My blog melanggar TOS ?!


Tiga hari yang lalu, tepatnya Rabu sekitar jam 12 siang blog saya menghilang dari BOTD (Blog of The Day) . Saya sedikit heran soalnya hal itu belum pernah terjadi sebelumnya, yang terjadi paling peringkatnya turun. Saya pikir mungkin ada yang salah dengan blog ini. Karena kalau dilihat dari trafik kunjungan blog saat itu kondisinya hampir mendekati 10.000 kunjungan(page view). Kemudian saya kirim pesan ke pihak wordpress, menanyakan penyebab masalah yang terjadi, saya khawatir blog saya malanggar TOS (Term of Service) dan akan berakhir dengan dihapusnya blog ini.

Hari kamis belum ada jawaban. Pas hari jumat ketika saya masuk ke menu admin, saya dapati sebuah warning!

warning

Warning: We have a concern about some of the content on your blog. Please click here to contact us as soon as possible to resolve the issue an re-enable posting”

Wah ini rupanya yang menjadi penyebab masalah itu, ada posting di blog ini yang mendapatkan “perhatian” dari wordpress. Kemudian saya kirim lagi pesan ke pihak wordpress, Isi pesan saya kurang lebih ucapan terima kasih atas perhatian ke blog ini dan sekaligus menanyakan posting mana yang bermasalah.

Setelah mengirim pesan, Pesan “warning” diatas menjadi hilang dan kemudian bog saya kembali muncul di BOTD.

Namun dini hari tadi kurang lebih jam 3, “warning” muncul lagi dan ketika saya buka email ada pesan dari WordPress (Anthony):

Hi,
Please remove any download links to software to which you do not have the legal right to distribute:

https://akhdian.wordpress.com/software-islami/

Also, please remove all affiliate links on your site.

https://akhdian.wordpress.com/2008/03/27/kunjungi-website-anda-dibayar-dollar/

If you want to have these things, please export your content and move it elsewhere. This is not permitted at WordPress.com.

Best,
Anthony
Automattic | WordPress.com

Oh ternyata 1 page dan 1 posting tersebut bermasalah. Kemudian saya mengecek Halaman Free Software islami dan saya membuang link download di beberapa software yang saya kira bermasalah. Untuk posting satunya saya hapus. Posting ini sebenarnya posting yang mempromosikan tentang bux.to, yang ternyata dilarang di promosikan di wordpress 🙂

Setelah membereskan tulisan yang bermasalah, saya kirim reply e-mail dari Anthony (WordPress) yang isinya memberitahukan kalau saya sudah membuang tulisan dan link yang dianggap bermasalah. Selang beberapa menit muncul balasan:

Hi

Thanks. your blog is now back

Best,
Anthony
Automattic | WordPress.com

Alhamdulillah blog ini berhasil diselamatkan (tidak sampai di delete) 🙂 Ini merupakan pelajaran berharga bagi saya.

33 pemikiran pada “My blog melanggar TOS ?!

  1. Ini benar-benar sepotong keren dan bermanfaat informasi. Saya puas bahwa Anda berbagi informasi ini membantu dengan kami. Harap tetap kita informasi seperti ini. Terima kasih untuk berbagi.

    Suka

  2. mas blog aku nasibnya seperti mas
    nah gimana mas cara ngilanginnya
    tuh
    soanya tulisan yang tidak diperbolehkan tersebut tidak dapat dihapus
    pokoknya di blok semuanya deh hanya bisa melihat dasbor ajja mas
    tolongin saya dong
    pleace

    Suka

  3. Pak punya saya juga kena nich…boleh tahu isi pemberitahuannya (isi email Pak Akhdian ke wordpress, maklom inggris – ku nol ) ?? Trims

    Suka

  4. Informasi yang bermanfaat..
    ternyata blog di wordpress.com ada aturan-aturan seperti itu..

    Tidak ada niat untuk dipindah ke domain baru yang tidak gratisan mas Dian? tapi memang trafiknya sudah cukup ramai..

    Oh ya salam kenal dari saya..

    Suka

  5. Alhamdulillah ga sampe di delete ya mas, kalo sampe hilang qta2 pasti kecewa banget, semoga kedepan ga ada kendala yg berarti mas! wasalam

    Suka

  6. Mas Dian, untuk antisifasi, apakah file-file yang ada sudah Anda back up..ya siapa tau timbul masalah yang tidak di inginkan, seperti..eh blog ini di hapus bgitu saja tanpa pemberitahuan terlebih dahulu…
    Kan gawat tu.. saya ikutan kecewa juga nantinya..

    Suka

  7. alhamdulillah mas cepat responnya, so blog yang bermanfaat ne tak sampai dihapus, trs berjuang mas smoga dg sedekah ilmu ini mka smakin byk ilmu yg didpt.

    Suka

  8. wah…sampe segitunya ya…. kudu hati2 juga ya mas klo nge-blog itu?

    semoga semakin bertambah ilmu ku… makasih atas tulisannya

    Suka

  9. Thanks mas akhdian buat informasi nya… wahh di blog ku juga banyak promosi loh… tapi koq belum ‘ditegor’ wp ya??!! kayaknya blom terkenal kali yahhh.. hehehehe.. 😀

    Suka

  10. Salam Kenal..saya juga salah satu orang yang jika ditanya blog apa yang sering dikunjungi saya akan menjawab salah satunya blog bang akhdian ini. habis liat posting ini saya ngucapin alhamdulillah, semoga blog ini tetap selalu eksis.
    o ya, untuk bang akhdian, saya pengen banget punya blog yg kyk abang punya ini. Ajarin dong! Serius!
    Makasih Bang Akhdian. Sukses!

    Suka

  11. Alhamdulillah. saya ikut senang. memang orang berjiwa besar harus cepat memperhatikan segala sesuatu dengan pertanggung jawaban. jaya terus…..akhdian.

    Suka

Tulis Komentar