Hubble Temukan Galaksi Paling Tua


image

Teleskop luar angkasa Hubble yang baru direparasi berhasil melihat galaksi tertua. Galaksi itu jaraknya sekitar 13 miliar tahun cahaya.

Kamera yang baru dipasang di Hubble musim panas ini berhasil menangkap beberapa ribu galaksi yang tidak pernah dilihat sebelumnya.

Galaksi ini terbentuk 600 juta tahun setelah Big Bang. Para ilmuwan yakin bahwa ledakan besar mengarah pada penciptaan alam semesta.

Galaksi itu jaraknya sekitar 13 miliar tahun cahaya. Setiap tahun cahaya adalah sekitar 6 triliun mil.

Gambar itu diambil di sebuah wilayah yang dipindai oleh Hubble pada tahun 2004. Karena kamera ini memiliki saluran baru mendekati infarmerah, ini memungkinkan teleskop yang mengorbit itu untuk mengintip lebih dalam ke alam semesta dan menangkap galaksi yang jauh.

Kamera dipasang oleh astronot NASA pada Mei sebagai bagian dari misi untuk mengupgrade dan memperbaiki teleskop yang mengalami penuaan.

Hubble sendiri merupakan kolaborasi antara NASA dan European Space Agency

Iklan

9 pemikiran pada “Hubble Temukan Galaksi Paling Tua

  1. untung teleskop hubble ngak diarahkan ke indonesia, pulau jawa, kab banyumas, jalan kampus, di warnet sovia. kalau arahnya kesitu pasti Foto ku yang nampang di situ ini. BIAR TAU DUNIA, KALAU AKU GANTENG. ………….

    Suka

  2. Subhanallah…………. Tapi apakah benar terbentuknya alam semesta karena Big Bang?? Kita sebagai seorang muslim jangan menelannya mentah-mentah. Ayo para ilmuwan muslim buktikan mana yang benar!!!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s