menemukan cara untuk melewati Facebook Captcha,” kata Roger Thompson, kepala riset di AVG, menulis dalam sebuah posting blog.

Tapi Facebook membantah hal itu. “Link jahat diblacklist dan Facebook menghalangi URL untuk dibagikan,” kata Jubir Facebook Simon Axten. Sementara Facebook sedang bekerja untuk mengidentifikasi semua akun palsu dan menonaktifkannya.

Axten tidak setuju dengan AVG yang berspekulasi bahwa sistem Captcha telah berhasil ditembus.

“Kami sedang mencari tahu bagaimana akun ini diciptakan, tetapi sangat mungkin melalui proses pendaftaran manual, atau orang dibalik serangan Captcha menanamkan sesuatu lewat manusia yang dibayar,” kata Axten [via]

About these ads

One thought on “Awas Banyak Profil Palsu di Facebook!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s