Mengatasi Wastafel Mampet


Obat-wastafel-mampet

Tiga hari yang lalu wastafel di rumah mampet, airnya tidak bisa mengalir sama sekali. Ketika di guyur air, malah kotoran dari dalam peralon yang jadi saluran wastafel membludak. Awalnya saya kira hanya mampet biasa, makanya saya ambil peralon yang kecil kemudian saya coba colek-colek lubangnya, tapi tidak berhasil sama sekali. Rupanya kotoran yang menyumbat sudah benar-benar banyak.

Esok paginya saya coba googling di internet cari informasi ada nggak obat yang bisa untuk mengatasi wastafel mampet. Dari beberapa informasi saya mendapatkan informasi beberapa obat yang bisa digunakan untuk mengatasi wastafel mampet. Ada yang bilang pakai soda api, ada yang bilang pakai dranex dll. Kemudian saya coba nyari obat tersebut dan kebetulan di alfamart dekat rumah ada yang jual obat anti subat namanya dranex, harganya sekitar 17.000 berbentuk butiran sepertu gula pasir.

Setelah di rumah, saya langsung mencoba obat tersebut dengan cara dimasukkan ke lubang wastafel, kemudian saya tunggu kurang lebih 30 menit menunggu obat bereaksi. Ketika obat ini dimasukkan air di dalam peralon seperti mendidih.

Setelah 30 menit saya masukan air ke dalam wastafel hasilnya tidak ada perubahan, wastafel tetap mampet airnya membludak lagi, dan saya harus nguras air untuk dibuang. Karena masih sisa akhirnya obatnya saya habiskan untuk mengulangi langkah yang sama. Tapi hasilnya sama saja.

Tadi sore (sehari sesudah nyoba radex) sepulang kerja, saya coba mampir ke toko bangunan yang cukup besar untuk menanyakan obat yang cocok untuk wastafel yang mampet, saya bilang “yang ampuh”. Penjaga toko kemudian memberikan kepada saya obat cair namanya RAJA Anti Sumbat (NU 513) ukuran 1.250 gram (lihat gambar atas).

Dalam hati saya ragu, apakah obat ini ampuh atau sama saja dengan obat sebelumnya. Begitu sampai rumah saya coba menguras air yang ada di peralon sampai hampir habis, kemudian saya tuangkan cairan yang saya beli tersebut sedikit demi sedikit. Ketika cairan dimasukan ke pipa reaksinya keluar asap dan bau menyengat seperi air raksa yang ditumpahkan, baunya sangat tidak enak.

Lima belas menit kemudian (sesuai petunjuk)  saya coba mengguyur wastafel yang sudah diberi cairan NU 513, dan alhamdulillah air yang tadinya menggenang bisa mengalir lagi dengan lancar, untuk memastikan saya beberapa kali memasukkan air ke lubang wastafel menggunakan ember dan hasilnya salurannya telah lancar kembali.

Alhamdulillah ternyata obat yang saya beli seharga 28.000 tersebut ampuh dan terbukti bisa mengatasi wastafel yang mampet. Barangkali info ini bermanfaat buat yang punya pengalaman sama. Yang jelas ini bukan review dibayar (PTR), ini jurni pengalaman Smile

100_3825

Tentang iklan-iklan ini

28 thoughts on “Mengatasi Wastafel Mampet

  1. Klo boleh tahu pabrikannya siapa ya? Soalnya saya coba cari di toko bangunan di Sby belum ketemu, mulai dari AJBS, Depo bangunan, toko-toko bangunan … Terima kasih.

  2. Terima kasih infonya, tak carinya di toko bangunan dulu. Kira-kira gampang tidak carinya ya? Soalnya belum pernah lihat di toko bangunan

  3. bisa gak di pakai untuk wastafel cuci piring….saya baca di kemasan tertulis jangan di gunakan pada aluminium atau logam galvanis..jadi gimana dong..

    • jadi gmana ibu yus jadi mencoba ny tidak? soalny yg saya alami juga sama wastafel cuci piring yg mampet..? bisa ga yah? apa lg katanya set d kasih cairan NU 531 akan keluar asap itu kebakar atau merusak paralon ny atau tidak ya untuk paralon ny….?

  4. Solusinya gimana dong? Kali hubungi pihak yang mengerti atau berpengalaman terus dia pakai soda api sama ja dong

  5. Kebanyakan masyarakat keliru dalam menggunakan soda api, khususnya pada upaya pelancaran saluran air, wc mampet atau saluran pembuangan yang sedang mampet.

    Masyarakat berfikir lebih sederhana dengan menggunakan soda api maka benda –benda yang menyebabkan menyumbatan saluran tersebut akan hancur dan saluran pun akan lancar. Justru tindakan itu akan menyebabkan permasalahan yang lebih besar mucul, jika benda benda yang menyumbat saluran sudah mengeras maka yang akan rusak adalah pipa (paralon) saluran itu sendiri, karena umumnya terbuat dari bahan plastik.

    Jika penggunaan soda api yang berlebihan maka akan menyebabkan pipa (paralon) saluran akan mengkerut dan mempersempit saluran tersebut dan akibatnya harus dibongkar dan diganti dengan pipa(paralon) baru.

    Dengan demikian bisa dibayangkan biaya yang harus dikeluarkan jika harus membongkar saluaran yang mencakup pembobokan keramik dan beton yang dilalui pipa(paralon) tersebut. Jika wc atau saluran air anda mampet, sebaiknya hubungi pihak yang lebih mengerti dan berpengalaman dalam menangani hal tersebut.

  6. thank’s kawan infonya sudah sebulan ne bini ane mayah2 tyus gara2 wastafel.ntar pulang kerja akan ane coba

  7. Wao sangat terimakasih infonya aku beberapa hari bingung nyarik i apa nama obat tuk wastafel dapor saya yang mampet susah aku masak di dapor tiap hari harus menguras air akan ku coba cari di toko besok

  8. Saya udah nyoba produk tersebut diatas kemaren.tapi kok ga ngaruh apa2 ya.saya tidak berbohong.saya sudah mengikuti petunjuk yang ada di botol tapi hasilnya mengecewakan.apa mungkin itu tergantung sama penyebab sumbatannya??

  9. Terimakasih banyak Mas….saya kebeneran lagi mencari solusi untuk Pembuangan saluran kamar mandi wisma saya yang mampat sudah 2 bulanan..hal ini amat sangat mengganggu ketika saya mandi, karena air buangan akan menggenang tidak berjalan alias mampet…….sudah ku coba pakai soda api hasilnya tidak ada perubahan…tapi dari pengalaman Mas, semoga dapat segera saya coba…tapi saya sedang bingung mendapatkannya di toko besi ato dimana yah?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s