Review Modem Smartfren EC1261-2


Smartfren EC1261-2

Setelah kemarin saya menulis artikel ”Cara Berhenti Berlangganan Telkomspeedy”  banyak yang menanyakan apa operator pengganti yang saya gunakan menggantikan koneksi Speedy, Jawabannya adalah Smartfren. Mengapa smartfren? Jawabannya karena sinyal smartfren di rumah khususnya dan di Bogor umumnya sudah bagus. Selain itu setelah saya bandingkan dengan beberapa operator lainnya harganyapun cukup kompetitif.

Sebelum memutuskan membeli modem smartfren, awalnya saya mencoba dulu dengan cara meminjam modem AC682 ke teman yang sudah menggunakan smartfrean. Tes yang saya coba hasilnya cukup memuaskan, maka sayapun yakin saya harus beli modem smartfren. Awalnya saya berniat membeli tipe modem AC682, namun karena pengalaman teman modem tipe ini cepat panas maka pilihan saya jatuh ke modem EC1261-2.

Pencarian modem EC1261-2 inipun dimulai. Saya coba cek di beberapa toko online dan membandingkan harga terbaik, dan akhirnya saya berhasil menemukan harga terbaik sebesar 285.000 untuk modem ini, tanpa basa-basi sayapun mengordernya. Sebenarnya sehari sebelum saya sudah cari di Plaza Jambu Dua cuma harganya lebih mahal, paling murah menawarkan di harga 330.000.

Sehari setelah order barangpun nyampe dan langsung saya test drive. Instalasinya tergolong mudah tinggal kita colokkan ke port USB maka nanti ada pertanyaan untuk instalasi sofware dan driver modem plus konfigurasi smartfren. Tinggal ikuti saja petunjuk yang ada, sampai muncul Finish.

Untuk konfigurasi dan pengaturan tersedia interface yang cukup user friendly, seperti gambar di bawah:

image

Berikut hasil test speed menggunakan speedtest.net (pengujian selalu menghasilkan hasil variatif, pengujian sy lakukan tgl 26 Nov 2011 pukul 14.24 WIB):

Berikut kesimpulan terkait modem EC1261-2 dengan bundel kartu Smartfren.

Kelebihan:

  • Instalasi mudah (Plug and Play)
  • Panas modem tidak berlebih (normal)
  • Koneksi setelah dipakai beberapa jam terus menerus cukup stabil
  • Ada port untuk headset
  • Modem EC1261-2 bersifat unlock sehingga bisa kita ganti kartunya dengan operator CDMA lain.

Kekurangan:

  • Ada lampu yang berkedip di modem saat digunakan cukup mengganggu mata jika modem ditancapkan langsung di laptop. (Bisa diatasi dengan dilakban)
  • Tidak adanya pengikat tutup modem dengan bodinya sangat memungkinkan tutup mudah hilang .

Demikian review saya, semoga sedikitnya bisa memberi gambaran bagi Anda yang akan membeli barang yang sama.

Semoga bermanfaat.

68 pemikiran pada “Review Modem Smartfren EC1261-2

  1. eh saya kena fair use tuh,,, udah download game online (kart rider 700MB) sama download yang lainnya, jadi total sekitar (1GB), eh kecepatannya turun jadi 100-200 kbps (kilobit per second) padahal tadinya 1-2mbps (100-300KB/s)… sedih sekali,,, tau gitu aku ga download dah.

    Suka

  2. gan tolong coba di tes pake kartu flexi bisa ga,soalnya aku dah coba kok kartu uim flexi ga kebaca ya di modem ini

    Suka

  3. Ping balik: Pengalaman Isi Ulang Pertama Modem Smartfren « akhdian.net

  4. Saya mau nanya nh Mas, kra2 klo buat donlot data sekitar 790,7 mb kuat ga’ nh smartfrennya tanpa putus. Soalnya butuh banget donlot th data tanpa putus dari gangguan jaringan…?

    Suka

  5. Ping balik: Review Internet Smartfren EVDO Rev A Surabaya « RheeNa's Site

  6. akhir-xa saya beli modem ini seharga 310 …
    dapet gratis intrnet selama 2 bulan, ,,
    tp syang-xa di rumah-ku sinyal-xa susah,,
    akhir-xa sya beli kbel USB panjang 10M,,
    dapet sinyal 4 bar = 60%, statistic tertinggi 1600 kbps,,
    download IDM tertinggi 190 KB/sec..
    tp klo di kos temen-ku tempatnya di semarang dpet sinyal EVDO 4-5 bar,
    statistic hingga mencapai 2990 kbps,, download pakai IDM tertinggi 480 KB/sec…

    Suka

  7. smartfren bagus kok kecepatan download yang evdo rev b fase 2 bisa sampai 500kbps itupun dengan signal 3 batang gimana kalo 5 batang mantep tuh hehehhe

    Suka

  8. waaaahhhh………………. udah ada yang nikmatin lemotnya smart setelah habis gratisan 1 bln belom????????? pake tarif premium njepat muluuuuu…..

    “smart suka lelet” katanya i hate slow, tapi kenyataanya slow forever

    Suka

  9. Assalamu alaikum mas dian…
    Bener banget deh mas, ane juga pake smart fren type CE682 harga 200rb cepet panas, solusinya kalo cuaca lagi panas ya ane pake sistem maraton ( cabut dan pasang, namun kalo kerepotan ya ane kipasin pake kipas angin kecil biasa kira-kira 1menit aja), sempat terpikir ane buka penutup bautnya dan ane kasih lempengan aluminium IC sumber panas sbagai pendingin namun ane urungkan karna menyangkut garansi. kalo suhu normal ya biasa aja tanpa sperti itu. pernah juga ane coba pake kabel USB panjang (5meter) dengan harapan meredam panas malah ga dapat apa2 alias eror, akhirnya ane balikin sperti biasa.download apapun lancar dibantu IDM, download windows 8 juga lancar tuh, pake evdo 3.1Mbps. semoga bisa membawa manfaat

    Suka

  10. Gan bisa bagi info tentang FUP semarpren ini?
    Ane baru beli 1 hari lalu dapet bonus inet 1 bln download up to 3,1 Mbps, kira2 udah download 2GB dan sekarang kena FUP up to 156 Kbps
    Apa FUP ini akan berlaku terus sampai bonus habis selama 1 bulan atau cuma per hari?

    Suka

  11. saya habis beli smart fren ec1261-2, tapi disconect melulu>>..>…aneh………………………………………..??? mohon pencerahannya

    Suka

  12. 2 MB lebih?! Jadi ngiri nih, hehe..
    Flash Unlimited-ku aja sudah cukup puas 300-an kbps (HSDPA), itupun jika masih dalam quota.. Jika dah abis, cuman bisa dapet 7-an kbps.. Naseb2x.. Pablebuat, di kampungku gak da alternatif operator yang bagus koneksinya, hiks…

    Suka

  13. Melihat review ini, saya jadi yakin beli nih, sebelumnya sih saya pikir ga secepat itu kecepatannya. Beruntungnya jadi warga bogor ya.. 🙂 Thanks Pak infonya.

    Suka

  14. bagus sekali kualitas jaringannya, tapi sayang di tempat kita belum ada jaringan 3G maupun 3,5 G. jadi secepat apa iklannya, di tempat kita masih butuh kesabaran, bahkan sampai ketiduran menunggu satu halaman terbuka.

    Speedy masih nomor 1.

    Suka

  15. bonus unlimited 60hari/30 hari ada pnurunan kcepatan (FUP)ya kang? lewat 1Gb, kcptn turun jadi 100an kbps?
    coz punya sodara ane kena FUP, baru beli tgl 27 kmren

    Suka

  16. Permisi gan numpang promosi
    sy mo jual modem Smartfren Ec1261-2 free Unlimited 60 hari
    kondisi : baru dipake 3hr kondisi OK, kelengkapan pullset, nota pembelian seharga 300rb masih ada…
    ane buka hrg di 260… nego
    krn jarang OL
    sms an di
    08997937871

    Suka

  17. Saya sudah pakai smartfren 3 bln lancar, lebih cepat dari flexi yang sering ngadat, putus sendiri, Lumayan download cepat, cuman 45 rb / bln paket paling hemat..he..he..modemku venus evdo fast 2, 24 jam tanpa ngadat…

    Suka

    • Tapi Mas, sy kok kecewa ama smartfren :1.lemot kalo menggunakan paket unlemeted; 2. tidak bisa ngecek kuota, tau-tau habis trus pulsa kesedot.

      Suka

  18. Saya malah kecewa sama smart, soalnya gak pernah dapet lebih dr 100kbps padahal dapet evdo. Akhirnya pakai flexi.. 🙂

    Suka

  19. wah lek dian telat dikit ni infonya…dah terlanjur beli bundling AHA ngacir abis, streaming tv g pake putus..tp masalahnya “ono rupo ono rego lek” g nahan dah tarifnya….thx alot sing akeh ya lek buat infonya.

    Lek mas bro, bogornya sblh mn??pngen nyoba make smart…enak bangetklo bs dpet speed kaya AHA, tp fee sekelas Flexi….pisan maning lek…thx sangadh.

    Suka

  20. wahhhh…..bapak udah ganti smartfrent, klo boleh…yang tidak terpakai boleh deh di untalin….heheh…

    Suka

  21. bisikin dimana t4 beli modemnya dong mas? saya juga dah lama ngincer modem tipe ini, cuman harganya masih 300rb++ 😀
    skrg pake im2, cuman akhir2 ini sering lelet, percuma dpt bonus kuota klo gk bisa digunakan 😦

    tks

    Suka

Tulis Komentar