Baca Email Yahoo lewat Email client


Tidak diragukan lagi hampir semua orang mengetahui situs http://www.yahoo.com. Sebuah situs yang boleh dibilang situs yang paling lengkap dan paling digemari terutama untuk fasilitas e-mail. Jutaan orang telah menggunakan account e-mail mereka di Yahoo. Dengan fasilitas space 250 MB untuk e-mail gratis Yahoo memang wajar menjadi pilihan. Namun sayang sejak April 2002 fasilitas gratis e-mail Yahoo hanya bisa diakses melalui web (Web Based Email). Sejak saat itu user yang mengharapkan fasilitas POP3/SMTP harus rela mengeluarkan sejumlah uang untuk mengakses e-mail di Yahoo melalui e-mail client (Outlook, Netscape, Eudora, Mozilla, Calypso, dan lain-lain).

Bagi anda yang senang menggunakan e-mail client untuk mengakses account di Yahoo tentu hal tersebut menjadi masalah. Namun anda tidak perlu berkecil hati ada sebuah software gratis yang mampu menyelesaikan masalah ini. YahooPOPs adalah salah satu solusi.

YahooPOPs merupakan sebuah open source yang dibuat untuk menyediakan akses POP 3 dan SMTP ke account e-mail di Yahoo. Aplikasi ini bisa dikatakan sebuah server POP3 dan SMTP yang memungkinkan e-mail client (Outlook, Netscape, Eudora, Mozilla, Calypso, dan lain-lain) untuk mendownload atau mengirim email dari account e-mail di Yahoo.

Untuk mendapatkan software ini anda cukup mendownload dari situs http://yahoopops.sourceforge.net/. Selanjutnya anda tinggal meng-install sotware tersebut. Proses instalasi cukup mudah untuk dilakukan dengan hanya double klik pada file yang anda download. Setelah instalasi selesai anda tinggal mengatur konfigurasi. Konfigurasi YahooPOPs dapat dilakukan dengan cara klik kanan pada ikon YahooPOPs yang terdapat pada system tray (di pojok kanan bawah).Selanjutnya pilih configure. Maka akan muncul menu untuk mengkonfigurasi YahooPOPs. Untuk lebih jelasnya tetang konfigurasi anda bisa menggunakan fasilitas Help yang disediakan.

Setelah YahooPOPS selesai dikonfigurasi maka sekarang anda tinggal melakukan konfigurasi pada e-mail client. Sebagai contoh penulis menggunakan Ms Outlook Xp. Untuk konfigurasi e-mail client lainnya bisa dilihat di situs pembuatnya.

Berikut ini adalah langkah-langkah konfigurasi Ms Outlook Xp.

  • Pilih Tools > Email Accounts dari menu utama.
  • Pilih Add a new e-mail account kemudian klik Next.
  • Pilih POP3 sebagai tipe server.
  • Masukan username dan alamat lengkap e-mail anda di bawah ?User Information?.
  • Masukan username dan password di bawah ?Logon Information?.
  • Masukan ?localhost? pada ?Incoming mail server (POP3)?.
  • Masukan ?localhost? pada ?Outgoing mail server (SMTP)?.
  • Klik pada tombol More Setting dan pilih tab Advanced.
  • Ubah Server Timeouts ke ?Long? (10 Menit) dengan cara menggesernya.
  • Pilih tab Outgoing Server.
  • Enable (beri tanda checklist) My outgoing server (SMTP requires authentification. Pilih Log on using dan masukan username alamat email yahoo anda beserta password-nya.
  • Klik Ok untuk menutup dialog More Setting.
  • Klik Next dan kemudian Finish.

Setelah selesai anda tinggal mengkoneksikan komputer anda ke internet. Maka secara otomatis file-file di inbox e-mail Yahoo anda akan pindah ke inbox Outlook. Anda juga dapat mengirimkan e-mail ke rekan-rekan anda. Selamat mencoba!

Informasi:
Situs : http://yahoopops.sourceforge.net/
Ukuran File : 1.156 KB
Kategori : Internet
Lisensi : Freeware
Harga : -
Kebutuhan sistem : Semua versi Windows dan beberapa OS UNIX
Fitur Utama : Akses POP3/SMTP e-mail Yahoo

akhdian

Iklan

13 pemikiran pada “Baca Email Yahoo lewat Email client

  1. Email saya belum diconfigurasi,,bisa tolong ya pak dian..please cara settingnya juga,karna setiap kali saya mau aploed dari ponsel selalu salah karena saya pakai alamatnya email..please ya pak dian,terima kasih..

    Suka

  2. #Cuquq

    Sebaiknya kalo mau komen lihat dulu tanggal postingannya! Jangan asal komen dengan kata kotor 😦
    Saran saya jika punya ilmu sampaikanlah dengan cara yang baik.

    Suka

  3. “kenapa susah-susah sih …. kan yahoo sudah menerapkan 1 account untuk semua yahoo… hubungannya dengan yahoo pop3 maksudnya begini: kalau kita sudah punya account di yahoo, kenapa nggak pake alamat pop3 yahoo lainnya, misalnya kalau emailnya di yahoo.com pakai saja pop3-nya di yahoo.co.uk atau yahoo.com.sg, dan selama ini saya ‘gak pernah pake aplikasi pihak ketiga begituan…
    cukup outlook atau thunderbird atau lainnya, terus masukkan alamat email yahoo seperti biasa, tapi pas ngisi mail pop3 server isi dengan yg di .co.uk atau .com.sg atau yg lain… dijamin bisa kok…”

    Ahhh!! BULLSHIT LO!!! BANGKE!!!

    Suka

  4. Mas Akhdian, kalau saya pakai proxy, software itu bisa dipakai nggak?
    Maklum, masih newbie…

    Thanks ya.

    Suka

  5. Ass,.. mas dian,..
    mohon bantuannya,…
    saya ndak bisa download email saya yg di yahoo.com , padahal yg di yahoo.co.id bisa
    trus saya jg udah coba caranya mas haysnaidra sperti yg diatas,.. namun tidak jg bisa
    Saya pake Outlook dan Incredimail trus udah disetting jg popgate n smtp-nya namun ndak jg bisa,…
    Thanks banget sebelumnya u bantuannya
    Wassalam,..

    Suka

  6. Aku punya hp sony ericsson tetapi kalau untuk download email (gmail) tidak bisa,dan ada tulisan sertifikat server TLS/SSL belum diotorisasi oleh otoritas yang diakui.Kata orang email clientnya belum di configurasi.Bantu dong bagaimana caranya configurasi autlook,eudora,netscape ?
    Kalau harus ke warnet,kasih tau ya caranya dari awal…maklum aku wong deso !!kirim kemailku
    ya star.tice@yahoo.co.id

    Suka

  7. kenapa susah-susah sih …. kan yahoo sudah menerapkan 1 account untuk semua yahoo… hubungannya dengan yahoo pop3 maksudnya begini: kalau kita sudah punya account di yahoo, kenapa nggak pake alamat pop3 yahoo lainnya, misalnya kalau emailnya di yahoo.com pakai saja pop3-nya di yahoo.co.uk atau yahoo.com.sg, dan selama ini saya ‘gak pernah pake aplikasi pihak ketiga begituan…
    cukup outlook atau thunderbird atau lainnya, terus masukkan alamat email yahoo seperti biasa, tapi pas ngisi mail pop3 server isi dengan yg di .co.uk atau .com.sg atau yg lain… dijamin bisa kok…

    Suka

  8. Mas akhdian, saya sudah coba install YPOP, tapi belum juga berhasil.

    Klo mas akhdian sudi, tolong kirimkan cara setting email pake Outlook Express untuk email yahoo gratis (secara detail)

    Terima kasih sebelumnya!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s