Laskar Al-Ikhlash-Al-Jihad


Bukan mau mengekor novel yang sedang digandrungi “Laskar Pelangi” namun ini adalah hanya sebuah ide yang muncul secara tiba-tiba dibenak saya ketika mengetik artikel ini. Sudah lama memang saya tidak menuliskan diary saya. Padahal sebenarnya banyak cerita yang belum saya tulis di blog ini.

Sebenarnya saya hanya ingin menuliskan sedikit kenangan saya bersama kawan-kawan seperjuangan saya sesama aktifis Masjid Al-ikhlash dan Al-jihad Yogyakarta dulu.

Kumpul-8

Gambar di atas adalah gambar para pengurus TKA-TPA Masjid Al-Ikhlash(kalo gak salah periode 2000-2001). Berikut sedikit informasi tentang mereka, semoga kawan-kawan yang ada difoto yang sempet baca artikel ini bisa meralat jika ada yang salah :).

Urutan dari kiri:

  • Yang sedang senyum adalah Senior kami di Al-Ikhlash/Al-Jihad beliau adalah Muhammad Amin (kami biasa manggil Mas Amin), Beliau sekarang mengajar STM di Banjarnegara. Sudah beristeri dan kalo gak salah sudah memiliki 2 anak :). Asal dari kudus. Kuliah di Elektro FT UNY. Beliau dikenal paling bijaksana dan sabar dalam kepengurusan Masjid.
  • Berikutnya adalah Adi Mugiyanto (kami biasa manggil “Mas Adi”). Asal dari Blora, sekarang membuka usaha komputer di Blora, Sudah beristri, dan memiliki 2 anak (mau 3). Kuliah di Jurusan Pend. Bangunan FT UNY. Beliau adalah paling ahli membuat dekorasi ketika ada acara dimasjid.
  • Berikutnya adalah Erik Setiawan (panggilan”Erik”), beliau asli Madiun. Kuliah di Jurusan Pertanian UGM.Sekarang kerja di perkebunan di Sumatera. Sama seperti Mas Adi Erik juga jago kalau bikin dekorasi.
  • Di samping Erik adalah Sutambar (kami biasa memanggil “Mas Tambar”). Sayang saya kehilangan informasi tentang beliau. Yang jelas beliau kuliah di Elektro FT UNY
  • Berikutnya adalah Rahmat Hidayat (panggilannya Rahmat). Rahmat sekarang jadi salah satu Manager di PT Nestle. Lulusan Pertanian UGM ini paling jago kalo nyanyi. Nyanyi apa aja dari Pop, Rock Dangdut, Nasyid bahkan lagu India :).
  • Di samping Rahmat adalah saya… Heee.. Paling ganteng ya???
  • Yang paling kiri sedang jongkok adalah Nur Ikhwan Rahmanto (panggilan nya ‘Nur’ ato “Ikhwan”). Aslinya dari Madiun. Sekarang jadi salah satu Pegawai Pemda Yogya. Kuliah di FISIPOL UGM Udah menikah dan punya anak satu. Paling jago kalau berdiskusi.
  • Di samping Nur Ikhwan adalah S. Adhi Saputra (panggilannya “adhi”). Asal dari Solo. Kabag di PT CIDAS SUPRA METALINDO ini adalah teman sekamar saya selama di Yogya. Sekarang tinggal di Perumahan Limus Cileungsi ditemani seorang isteri dan 1 putri. Lulusan Teknik Mesin FT UNY ini dikenal sebagai aktivis tulen dengan segudang kegiatan.
  • Di Samping adhi adalah Mr. Suwarjono biasa dipanggil “Om jono”. Asalnya dari Bengkulu. Sekarang bekerja sebagai Web Desainer di PT CIPTAMAYA. Lulusan AMIKOM Yogya ini paling jago membuat program komputer, tapi akan angkat tangan kalo diajak ngomong Inggris.
  • Yang terakhir adalah Sudayat, biasa dipanggil Dayat. asalnya dari Papua. Kuliah di Peternakan UGM. Jago dalam bidang Logistik. Sayang Kondisi terakhir saya kurang tahu 😦

Borobudur-6

Foto kedua adalah Anggota Laskar Al-Ikhlash/Al-Jihad yang lain.

Urutan dari kiri:

  • Dayat (sama seperti di atas)
  • Di samping Dayat adalah Nyanyang Munir, biasa di panggul “Munir”. Lulusan Peternakan UGM ini sekarang sudah bekerja di sebuah perusahaan di Jawa Timur. Nge-Game adalah salah satu hobi dari Mas Munir, sampai sampai ia di juluki ‘Aa Game’. Asalnya dari Garut Jawa Barat.
  • Adhi
  • Saya
  • Disamping kanan saya adalah Achmad Arifin, biasa dipanggil “arifin”. Ayah dari 2 putra 1 putri ini adalah Karyawan di PT TRUBA JAYA dan juga Pengusaha Pakaian Muslim. Aslinya dari Pati sekarang tinggal di Ciomas Permai Bogor. Ketika di Yogya Lulusan Teknik Mesin UNY ini dikenal sebagai aktivis kampus dan masjid dan merupakan lulusan tercepat diantara kami.
  • Berikutnya adalah Saepullah biasa dipanggil “epul”. Sekarang beliau jadi Guru di Carita Banten. Sudah mempunyai isteri dan sedang deg-degan menunggu kelahiran anak pertama. Lulusan Fisika UNY ini dikenal disiplin.
  • Di samping epul adalah Iwan Apri Kusworo, biasa dipanggil Iwan. Asal dari Kebumen. Lulusan Teknik Sipil UNY ini sekarang bekerja di sebuah perusahaan otomotif di tangerang (kalo gak salah).
  • Yang terakhir adalah Fajar Suyamto, biasa di panggil Fajar. Asal dari Solo. Sekarang menjadi teman kerja Saya di Bogor EduCARE. Lulusan Teknik Elektro UGM ini dikenal pendiam dibanding teman-teman yang lain.

Demikian sebagian dari resume Laskar Al-Ikhlas/Al-Jihad, yang lainnya masih banyak tapi belum sempat saya tulis di sini. Semoga keikhlashan dan Semangat perjuangan kita semasa dulu masih berkobar di dada ini. Ingat motto kita “Ikhlash Niat kami, Jihad Jalan kami, Al-Ikhlash/Aljihad masjid Kami”

Jaga silaturahmi meski hanya dengan SMS/E-mail.

Iklan

19 pemikiran pada “Laskar Al-Ikhlash-Al-Jihad

  1. mas nur, buka usaha ternak bebek ae..
    sak iki tmen2 masjid ono sing usaha jual beli bebek, kykkne podo bingung golek bebek
    piye?
    ato usaha laine?

    Suka

  2. Salam Hormat, Salam Senyum Kanggo Sedulur Kabeh
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Perkenalkan, Saya H.M.Jamil,SQ,MPd ingin meminta dukungan Saudara dalam pemilihan Caleg DPR RI PPP 2009 Dapil Kebumen, Banjarnegara & Purbalingga.
    Semoga bermanfaat bagi kita semua.
    Salam Hangat buat Keluarga Anda
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

    Suka

  3. ass wr wb
    wah jadi kangen ama temen-temen, gmna hei semuanya ? baik-baik saja kan? gmna klau kita bikin perusahaan ? nanti kita tanam modal n memegang saham masing-masing. udah ya. teman2 klau ke jogja aku di call or sms at 081328785716 i wish i have time to meet u.

    Suka

  4. assalamu’alaikum wr wb

    afwan email e gonta ganti… mas dian aku diajari bloger ya .. n dikirimi info sak fotone kalau ada, semua crew al jihad n al ikhlas

    wassalamu’alaiku wr wb

    Suka

  5. ha,..ha,. bos dian masih punya tho fotonya, mana fotonya masih kurus ,..tapi aku jadi ngak enak akukan tidak banyak ikut kegiatan kayak juragan-juragan yang lain,..cuma ngekor doang,..haa. kalau ingat masa itu aku jadi malu nih ,..habis kelakuanya uda jauh,..selamat deh buat teman2 yang lain

    Suka

  6. Ping balik: Kenangan Masa Lalu « mA$ Fajar Bl0g

  7. iya mas Arifin…lupa…survey buat TPA ya…tapi ga jd ke borobudur kan, katanya kurang sesuai gitu, kalo tidak salah akhirnya ke Kali Urang ya…

    Suka

  8. Ping balik: Aku Pernah Jadi DIREKTUR Lhoo…!!! « Mas Adhi

  9. seingat saya itu foto waktu kita ke borobudur ya…. dan kalo tidak salah juga itu dalam rangka survey untuk kegiatan TPA jadi sebagian biaya ditanggung oleh TPA…. jadi itu mas Fajar kesimpulannnya kenapa gak punya duit tapi bisa jalan-jalan… Mas Dian kayaknya kurang menulisnya, semua yang ada di foto itu salah satu hobinya adalah kalo disuruh SURVEY, kemanapun pasti langsung OK…..
    Tambahan, mas Tambar sekarang jadi juragan laundry lho di karangasem YK

    Suka

  10. mas adi n akh dian…,tapi ga punya duit kelihatannya pada bahagia ya…bs jalan jalan segala 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s