XL Turunkan Tarif Percakapan dan SMS Hingga 74%


Image

PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) menurunkan tarif dasar layanannya. Kebijakan baru ini sebagai tindak lanjut atas penurunan tarif interkoneksi oleh pemerintah belum lama berselang. Tarif dasar XL yang baru turun dari 2% hingga 74%. Penurunan berlaku di hampir semua layanan percakapan (XL Xplor, XL Bebas, dan XL Jempol).

”Kami sangat mendukung kebijakan pemerintah yang telah menurunkan tarif interkoneksi dengan tujuan agar tarif telekomunikasi bisa mengikutinya. Penurunan tarif XL ini adalah komitmen kami untuk mendukung tersedianya tarif murah telekomunikasi sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat,” tandas Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi.

Dalam tarif dasar untuk layanan percakapan yang baru, XL menerapkan penyederhanaan (simplifikasi) tarif agar lebih mudah dimengerti oleh masyarakat. XL hanya menerapkan dua macam tarif untuk setiap jenis produknya, yaitu tarif ke sesama XL (on-net) dan tarif ke operator lain (off-net) tanpa mengenal jarak (tanpa zona lokal, tetangga, seberang).

.

Mengikuti penyesuaian tarif interkoneksi, XL menerapkan tarif baru, yaitu untuk tarif ke sesama XL produk prabayar Bebas menjadi Rp 375/30 detik. Untuk tarif ke operator lain dan PSTN tarif turun menjadi Rp 750 / 30 detik.

Sementara itu, untuk layanan prabayar Jempol, untuk tarif ke sesama XL tarif dasar tahun 2008 sama dengan tarif sebelumnya yaitu Rp 500/30 detik. Untuk tarif ke operator lain dan PSTN tarif turun menjadi Rp 750 / 30 detik.

Untuk layanan pasca bayar Xplor, tarif ke sesama XL menjadi Rp 375 / 30 detik. Sementara itu, ke operator lain menjadi Rp 750/ 30 detik. Untuk ke PSTN menjadi Rp 750 / 30 detik.

Untuk SMS akan ada layanan SMS baru bagi pengguna prabayar dan pasca bayar XL dengan efektif tarif Rp 150/SMS ke semua operator. Tarif baru SMS ini akan mulai berlaku sejak 19 April 2008.

Meskipun tarif dasar baru XL ini dirilis setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan penurunan tarif interkoneksi, sebenarnya XL sudah jauh-jauh hari sejak awal 2007 menurunkan tarifnya melalui program tarif promosi yang sudah dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Tarif murah XL ke semua operator tersebut diawali dari Rp 25/detik hingga promosi terakhirnya “nelpon 2 menit gratis 8 menit”. Sedangkan untuk program promosi ke sesama XL dimulai dengan Rp 10/detik, lalu Rp 1/detik, Rp 0,1/detik, dan terakhir Rp 600 dan Rp 300 “nelpon sampai puas”.

Tarif murah XL juga mendapatkan pengakuan dari analis keuangan internasional Morgan Stanley yang menyatakan XL memiliki nilai pendapatan per menit (revenue per minute clean) termurah ke-2 di kawasan Asia

Iklan

Satu pemikiran pada “XL Turunkan Tarif Percakapan dan SMS Hingga 74%

  1. wow…..keren abiiisssss tampilan2 in your blog’s, udh themesnya bagus isinya komplet… plet… plet… plet…bangetttt lg, “gak percuma wordpress master memberimu gelar blog ternge—top hari ini”. selamat yach…..eh klo g’ keberatan bantu aku dong dalam mendesain blog yang bagus soalnya aku baru belajar membuat blog di sini udh hampir seminggu lho g’ bisa2 pleeeease……<>

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s