Review Nokia N900


image

 

Nokia N900 merupakan produk separuh ponsel separuh komputer. Handset yang memiliki sistem Maemo ini untuk berbagai kebutuhan, didukung layar sentuh serta keyboard slide.

Dukungan software open source Maemo 5, membuat N900 mampu menyediakan pengalaman layaknya personal komputer dalam ukuran yang lebih mungil.

Maemo juga bisa digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi dalam waktu bersamaan.

Eksekutif Wakil Presiden Nokia Anssi Vanjoki mengatakan Nokia N900 menunjukkan arah yang dituju Nokia dengan Maemo. Nokia juga akan tetap melanjutkan pekerjaan dengan komunitas untuk mendorong pengembangan software ke depan.

Nokia menyebut Maemo sebagai bentuk penggabungan teknologi kekuatan komputer, internet dan ponsel dalam satu perangkat.

Sistem operasi Maemo Nokia terpisah dari sistem operasi symbian milik perusahaan itu. Nokia beralasan ingin memberikan yang terbaik bagi klien.

N900 mengusung spesifikasi meliputi prosesor ARM cortex-A8, Memori 1GB, storage 32GB (bisa ditambah menjadi 48GB dengan MicroSD) dan sebuah keyboard slide QWERTY. Handset ini mengusung panjang 11cm dan lebar 6cm serta layar 8,75 widescreen.

Browser Mozilla dan Adobe Flash 9.4 yang ada didukung HSPA untuk kecepatan broadband mobile. Selain itu tersedia kamera 5 megapiksel dengan lensa Carl Zeiss.

Nokia menawarkan N900 ke pasar tertentu. Nokia N900 adalah generasi terbaru dari pendahulunya Nokia N800 dan N810 yang telah dirilis tahun 2007.

N800 dijual seharga US$300 (Rp 2,9 juta) dan N810 dilepas dengan harga US$400 (Rp 3,9juta)[via]

10 pemikiran pada “Review Nokia N900

  1. klo u/ pemula enak kok,coba pke 2hp!saya pke e52 kartu simpati u/ kerja n pke n900 kartu three u/ ngenet hasilnya puuaaas

    Suka

  2. emang dari segi tampilan gue ska bgt ma n900,unik n kren..kpan lagi nich nokia mengeluakan hp yg terbaru dg fsilitas yg super lgkap dg 2 card phone nya jg.bls ya

    Suka

  3. sepertinya nggak ada fasilitas mms sama voice recorder. buat yang ga bisa ngomong londo jangan beli ni hape. soalnya pabrikan nggak nyediain menu bahasa indonesia

    Suka

  4. Review oleh pemakai>

    Saya baru membeli nokia n900 dan sebagaimana product sebuah pabrikan ada nilai + dan -.

    +1 GUI (graphic user interface) intuitif dan mudah digunakan, namun bagi power user, bagi pengguna awal atau yang baru menggunakan smart phone mungkin akan berkomentar agak ribet.
    +2 Kecerahan layar meskipun hanya 54k patut diacungi jempol, dan terbaca baik di bawah terik matahari.
    +3 Qwerty keyboard dan virtual keyboard cukup nyaman dan presisi.
    +4 Daya tahan battry.
    +5 Support pop3 / push email.
    +6 FM transmitter

    -1 Hardware n900 boleh dibilang poin 9 skala 10, namun operating system maemo dan aplikasi pendukungnya masih jauh dari harapan, salah satu yang paling menyebalkan pengguna tidak bisa melakukan sinkronisasi dengan ovi suit ataupun dengan contact di ovi.com
    -2 Sebagian besar interface OS maupun aplikasi hanya tersedia pada mode horizontal
    -3 Aneh juga aplikasi office tidak tersedia free, padahal perangkat ini digembar gemborkan sebagai mobile computer, rasanya hambar bila tidak ada free office yang disediakan oleh nokia.
    -4 Ovimap belum (tidak) mendukung voice guidance, bila anda sangat mengandalkan ovimap sebaiknya pilih seri n yang lain.
    -5 cukup berat dan besar untuk disandingkan dengan smartphone terbaru.
    -6 FM transmitter membutuhkan receiver yang peka atau dekatkan dengan antena penerima.
    -7 Paket penjualan tidak menyertakan panduan yang lengkap, tapi anda bisa download dalam bahasa inggris.
    -8 Tidak menyediakan converter CA144, yang akan sangat bermanfaat untuk memanfaatkan charging terdahulu nokia)

    Kesimpulan:
    1. Great device but lack of application support.
    2. Power user akan menyukai n900.
    3. Bila anda tidak punya cukup waktu untuk bermain2 dengan handset highend ini mungkin seri e dan n yg lain patut dipertimbangkan atau smartphone yang sudah terkenal kemudahan pemakaiannya.
    4. Bila anda sering mensinkronkan data di ovi suit dan mengguanakan ovimap, n900 bukan untuk anda.

    Suka

  5. wah keren bngt tuh,system operasinya jg baru,dl sy pernah baca kl nokia N dgn 3 digit angka cm d jual d dataran cina,emang skr dh d pasarkan d tanah air y mas,oya trs kira2 bagusan mana sama sony ericsson Xperia 10 (X10) yg berbasis android…?

    Suka

Tulis Komentar