Sedekah Untuk Setiap Ruas Tulang Badan


Image

Sebagai ajaran yang sempurna Islam memperhatikan segala sesuatu hingga ke ruas tulang manusia. Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam menganjurkan setiap Muslim untuk mensyukuri seluruh 360 ruas tulang yang Allah ta’aala telah berikan ke dalam tubuhnya. Bentuk rasa berterimakasih itu diungkapkan dalam bentuk bersedekah untuk setiap ruas tulang tersebut.

Dalam salah satu hadits Nabi shollallahu ’alaih wa sallam menganggap perbuatan bersedekah untuk setiap ruas tulang badan manusia sebagai setara dengan membaca tasbih (ucapan Subhanallah), tahmid (ucapan Alhamdulillah), tahlil (ucapan Laa ilaha illa Allah), takbir (ucapan Allah Akbar), memerintahkan yang ma’ruf dan mencegah yang mungkar. Subhanallah…! Nabi shollallahu ’alaih wa sallam menjelaskan kepada ummatnya bahwa untuk bersedekah bagi setiap ruas tulang badan setiap pagi adalah cukup dengan menegakkan sholat sebanyak dua rakaat yang dikenal dengan nama Sholat Dhuha.

Image

Nabi shollallahu ’alaih wa sallam bersabda: “Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat dhuha.” (HR Muslim 1181)

Mengeluarkan sedekah untuk setiap ruas tulang badan merupakan ungkapan rasa syukur atau terimakasih kepada Allah ta’aala atas tubuh yang manusia miliki. Alangkah tidak berterimakasihnya seorang Muslim bilamana ia selama ini telah memanfaatkan tubuhnya untuk melakukan aneka aktifitas melelahkan namun tidak pernah seharipun menegakkan Sholat Dhuha. Wahai saudaraku, tegakkanlah Sholat Dhuha. Tunjukkanlah rasa syukur kepada Allah ta’aala atas seluruh ruas tulang tubuh yang selama ini telah kita pakai sampai seringkali menjadi sakit dan perlu perawatan kesehatan karena lelah bekerja…! Ingatlah, bahwa semakin sering kita bersyukur kepada Allah ta’aala, maka semakin banyak kenikmatan yang Allah ta’aala janjikan akan kita terima.

Image

“Dalam tubuh manusia itu ada 360 ruas tulang. Ia harus dikeluarkan sedekahnya untuk setiap ruas tulang tersebut.” Para sahabat bertanya: ”Siapalah yang mampu melaksanakan seperti itu, ya Rasulullah?” Beliau bersabda: ”Dahak yang ada di masjid lalu dipendam ke tanah, dan membuang sesuatu gangguan dari tengah jalan, maka itu berarti seuah sedekah. Akan tetapi jika tidak mampu melakukan itu semua, cukuplah engkau mengerjakan dua rakaat sholat Dhuha.” (HR Ahmad 21920)[via]

Iklan

15 pemikiran pada “Sedekah Untuk Setiap Ruas Tulang Badan

  1. Ping balik: Sedekah Untuk Setiap Ruas Tulang Badan « Artikel Arunals

  2. era yg bner2 mju dpt mgbah sgala cra hdp manusaia,apalagi djman skrang semua infrmsi bsa kta dptkn lwt internet,,,,nmun tgl cra sdut pdg mnusia sja apkh media itu dgnkan utk mndptkan infrmasi yg bermmanfa’at ataupun sbliknya {subhanallah betapa rugi kta jk tdak digunkan dgn sebaik2nya}..

    cth sprti info yg trtera diatas ,tnpa kt sdfari jka kt mmbca &memahami artinya ,bgtu bsar arti yg terkandung di dlamnya…..mdh2 _an kt tdk slah dlm mgnakan media yg tlh mju sprti dzaman skrg ne hnya utk mmbka stus yg akn mrusak moral kt sbgai gnerasi penerus bgsa??amien

    Suka

  3. Alhamdulillah… pengin saya para pemuda / pemudi itu ya seperti ini…. saling mengingatkan…. menebarkan ilmu yang bermanfaat…. jangan hanya hura-hura saja…. om / mbak semoga amal kebaikanmu diterima Allah SWT dan bermanfaat bgi masyarakat Dunia khususnya Indonesia…… Good..!

    Suka

  4. Mohon maaf, saya rasa Tulisan arab yang kedua itu isinya ayat Al Qur’an yg menjelaskan tentang keutamaan bersyukur dan ancaman bagi yg kufur terhadap nikmat-Nya. Berbeda sekali dengan tulisan yg dicetak miring dibawahnya. Saya khawatir apabila terjadi kesalahpahaman dan ada yg mengira bahwa tulisan yg dicetak miring tersebut adalah arti dari tulisan arab yg ada diatasnya.
    Terima kasih…

    Suka

  5. apabila kita ikhlas tentu terasa tidak rumit dan sulit,kalau kita tidak mampu kita diharuskan untuk penggantinya yaitu sholat dhuha,tapi kalau tetap gak mampu juga,mungkin dah waktunya kita sholatkan

    Suka

  6. saya kira fakir miskin saja yang perlu disedekahi, ternyata tubuh kita juga perlu toh !, info yang bermanfaat, smoga kita semua dapat melaksanakannya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s