Dirgahayu Negriku..


benderakuMerdekaaa!!! Pekik ini 62 tahun yang lalu menggema di seantero nusantara. Saat itu seluruh Bangsa Indonesia mengawali hidup merdeka bebas dari belenggu penjajah.

Selama perjalanan waktu selama 62 tahun ini telah banyak sekali perubahan yang dialami oleh bangsa ini. Pembangunan yang walaupun belum maksimal merata dirasakan oleh semua bangsa telah menampakkan hal yang positif.

Namun demikian rasa nasionalisme yang sejati telah banyak ditinggalkan oleh masyarakat sekarang.Nasionalisme para pahlawan dahulu sering diinterpretasikan salah oleh masyarakat sekarang. Tengok saja dalam rangka menyambut 17-an masyarakat kita cenderung mengedepankan hal-hal simbolik dengan pemasangan bendera, umbul-umbul dan sebagainya. Di balik itu penghayatan makna perjuangan pahlawan biasanya hanya sebatas prosesi mengheningkan cipta. Tidak salah memang tapi juga tidak selalu tepat menurut saya. Kadang-kadang juga acara yang diadakan banyak yang malah jauh sekali mencerminkan kepribadian yang baik. Ambil contoh ada sebagian masyarakat yang menyambut 17-an dengan lomba gapleh semalam suntuk. Suatu hal yang sangat mubazir menurut saya.

Sudah saatnya kita merenungi diri kita masing-masing. Di usia kita berpapun itu sudahkah kita berusaha memperbaiki diri kita dengan tujuan juga memperbaiki bangsa ini?

Dirgahayu Bangsaku …. MERDEKA!

Iklan

2 pemikiran pada “Dirgahayu Negriku..

  1. JKK.. dah kasih link download BORGChat..

    nasionalisme? nasionalisme sejati? … bukannya dg nasionalisme itu telah meruntuhkan negara islam (kekhalifahan). apa mungkin juga km menyangka attartuk pahlawan.. klo begitu km merupakan korban penyelewengan sejarah. mustamal kemal attartuk itu biang dari jatuhnya kekhalifahan utsmaniyah (kekhalifahan yg terakhir).

    sebagai org islam, sebaiknya km mesti mengambil dasar hukum islam. apa km meragukan ttg hukum yg Allah turunkan?

    TALAK TIGA DEMOKRASI

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s