Do’a Saat Bingung Mengatasi Hutang


image

Tidak seorangpun manusia yang suka terlilit hutang. Baik dia beriman maupun tidak. Sebab ketika terbebani hutang seseorang biasanya menjadi bingung dan kehabisan gairah beraktifitas. Kreatifitas diri dan dinamika menurun. Ia tenggelam dalam kesedihan dan perasaan tertekan memikirkan hutangnya yang belum sanggup ia lunasi.

Abu Said Al-Khudhri radhiyallahu ’anhu bertutur: “Pada suatu hari Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam masuk masjid. Tiba-tiba ada seorang sahabat bernama Abu Umamah radhiyallahu ’anhu sedang duduk di sana. Beliau bertanya: ”Wahai Abu Umamah, kenapa aku melihat kau sedang duduk di luar waktu sholat?” Ia menjawab: ”Aku bingung memikirkan hutangku, wahai Rasulullah.” Beliau bertanya: ”Maukah aku ajarkan kepadamu sebuah do’a yang apabila kau baca maka Allah ta’aala akan menghilangkan kebingunganmu dan melunasi hutangmu?” Ia menjawab: ”Tentu, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda, ”Jika kau berada di waktu pagi maupun sore hari, bacalah do’a:

image

”Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.”
Kata Abu Umamah: ”Setelah membaca do’a tersebut, Allah ta’aala berkenan menghilangkan kebingunganku dan membayarkan lunas hutangku.” (HR Abu Dawud 4/353)

Ada beberapa pelajaran yang bisa ditarik dari hadits di atas. Di antaranya ialah ternyata sahabat merupakan manusia biasa seperti kebanyakan manusia pada umumnya. Bilamana ia terlibat hutang maka ia menjadi bingung dan sedih. Hal ini jelas dinyatakan oleh Abu Umamah radhiyallahu ’anhu. Sahabat yang satu ini saking sedih dan bingungnya menghadapi lilitan hutang hingga kedapatan oleh Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam sedang berdiam diri di dalam masjid di luar jam biasanya seseorang berada di masjid.

Pelajaran lainnya ialah bahwa sahabat tatkala ditawari doa oleh Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam untuk menghilangkan kebingungan dan mengatasi beban hutangnya, maka tanpa ragu sedikitpun ia menyambut dan menerimanya. Bahkan dengan segera ia amalkan, sehingga dengan izin Allah subhaanahu wa ta’aala tak lama sesudah ia rajin berdoa, Allah subhaanahu wa ta’aala berkenan mengatasi problem hutangnya.

Tentunya sahabat Abu Umamah radhiyallahu ’anhu membaca doa bukan sekedar seperti orang bernyanyi tanpa memahami dan meyakini kekuatan doa tersebut. Di samping berdoa ia berusaha sekuat tenaga mengatasi apa-apa yang ia lontarkan dalam doanya. Ia berusaha mengatasi bingungnya, sedihnya, lemah dirinya, malasnya dan ketidakberdayaannya menghadapi kesewenang-wenangan manusia kepada dirinya. Demikianlah para sahabat radhiyallahu ’anhum. Mereka merupakan anak didik terbaik Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam sehingga mereka tidak pernah meragukan kekuatan doa. Barangkali jika di zaman sekarang ada orang yang datang kepada seseorang mengeluhkan problem hutangnya kemudian diberikan jalan keluar berupa doa kepada Allah subhaanahu wa ta’aala, ia akan marah dan merasa dipermainkan.

Artinya, jika kita sedang bingung lantaran problem hutang yang tidak kunjung terlunasi, maka hendaknya kitapun mengikuti jejak generasi terbaik para sahabat radhiyallahu ’anhum tersebut. Mereka sungguh telah menghayati kebenaran firman Allah ta’aala di dalam Kitab-Nya:

image

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo`a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS Al-Baqarah ayat 186)

Dari ayat di atas dapat kita simpulkan beberapa pelajaran yang sangat penting:

  1. Allah ta’aala itu dekat. Artinya jangan kira Allah ta’aala tidak melihat dan mengetahui segala apa yang berkecamuk di dalam diri kita. Termasuk segala kesulitan yang kita hadapi.
  2. Asalkan permohonan diajukan kepada Allah ta’aala, maka Allah ta’aala berjanji pasti akan mengabulkannya
  3. Agar lebih besar kemungkinan dikabulkannya, hendaklah kita penuhi segenap perintah Allah ta’aaladan tentunya tinggalkan segenap larangan-Nya
  4. Berimanlah kepada Allah ta’aala. Sebab Allah ta’aala memliki nama-nama yang baik (Asmaa-ul Husna). Allah ta’aala Dialah yang Maha Kaya, Maha Mendengar, Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maha Kuasa mengabulkan segenap doa hamba-hambaNya.[via]

Update

Anda juga bisa tonton videonya:

263 pemikiran pada “Do’a Saat Bingung Mengatasi Hutang

  1. Nama saya Mohamad nasrulah, dihari yg fitri ini saya dari semalem blm bisa tidur memikirkan hutang 5jt yg jatuh tempo siang ini. Mohon kiranya ada pembaca budiman yg berkenan membantu meringankan beban saya, saya ucapkan banyak2 terima kasih. Istri saya sedang hamil tua,untuk sharing kayaknya sangat tidak mungkin. Dihari hari raya idul fitri ini, yg seharusnya disambut dengan hati gembira ,malah seakan akan ada gunung yg menindih dada saya, sesak sekali ya Alloh. Ampuni dosa2 hamba ya Alloh, ya Rabb, ya Fattah, ya Rozak

    Mohamad nasrulah : 082226448895

    Suka

  2. Halo, apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk membayar tagihan atau memulai bisnis? Kami menawarkan layanan kredit dan keuangan lainnya kepada perorangan dan organisasi, Kami adalah perusahaan pinjaman pribadi dan Kami menawarkan pinjaman online mulai dari $ 1000 sampai $ 2.000.000,00 dengan tingkat bunga rendah 2%. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan kredit ini, silahkan hubungi kami melalui e-mail: (jodimichel460@gmail.com)

    Suka

  3. Selamat siang.
    saya seorg ayah dari 4 org anak. Istri masih hidup.
    Saya seorg kontaktor. Saya terlilit hutang karena berangkat dari modal zero atau nol. Akhirnya minjam sana sini sama teman yg bunganya 10% – 20%.utk menyelesaikan proyek. Akhirnya keuntungan habis utk membayar bunga hutang. Bahkan mengalami tambahan kerugian sampai $ 20,000.00 sampai 30,000.00.
    Sampai sekarang diperkirakan utk melunasi hutang tersebut diperlukan $35,000.00.

    Saya bingung utk bayar hurang hutang tersebut.
    MUNGKIN dari pembaca atau teman teman yg dikasihi Tuhan bisa membantu menyelesaikan maslahku ini.
    Atau mungkin dari saudara saudara yg diberi kelimpahan danah dan baik hati bisa membantu meringankan bebanku ini.
    Aku mungkin akan melaksanakan apa yg akan dibebankan pd saya.
    Atau mungkin ada yg mau bekerja sama membuka usaha bisnis di Timor Leste. Kita bisa kerja sama dalam berbagai hal bisnis yang menguntungkan.

    Tuhan akan memberkati apa yg saudara perbuat padaku dengan segala kebaikan dan kemurahannya pada saudara. Amen.

    Terimakasih.

    Suka

  4. Assalamualaikum, sesama saudara muslim, aku adalah seorang istri dari suamu yg terlilit hutang, aku bingung harus melakukan apa sbgai seorang istri, aku punya tiga orang putri kelahiran kedua kembar umurnya skarang satu tahun stengah, itu membuat aku sibuk dan gak bisa bantu suami, mohon solusinya

    Suka

  5. Tlg saya terjebak utang rentenir 10jt bsk jatuh tempony saya harus melunasiny bg siapa yg berhati malaikat tlg email saya atau hub.085710094956 dan insyaallah tiap bln saya cicil 500rb terima kasih banyak tlg doooong

    Suka

  6. ada kah yg mau membantu saya. saya pengusaha tpi memiliki hutang 100juta. usaha saya mulai tak bisa berjalan lagi karna kehabisan modal. dri usaha saya lah bisa mencicil hutang. jika ada yang mau meminjamkan uang untuk usaha. maka saya bisa memberikan keuntungannya setiap bulan. dan uang pinjaman saya kembalikan lunas minta tempo 5 bulan atau lebih. untuk lebih jelasnya ke no. 082322418267. sebelum telpon sms dlu ya. karna saya banyak telpon yg menagih hutang.

    Suka

  7. Saya kebingunan n stress karena terlilit hutang.. Saya bingung gmn hrs menyelesaikan .. Ya Allah berikan jalan kluar agar hamba bs melunasi hutang2x hamba..
    Mohon bantuannya jika ada yg tulus mmbantu.. 085602049721..smoga Allah mmbalas kebaikan anda..

    Suka

  8. Ass..wb..tlg saya bos..saya banyak hutang..gak ada yg buat mbayar..ini bisa mbayar bunganya aja..uda gak bisa bayar pokoknya 35 juta di tanggul arto atas nama sumini di bank mandiri atas nama tofan riadi soeprianto suami saya..tlg yg di bank bpr tanggul arto 3 x perpanjang..masih belum bisa bayar pokok

    Suka

  9. saya bingung ,saya butuh uang 50 juta untuk membayar hutang,ya Allah tunjukan pemberi bantuan untuk menolongku ya Allah,085738311379

    Suka

  10. Ya Allah bantu saya melunasi hutang hutang saya mencapai 120jt..saya tdk bs tenang dan tdk bs tidur memikirkannya..siapapun yg menjd perpanjangan tangan Tuhan bersedia menolong saya semoga Allah membalas kebaikan berlipat ganda ini no rek saya Bri 335601008906535 dan hp ke 085275080056

    Suka

  11. Assalamualaiqum…Bingung dan kehabisan gairah beraktifitas. Kreatifitas diri dan dinamika menurun, tenggelam dalam kesedihan dan perasaan tertekan memikirkan hutang,itu benar benar terjadi pada diri saya, YA ALLAH berikan lah aku petunjuk untuk melewati ini..pabila ada yang bisa memberikan pinjaman sy butuh uang sebesar 7 juta rupiah,sekarang saya hanya seorang pedagang gas keliling hanya bisa menyisihkan uang untuk membayar sebesar 500 ribu/bulan..”sepertinya hidup saya hanya senilai 7 juta tapi setimpalkah itu untuk istri dan kedua anakku “saya ingin melanjutkan hidup tolonglah saya…dan bila ada yang mau membantu saya saya berjanji atas diri dan kehidupan saya untuk tidak menyianyiakan kepercayan itu..semoga jalan ini dirhidoi olehNya.Amin..

    Suka

  12. ya Allah,saya bingung untuk hari esok dan hari hari selanjutnya karena banyak hutan yang harus saya bayar dan lunasi. karena kesalahan saya! ya Allah mohon di bukakan pintu rizkidan mujizat Mu. agar anak istri dan orang tua( mertua) bisa hidup normal kembali seperti sedia kala. Amin ya robbal allamin,Allabuakbar.

    Suka

  13. Astaghfiruallah..hanya itu kata yg bisa sya ucapkn..saat ini sya sdang duduk menghadap didepan ke 2 ank sya…sya berfikir bag jik bsok sya sdh tdk bisa melihat mrk lgi krn ibu ny stress dan frustasi krn memikirkan hutang yg bsok hr terbayar,tidur pun takut krn menyambut pagi,dan wkt ny penagih hutang dtg.ntah lah bag bsok apa kn sya msh bisa bertahan krn putus asa ini

    Suka

  14. Setiap orang ternyata mempunyai maslah seperti yang saya hadapi saat ini…. Benar sekali saat seperti ini hanya ad kebingungan di hati… Kadang problem yang kita hadapi sngan menyiksa, resiko yang kita ambil tidak sesuai harapan, aku pun bingung harua mnyelesaikab pinjaman ku sendiri, tapi skarang aku yakin dengan keseriusan kita membaca doa dan memohon pada Allah pasti ada jalannya…. Kalau ada tmeN2 yg bisa memberi solusi pekerjaan yg bk bt aku hubngi aku di 082282883228

    Suka

  15. Assalamualaikum .. Saya bingung sekali melunasi hutang” saya .. Kini hidup berdua dgn buah hati tanpa ada pekerjaan yg pasti . Hutang saya memang tdk sampai puluhan juta hanya 3jt saja . Tetapi rasanya berat sekali.. Ya allah berikan bantuanmu padaku,,tolong aku ,, jika ada yg senantiasa membantuku dlm kesulitan ini aku berterima kasih sekali. Karna saya tidak kuat lg diteror,dicaci maki . Bisa hub : 08595574033688 . Semoga ada hamba allah yg mau membantu ..

    Suka

  16. Mohon bantuannya saya di lilit hutang.. Mpe mau tdr aja gak bisa.makan gak enak..085712164200 ya allah tolong saya..

    Suka

  17. saya hendri usia 30 punmya anak 2 saya sangat prustasi dan rasa rasanya ingin bunuh diri karna terlilit banyak hutang mohon pinjaman nya saya mohon siapapun anda semoga tuhan membalas kebaikan andaaaaa saya harus membayar hutang sebesar 45juta mohooooooooonnn saya mohon balass email saya no hp 087721242037 no rek bca hendri 1970475954 😦 😥

    Suka

Tulis Komentar