Distro Linux Nusantara : Made In LIPI


image

Pusat Penelitian Informatika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2I LIPI) mengembangkan Distro Nusantara berkode rilis IGN2009.

Distro Nusantara merupakan sistem operasi open source, yang diperkenalkan dalam Seminar Nasional Open Source Software Ke-3 oleh LIPI di Hotel Jayakarta, Bandung, Sabtu (7/11).

Ketua Panitia Seminar Nasional Open Source Software Ke-3, Oka Mahendra ST menyebutkan Distro Nusantara IGN2009 merupakan sistem operasi open source gratis yang dikembangkan dari Igos Nusantara 2008.

Distro Nusanatra, lanjut Oka Mahendra adalah distro Linux yang cocok digunakan untuk keperluan komputasi desktop, baik pada komputer PC, laptop maupun notebook.

Distro Nusantara, katanya, juga merupakan transformasi dari distro induk Fedora dengan berbagai kecanggihan pada fiturnya, sehingga dapat hadir dengan cita rasa dan nuansa Indonesia, dengan ciri khas bendera merah putih yang tercantum pada grafisnya.

Oka Mahendra menyebutkan IGN2009 tersedia dalam tiga tipe media, yaitu IGN2009 DVD Installer, LiveCD GNOME, IGN2009 LiveCD LXDE (minimalis).

Seminar tersebut bertema Open Source untuk Semua karena open source dapat digunakan dan dikembangkan oleh semua orang dan semua kalangan, serta dapat diaplikasi pada semua platform, software dan hardware.

"Open source tidak hanya menjadi konsumsi pengembangan dan bentuk komunitas eksklusif. Tapi milik semua orang, semua boleh memakai, mengembangkan, mendistribusikan, dan memopolerkannya," kata Oka Mahendra.

Open Source, lanjut dia dapat digunakan pula pada software yang berjalan pada kumputer atau hardware lain seperti robot, rangkaian sensor, sistem kontrol, sistem keamanan gedung, dan sistem peringatan dini.

Distro Nusantara IGN2009 menyematkan berbagai fitur, dengan fitur andalan konteks bahasa Indonesia mulai dari awal proses instalasi hingga lingkungan kerja. “OpenOffice.org yang digunakan secara dedfault telah mendukung bahasa Indonesia," ujar Oka Mahendra. [via]

Tentang iklan-iklan ini

9 thoughts on “Distro Linux Nusantara : Made In LIPI

  1. Installer Distro Nusantara ini yang dalam bentuk DVD ISO lengkap banget, sudah ada OpenOffice, GIMP, Inkspace, Firefox, dan program-program lain…

    Jadi sekali install (sekitar 30 menit), komputer/laptop siap pakai untuk keperluan kantor. CD Live dan DVD-nya dapat didownload di:

    http://igos-nusantara.or.id/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s