Ringtone Ayat Suci Timbulkan Polemik


102794

 

Penggunaan ayat suci sebagai ringtone menjadi perdebatan di Inggris. Organisasi muslim Jamia Ashraf-ul-Madaris akhirnya mengeluarkan fatwa, penggunaan ayat suci sebagai ringtone bertentangan dengan ajaran Islam.

Ghyasuddin, pemimpin organisasi itu mengatakan tidak diperkenankan mendengarkan ayat Al Quran jika hanya sebagian. Tindakan seperti itu masuk sebagai dosa.

Mendengarkan ayat suci harus utuh. Orang harus menghentikan penggunaan ringtone seperti itu, karena menimbulkan contoh yang buruk bagi generasi penerus, katanya.

Ghyasuddin juga mengingatkan, penggunaan ringtone seperti itu dalam beberapa hal juga tidak baik. Misalnya saja jika ponsel dibawa ke dalam toilet. Jika ponsel berdering maka ayat Al Quran akan terdengar di dalam toilet dan itu berdosa.

Organisasi itu mengatakan boleh menyetel ponsel hanya bergetar saat beribadah. Karena vibrator ponsel tidak mengganggu ibadah.

Bagaimana menurut anda?

Iklan

10 pemikiran pada “Ringtone Ayat Suci Timbulkan Polemik

  1. kayaknya ringtone yang berbunyi tidak untuk didengarkan dengan tenang tetapi sebagai tanda ada telepon atau sms.pada kasus spt itu, ringtone akan segera dihentikan ketika berbunyi.lebih memilih mengangkat telepn atau sms.

    Suka

  2. saya juga setuju tuh, semoga di Indonesia juga nggak boleh…. secara nurani aja kayaknya nggak tepat aja klo ayat suci jadi ringtone. di toilet lagi.

    Suka

  3. kita bleh modern but gak bleh ke blabasen ex Alquran d bwt ringtone berarti kt gak menghargai Alquran yang wajar wae lah lagu2 ciptaan mnusia bnyak yg bs d jdiin ringrone

    Suka

  4. ana sependapat dengan masridwan, mending dengerin pake mp3 player atau winamp, utk ringtone kalaw mw sambil syiar ya pake nasyid kaya OPICK, U-J, SHOUHAR, SNADA dll, kan malah g jd perdebatan
    salam ukhuwwah
    ALLAHUAKBAR

    Suka

  5. = lagi enak2 wirid, trus ada ibu / istri / anak kita manggil… trus kita jawab iyaaaaa.. )
    tapi masalahnya disini adlah saya sendiri juga blm tau bunyi atau tepatnya ayat yang di baca itu surat apa, ayat apa, dari mana dan sampai mana.. 🙂 salam kompak.. @ admin,, mau nanya ni mas, gimana c caranya ngirim tautan artikel biar sampe di dashbor admin.. makasih..

    Suka

  6. daku juga ga setuja….misalkan gini, temen kita pasang ringtone islami…terus pas ada temen yg denger…pasti temennya bilang…”cieeee dah Insyaf looh”?

    Suka

  7. menurut q sih, ga terlalu bermasalah ya.. kenapa,, rata-rata ( kebanyakan) orang yg memakai ringtone bernada islami itu orang2 tertentu aja, dan sedikit banyak pasti mengerti elmu agama.. kalo untuk ukuran anak muda yang gawul geto.. kek na merasa malu untuk pakai ringtone kek gt. dan saya jg baru tau kalo membaca ayat hanya sbagian itu termasuk dosa.. trus seandainya kalo kita zikir dalam sholat atau memang zikir yang di sengaja ( wiridan)ada yg memakai salah satu ayat alquran, dan kalo diperhatikan bacaannya itu ga full, lantas berdosa jugakah kalo zikir/wiridan itu karena memenggal sebagian ayat??

    Suka

    • bukan gitu yang dimaksud memenggal sebagian ayat (dlm wirid)…. Klo di dlm wirid itu emang sii ada pemenggalan sebagian ayat, tapi itu khan berhenti di waqafnya. trus bandingin deh ama ringtone di hp, klo misalnya kita denger hp kita bunyi pasti kita langsung ingin ngangkat ntu hp khan..?? nah, bisa aja waktu kita ngangkat ntu hp ayat yang dibunyikan belum mencapai waqafnya.. nah lo..??? itu baru namanya memenggal sebagian ayat…
      Wallahu A’lam

      Suka

  8. di arab saudi sudah sejak kemarin2 dilarang
    alasannya kurang lebih sama dengan di atas
    ayat Al Qur’an nya jangan jadi ringtone.. dengerin biasa aja kaya dengerin lagu… pake winamp atau player yg di hp

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s