Do’a Saat Bingung Mengatasi Hutang


image

Tidak seorangpun manusia yang suka terlilit hutang. Baik dia beriman maupun tidak. Sebab ketika terbebani hutang seseorang biasanya menjadi bingung dan kehabisan gairah beraktifitas. Kreatifitas diri dan dinamika menurun. Ia tenggelam dalam kesedihan dan perasaan tertekan memikirkan hutangnya yang belum sanggup ia lunasi.

Abu Said Al-Khudhri radhiyallahu ’anhu bertutur: “Pada suatu hari Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam masuk masjid. Tiba-tiba ada seorang sahabat bernama Abu Umamah radhiyallahu ’anhu sedang duduk di sana. Beliau bertanya: ”Wahai Abu Umamah, kenapa aku melihat kau sedang duduk di luar waktu sholat?” Ia menjawab: ”Aku bingung memikirkan hutangku, wahai Rasulullah.” Beliau bertanya: ”Maukah aku ajarkan kepadamu sebuah do’a yang apabila kau baca maka Allah ta’aala akan menghilangkan kebingunganmu dan melunasi hutangmu?” Ia menjawab: ”Tentu, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda, ”Jika kau berada di waktu pagi maupun sore hari, bacalah do’a:

image

”Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.”
Kata Abu Umamah: ”Setelah membaca do’a tersebut, Allah ta’aala berkenan menghilangkan kebingunganku dan membayarkan lunas hutangku.” (HR Abu Dawud 4/353)

Ada beberapa pelajaran yang bisa ditarik dari hadits di atas. Di antaranya ialah ternyata sahabat merupakan manusia biasa seperti kebanyakan manusia pada umumnya. Bilamana ia terlibat hutang maka ia menjadi bingung dan sedih. Hal ini jelas dinyatakan oleh Abu Umamah radhiyallahu ’anhu. Sahabat yang satu ini saking sedih dan bingungnya menghadapi lilitan hutang hingga kedapatan oleh Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam sedang berdiam diri di dalam masjid di luar jam biasanya seseorang berada di masjid.

Pelajaran lainnya ialah bahwa sahabat tatkala ditawari doa oleh Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam untuk menghilangkan kebingungan dan mengatasi beban hutangnya, maka tanpa ragu sedikitpun ia menyambut dan menerimanya. Bahkan dengan segera ia amalkan, sehingga dengan izin Allah subhaanahu wa ta’aala tak lama sesudah ia rajin berdoa, Allah subhaanahu wa ta’aala berkenan mengatasi problem hutangnya.

Tentunya sahabat Abu Umamah radhiyallahu ’anhu membaca doa bukan sekedar seperti orang bernyanyi tanpa memahami dan meyakini kekuatan doa tersebut. Di samping berdoa ia berusaha sekuat tenaga mengatasi apa-apa yang ia lontarkan dalam doanya. Ia berusaha mengatasi bingungnya, sedihnya, lemah dirinya, malasnya dan ketidakberdayaannya menghadapi kesewenang-wenangan manusia kepada dirinya. Demikianlah para sahabat radhiyallahu ’anhum. Mereka merupakan anak didik terbaik Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam sehingga mereka tidak pernah meragukan kekuatan doa. Barangkali jika di zaman sekarang ada orang yang datang kepada seseorang mengeluhkan problem hutangnya kemudian diberikan jalan keluar berupa doa kepada Allah subhaanahu wa ta’aala, ia akan marah dan merasa dipermainkan.

Artinya, jika kita sedang bingung lantaran problem hutang yang tidak kunjung terlunasi, maka hendaknya kitapun mengikuti jejak generasi terbaik para sahabat radhiyallahu ’anhum tersebut. Mereka sungguh telah menghayati kebenaran firman Allah ta’aala di dalam Kitab-Nya:

image

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo`a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS Al-Baqarah ayat 186)

Dari ayat di atas dapat kita simpulkan beberapa pelajaran yang sangat penting:

  1. Allah ta’aala itu dekat. Artinya jangan kira Allah ta’aala tidak melihat dan mengetahui segala apa yang berkecamuk di dalam diri kita. Termasuk segala kesulitan yang kita hadapi.
  2. Asalkan permohonan diajukan kepada Allah ta’aala, maka Allah ta’aala berjanji pasti akan mengabulkannya
  3. Agar lebih besar kemungkinan dikabulkannya, hendaklah kita penuhi segenap perintah Allah ta’aaladan tentunya tinggalkan segenap larangan-Nya
  4. Berimanlah kepada Allah ta’aala. Sebab Allah ta’aala memliki nama-nama yang baik (Asmaa-ul Husna). Allah ta’aala Dialah yang Maha Kaya, Maha Mendengar, Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maha Kuasa mengabulkan segenap doa hamba-hambaNya.[via]

Update

Anda juga bisa tonton videonya:

263 pemikiran pada “Do’a Saat Bingung Mengatasi Hutang

  1. Assalammualaikum..
    Saya saat ini sedang ketakutan menghadapi kenyataan beberapa waktu lagi.
    Awal mula saya meminjam uang untuk berobat untuk biaya operasi pertama karna kecelakaan dan operasi kedua.. akhirnya untuk membayar saya pinjam lagi, begitu seterusnya sampai akhirnya hutang saya sangat banyak dimana” saya baru sadar dua bulan terakhir…saya bingung bahkan hampir putus asa, saya rasakan sulit sekali bagaimana harus membayar uang 26juta…hampir tiap hari saya menangis apalagi jika menatap anak saya…bagaimana jika saya tidak bisa mengembalikan uang itu ….pasti saya akan dituntut belum lagi hutang yang lain…Ya allah betapa hinanya aku dihadapanmu….aku mulai memperbaiki iman…tapi tetap hati saya tidak tenang……bagaimana nasib saya….tolong saya..

    Suka

  2. aku udah 2thun terlilit hutang tidak terlalu banyak 2,5jt,tapi saya gak tau cara untuk bayar org udah nagih,kesalahan saya dimsalalu.
    saya ingin berubah 082385257697,ada yg bisa bantu saya,allah akan membalas kebaikan kalian.

    Suka

  3. Ya allah ya rabb tolonglah hambamu ini,saya benar benar gak bisa mikir smoga ada orang yang bisa menolongq ya allah …ashtaghfirllaahal adzim,

    Suka

  4. Ya allah spa yb bisa tlng hamba nya, saya lg kesshan dgn keuangan,dmna saya cari uang bwt byr utang saya.hnya mu lah yg tw.085609000263

    Suka

  5. Ya ALLAH,berikanlah kemudahan dlm melunasi hutang,dan berikanlah kesembuhan pada Istri hamba yg sudah 2thn sakit2an,setiap 3bln sekali dirawat di RS.selain untuk byr hutang hamba jg perlu uang untuk berobat.
    Adakah Hamba Allah yg sudi memberikan bantuannya kepada hamba?
    089672212388 No.rek BRI a.n Linna riyanti 413201010179539
    Semoga Kita semua diberikan petunjukMu Ya ALLAH.Amiin.

    Suka

  6. Yaa Rabb Yang Maha Kaya,semoga Engkau memberikan keajaiban,dan hamba dapat melunasi hutang hamba sebesar 100 juta,Amin
    a.n riko adianta
    Mandiri 137.001.008.5864

    Suka

  7. Hutang..aku mengalami hal yg sama ,,padahal aku dulu tak suka berhutang tapi ketika memulai usaha aku terpaksa berhutang demi memajukan usaha dan memperjuangkan orang banyak tapi aku terjebak tertipu,di bohongi dikhianati,dimanfaatkan,,dan inilah yg aku harus terima hutang hampir 1 milyar..aku tak bisa berbuat banyak selain berdoa dan ber doa mendekatkan diri tak perlu menyalahkan siapa siapa..semoga Allah memberikan kekuatan,kesabaran,petunjuk,dan jalan keluar dari masalah hutang,,amiin

    Suka

  8. Bismilahirohmanirohim..assalmualaikum..Ya, Allah engkaulah yang Maha Pengasih dan Maha Mengetahui, bimbinglah aku kejalan yang Engkau ridhoi, selama ini aku bingung, gelisah dan bathinku tersiksa dengan lilitan hutang yang menumpuk, usahaku dilanda kebangkrutan padahal uang yang ku pinjam sebagian besar kugunakan untuk membantu orang yang dilanda kesusahan, jika seandainya pada waktu ini masih ada hambamu yang sholeh mau berbagi atau meminjam sebagian hartanya tanpa bunga dan durasi waktu, berilah dia keikhlasan dan Kepercayaan untuk membantuku ini ho hpku 085242277193, YA, allah kabulkan do,aku ini dan berilah aku rizki yang halal, agar aku bisa membantu orang yang kesusahan dengan harta yang telah Kau titipkan padaku…. amin !”butuh hari ini ya allah..

    Suka

  9. Saya saat ni lg membutuhkan pertolongan untuk dapat membantu melunasi hutang rentenir saya.jk ada yg berkenan membantu bisa ditransfer lewat rek BCA 2830750170 a/n Sri wahyuni berapapun sumbangan anda sangat berati bg saya.smoga Alloh yg mengganti kebaikan anda

    Suka

  10. ya Allah sy membaca smua bait demi bait airmata mengalir hati demikian sedih, tp sy hrs kuat bangkit demi kelangsungan hidup kel,sy PNS saat ini dan sampe 5 th mendatang pensiun tdk terima gaji krn dipotong hutang, dan msh hrs tiap bulan mencari tambahan 5 jt guna mengangsur pinjaman diluar potongan gaji,hati kadang kalut ….sy pasrah tp pengen berusaha bekerja sampingan apapun,krn suami tdk bekerja…hutang krn sy pernah dagang berlian uangnya raib dibawa sdr..tmn kenalan,dan pernah ada modal banyak tp kena gendam,sy tdk menyalahkan siapapun itulah teguran dari Allah…ibarat padang gersang disinilah ada mata air…saya percaya pd Allah pasti Tuhan sedang menguji kesabaran saya…apapun akan kulakukan asal halal smua demi keluarga…ya Allah dengarlah rintihan hambamu ini,bagi smua tmn adakah solusi buat sy???

    Suka

  11. ya semoga aja ada keajaiban dr Allah ada dermawan yg ikhlas mau bantu saya karena Allah……sy terdesak dan pasrah setiap malam tak tenang cuma hutang 30 juta aja…..karena ulah temen saya yg nanggung nya….hub sy 082377495999 siapa saja yg serius….bantu krn Allah taalla

    Suka

  12. saya terjerat hutang yang begitu banyak.mau memulai usaha malah kena tipu.padahal modal usaha hasil pinjaman bank.jika ada saudara saudaraku yang berkenan membantu.ini nomor hp saya 081284199740….,terimakasih.semoga Alloh senantiasa meridhoi jalan kita semua.

    Suka

    • lantas hrus kmna cri pinjamn,,apa lgi yg non riba,,,bener,,kuasa tuhan itu sdah pasti dekat,,doa,doa daan doaa,,,,ksabaran yg d perlukan sambil tunggu jwbnnya,,,,cumaaa,,,,bisa gak nih mental kita ngadepin utang2 d dpan mata,??,,,ksian anak2 jd telantar akibat ulah kita smua,,,kita jd pinter berbohong ini dan itu,,ngadepin penagih2 hutang,,astagfirulloh,,sadar bkin salah,,cm kita bisa apa lgih,,????yg mereka butuhin tuh cuma uang,uang dan uang,,,merdekanya kita,,,,ada dermawan pinjamin utang ke kita,,tanpa riba pula,,,ALHAMDULILLAAH,,,,,tak ad yg mustahil atas ijin mu YAA ROOBB,,,,!!

      Suka

  13. Ya allah ya rabb. Hanya kepadamu hamba meminta pertolongan. Saya terjeray hutang 200jt. Usaha gulung tikat. Sampai sekarang belum bisa membayar hutang2. Dan kehidupan jadi berantakan. Semua seperti mimpi buruk. Bahkan ingin mengakhiri hidup. Tapi saya punya allah dan meminta pertolongan kepada allah supaya bisa bantu saya dalam menghadapi masalah ini lewat dermawan2. Saya berterima kasih sekali sekiranya ada dermawaan yang mau membantu saya.
    Saya ucapkan trimakasih dan sangat amat menghargai bantuan dermawan
    Nama Haris
    8850671401 bank BCA a/n HARIS GUNAWAN
    No handpone 081294161002

    Suka

  14. Ya allah ampunilah hambamu ini yg sedang kebingungan memikirkan hutang yg bakal jatuh tempo ya allah. Tunjukan lah hambamu ini jalan keluarnya ya allah. Zulkarnaini d/a jln Bangau Raya no.60 d griya sidomulyo. Pekan baru.hp.081270056407.

    Suka

  15. Assalamu’alaikum..saya lagi gelisah,,sebentar lagi istri saya lahiran,,
    Utang belum lunas,,biaya buat lahiran pun belum ada,,,
    Mohon bantuan nya…kalau saya dapat rizki,,saya ganti ,!!

    Ya allah bantu lah hamba mu ini,,
    Demi allah saya lagi butuh,,
    Kalau ada yg mau bantu
    No rek saya 612-01-00632-16-5
    CIMB NIAGA

    Suka

  16. Ya ALLOH datangkanlah dermawan untuk membatu saya dalam melunasi hutang hutang saya. Setiap hari selalu datang tagihan dari bank. Bagai mana saya bisa menyisihkan uang untuk anak istri kami. Saya lelah… Semu habis terjual untuk membayar hutang.. Rumah tinggal pun belum kami punyai. Mohon bantuan

    Suka

  17. saya guru swasta gaji perbulan tidak mencukupi… masih harus membayar cicilan hutang ….tapi saya selalu bertawakkal kepada Allah …saya yakin pasti ada jalan keluar ….

    Suka

  18. Ya Allah dan saudara2 ku sekalian…jikalau ada orang yang berbaik hati mohon bantuannya untuk melunasi hutang2 keluarga yang menumpuk karena untuk pembiayaan RS….mohon bantuannya seikhlasnya…dan semoga Saudara2 dibalas kebaikkannya oleh Allah YME…085779043023 (ongky)

    Suka

  19. sy punya mslh hutang yg sangat besar,,terlilit htg dgn rentenir begt mengerikan tiap hari selalu nambah ,,serius bkn tipuan,, mudah2 ada dermawan yg mau membnt sy 085245694849

    Suka

  20. Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Salam Silaturrahim kami sampaikan semoga senantiasa dan selalu Bapak dalam rahmat dan lindungan Allah SWT.
    Perkenalkan nama Saya Alif Hermawan SAya tinggal di Pemalang. Saya hidup bersama istri ,Anak Usia Sekarang menginjak usia 8 Bulan dan Ibunda tercinta.. dulu Kami sangat Bahagia saat Ayahnda Tercinta masih hidup… dan Sekarang sudah hampir 1000hari Ayahnda meninggal .. keluarga kecil kami dalam kesedihan.. saudara dekat yang saya kira bisa membantu .. ternyata tidak peduli dengan kehidupan keluarga kami. Sekarang Keluarga kecil Kami Sangat membutuhkan Bantuan Doa dan uluran tangan dari para Dermawan yang saya hormati. Keluarga Kami sedang mengalami masalah hutang piutang dengan Rentenir .. dari peminjaman awal 15.000.000 sampai sekarang berbunga menjadi 30.000.000. karena saya sendiri bekerja sebagai Karyawan Counter yang hanya di gaji 800.000/Bulan. dan Hanya bisa bayar Bunga dari hutang tersebut.
    Saya kasihan sama ibu Saya dan anak istri saya .. setiap Per 15Hari pasti di datangi Para Penagih/renternir … SAya Mohon para Dermawan yang baik hati mau membantu Keluarga saya.
    Semoga Bantuan dari anda akan Dibalas Tuhan dengan Berkali-lipat … dan Doa kami (saya,Istri dan Ibunda tercinta) selalu buat yang Sudah bantu keluarga saya.
    Salam Hormat dari keluarga Kecil Di Pemalang. tiada kata yang kami ucapkan selain Jaza Kumullah Khoiron Katsiroh.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
    No Hp: 0877-3712-6069
    Rek Bca : 1320381297 A/n Alif Hermawan.

    Suka

  21. Ya Allah adakah orang yg bisa membantu saya melunasi hutang saya sbnyk 10jt rupiah,mohon lha bantuanya 082272104868 saya tdk bohong memang demi Allah..

    Suka

  22. assalamu’alaikum,mhon do’a dan bantuan smua ,hutang 1jt 500rb..hr snin sdah hrs lunas.krj gaji guru 70rb..smg scpatnya hutangku lunas,,
    brkah ramadhan ya Allah,,d tunjukkan situs ini..smg yg mau mmbantu tmbh berkah rizkinya..aamin
    BNI 0252183950..

    Suka

  23. assalamualaikum,,bantulah hambamu y allah,,sy pnya hutang 10jt,,hari ini hrs dibyr,,,mohon bantuannya,,nti sy cicil tiap bulan,,,tlng bntulah saya,,saya sudah sngat bingung no hp sy 085786832556,,bntulah sy,

    Suka

  24. Ya Allah adakah orang yang mau menolong saya saat ini saya lagi banyak masalah keuangan dan hutang dimana mana ,Ya Allah berikan aku petunjukmu, saya minta bantuan ke dermawan yang ada kelebihan rezekinya, saya wirausaha roti dikantin, ingin meminjam uang, tolong trf ke rek saya BTN : 00314-01-50-000515-1 / Devi Permatasari semoga Allah membalasnya no,tlp 085217950695.Amien

    Suka

  25. Yaa Allah Yang Maha Pemberi Rezeki berikan kami rezeki yang melimpah dan berkah dari semua jalan yang Engkau Ridoi untuk melunasi hutang kami semuanya dan berbagi pada dunia dengan cara yang terbaik menurut kehendak-Mu..Saya berharap ada dermawan yang murah hati mau meminjamkan uang 10 juta kepada saya tuk membayar kontrakan dan menambah modal usaha.Insya allah akan saya bayar secepatnya. Saya sedang kepepet,Akhir bulan ini mau diusir dari kontrakan..
    No.Rek : 4053-01-007354-53-2
    Bank BRI a.n Heri Siswanto
    No.HP 0858-6275-4453

    Suka

  26. Ya Alloh sy dillilit hutang bagi yang sudi menolong mhn bantuannya,,,ramli.saleh@rocketmail.com/085398050111

    Suka

  27. Halo Semua.

       Apakah ada yang membutuhkan pinjaman mendesak untuk alasan apapun sama sekali, jika ya, email kami di Via (j_p.lenders@outlook.com) untuk Info lebih lanjut tentang transaksi ini.

    Salam Hormat
      J_P.Lenders

    Suka

  28. ya allah saya lage kebingungan melunasin hutang hamba sebesar 10jt,, dan hari ini 2jta harus dibayr,, dmana sya bisa dpat uang ya allah aplge sya tidak punyk rekning,,,,, mungkin ada yang mau ngsik pinjaman or memberi..
    datang kermah saya desa tokelan rt.03.rw.04 kec.panji.kab.situbondo.prov jawa timur,indonesia atau bisa hubungi 085399808807..
    ya allah berikan lah jalanmu

    Suka

  29. Ya Allah adakah orang yang mau menolong saya saat ini saya lagi banyak masalah keuangan dan hutang dimana mana ,Ya Allah berikan aku petunjukmu, saya minta bantuan ke dermawan yang ada kelebihan rezekinya ke rek saya bca 4940059351 semoga Allah membalasnya.Amien

    Suka

    • halo slamet, aku anaknya dian komalasari, minta tolong kemarin salah transfer ke rek bapak sebesar 600 ribu, minta tolong di transfer kembali boleh ya? maaf pak salah transfer

      Suka

  30. Ya, Allah engkaulah yang Maha Pengasih dan Maha Mengetahui, bimbinglah aku kejalan yang Engkau ridhoi, selama ini aku bingung, gelisah dan bathinku tersiksa dengan lilitan hutang yang menumpuk, usahaku dilanda kebangkrutan padahal uang yang ku pinjam sebagian besar kugunakan untuk membantu orang yang dilanda kesusahan, jika seandainya pada waktu ini masih ada hambamu yang sholeh mau berbagi atau meminjam sebagian hartanya tanpa bunga dan durasi waktu, berilah dia keikhlasan dan Kepercayaan untuk membantuku ke no. Rek. BRI 4063-01-009354-53-1, YA, allah kabulkan do,aku ini dan berilah aku rizki yang halal, agar aku bisa membantu orang yang kesusahan dengan harta yang telah Kau titipkan padaku…. amin !”

    Suka

  31. Ping balik: Dp Bbm Doa Seorang Istri | Kata Kata Terbaru 2015

  32. Ya allah bila ada bapak/ibu dan saudara yang kelebihan rezekinya tolong tunjukanlah supaya mau bantu hambamu ini yang serba kekurangan ya allah mohon ampun ya allah berikanlah jalan keluarnya ya allah kalau memang ada yang mau bantu bapak/ibu dan sadaraku yang berlebih rezekinya bisa transfer langsung ke rekening saya BRI 5732-01-017517-53-9 atas nama SUNARDI terima kasih ya allah atas karunianmu Amiiiiiiin

    Suka

  33. Ya allah hambamu mohon bantuan dana ya allah sebesar Rp300jt ya allah guna untuk membayar hutang ya allah hambamu sudah tidak punya uang serupiahpun ya allah tolong hambamu ya allah yang dalam kebingungan ini ya allah hanya kepadamulah hambamu memohon ampunan dan berdoa ya allah jd lindungilah hambamu ini ya allah amiiiiiiiin

    Suka

  34. sy pengusaha bangkrut.kredit rumah sy nunggak,rumah mau di sita.istri sy minggu lalu sudah ninggalin sy.apa lagi sekarang anak sy yang paling kecil sedang sakit. sy bingung mau gimna lagi. Kiranya ada dari bapak/ibu saudara saudaraku yang berkelebihan mau menghibahkan sedikit rezekinya brapapun/seikhlasnya saja,sy sangat menghargainya makasih.

    Rek BRI: 7805 01 002051 53 5 a.n : ANDI ABDUL AZIS

    Suka

  35. inilah realita kehidupan yang harus kita jalani dengan intropeksi diri dan smakin dekat dengan allah dan mohon petunjuk kepadaNYA dan pasti ada jalan walaupun kita akan memulai dari nol,,,

    Suka

  36. Alhamdullilah…kalo hutang saya ada memang…tap ga banyak juga…
    Cuman masalahnya kami ada di rantau saat ini…cuman ngekost sekeluarga..saya,istri dan anak usia 3tahun…2 bln yg lalu km dtg ke kalimantan ini utk bekerja..tiba2 kami difitnah dan hrs berhenti bekerja…kami sekarang kehabisan uang utk makan dan beli susu anak kami…kemarin mau ada yg bantu dg satu syarat km sekeluarga diajak ke gereja…km tidak mau…tp km pertaruhkan sehari ini km blm makan kecuali indomie…
    Saat ini kami di palangkaraya…ga ada satupun sanak saudara disini…saya bingung…

    Suka

  37. Mohon bantuan dari semua nya saya terlilit hutang 10 juta Karena saya di tipu akhir nya saya banyak hutang dan sata pun gali lobaang tutup lobang
    no hp 089662840149
    Rek hana bank 240121300058412

    Suka

    • bangkit bersama yuk…..qt saling memberi n menerima modal cuma 100rb aja, yg mw gabung silahkan sms/wa 085606778618

      Suka

  38. Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Salam Silaturrahim kami sampaikan semoga senantiasa dan selalu Bapak dalam rahmat dan lindungan Allah SWT.
    Perkenalkan nama Saya Alif Hermawan SAya tinggal di Pemalang. Saya hidup bersama istri ,Anak Usia 4 Bulan dan Ibunda tercinta.. dulu Kami sangat Bahagia saat Ayahnda Tercinta masih hidup… dan Sekarang sudah hampir 1000hari Ayahnda meninggal .. keluarga kecil kami dalam kesedihan.. saudara dekat yang saya kira bisa membantu .. ternyata tidak peduli dengan kehidupan keluarga kami. Sekarang Keluarga kecil Kami Sangat membutuhkan Bantuan Doa dan uluran tangan dari para Dermawan yang saya hormati. Keluarga Kami sedang mengalami masalah hutang piutang dengan Rentenir .. dari peminjaman awal 15.000.000 sampai sekarang berbunga menjadi 30.000.000. karena saya sendiri bekerja sebagai Karyawan Counter yang hanya di gaji 800.000/Bulan. dan Hanya bisa bayar Bunga dari hutang tersebut.
    Saya kasihan sama ibu Saya dan anak istri saya .. setiap Per 15Hari pasti di datangi Para Penagih/renternir … SAya Mohon para Dermawan yang baik hati mau membantu Keluarga saya.
    Semoga Bantuan dari anda akan Dibalas Tuhan dengan Berkali-lipat … dan Doa kami (saya,Istri dan Ibunda tercinta) selalu buat yang Sudah bantu keluarga saya.
    Salam Hormat dari keluarga Kecil Di Pemalang. tiada kata yang kami ucapkan selain Jaza Kumullah Khoiron Katsiroh.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
    No Hp: 0877-3712-6069
    Rek Bca : 1320381297 A/n Alif Hermawan.

    Suka

  39. saya sedang terlilit hutang berkisaran 35jtan .. sudah saya montang manting k sana kemari tetep blm ktm titik yang jelas , yang mana bisa menyelesaikan semua hutangku..

    Suka

  40. sedih.. tertekan.. kalud… tdk semangat…
    dll… lengkap deh….. sy pny hutang sekitar
    45jt… toko bangkrut… istiri lg hamil tua lg… saya skrg dtangerang…silahkn cek lgsung keaadan sy yg galaw ini… jika ada sobat3 ini yg pny peluang usaha bwt saya… hb081294757874.. trims…

    Suka

    • Ya, Allah engkaulah yang Maha Pengasih dan Maha Mengetahui, bimbinglah aku kejalan yang Engkau ridhoi, selama ini aku bingung, gelisah dan bathinku tersiksa dengan lilitan hutang yang menumpuk, usahaku dilanda kebangkrutan padahal uang yang ku pinjam sebagian besar kugunakan untuk membantu orang yang dilanda kesusahan, jika seandainya pada waktu ini masih ada hambamu yang sholeh mau berbagi atau meminjam sebagian hartanya tanpa bunga dan durasi waktu, berilah dia keikhlasan dan Kepercayaan untuk membantuku ke no. Rek. BRI 4063-01-009354-53-1, YA, allah kabulkan do,aku ini dan berilah aku rizki yang halal, agar aku bisa membantu orang yang kesusahan dengan harta yang telah Kau titipkan padaku…. amin !”

      Suka

      • salam…perkenal kan sy odog samudra ingin berbagi solusi lunas hutang kepada saudara semua.insaallah bisa buat semangat bg saudara2 semua.
        solusi lunas hutang:NIAT,SEMANGAT,BERDO’A,dan di tambah dengan sodakoh insaallah utang cepat lunas,ingin tau tata cara y lebih khusus hugungi no sy 081239221745 insaalloh sy akan berbagi dngan ikhlas krna sy tau bagemana rasanya,sewaktu2 disaat sy ngak sibuk sy jawab konsultasi nya dengan senang ht dan sy kasih do’a lunas hutang yg insaallah relatif singkat.insaallah atas ijin allah.sblm tlfn sms dulu nama/alamat.tks

        Suka

        • Bismilahirohmanirohim..
          Allahuakbar,Allah maha besar maha segalanya.
          Ya Allah hambamu lagi di landa kesusahan,di landa kebingungan,kerja setiap hari hanya habis untuk makan hari hari,dan kebutuhan keluarga sehari hari.sedangkan hutangku 3 juta harus di lunasi sebelum lebaran ini,tolonglah hambamu yg sedang kesusahan ini,jika ada hambamu yg dermawan tolong tunjukan kepadaq,agar aku tidak terjepit dalam kesusahan berlarut larut ini.arahkan hambamu yg dermawan itu untuk berkenan membantuku dgn menghubungi n0m0rku ini=087 894 259 632,Ya Allah hanya padamu aq memohon,semoga engkau kabulkan doaq ini.Amiin…

          Suka

        • hutang 5 jt kerja tiap hari.tp gk cukup karena sbelum lebaran ini harus di lunasi.gelisah,susah bingung,setres,m0h0n bantuannya tlg hub= 087894259632

          Suka

      • Sdr ku uus mulyadi..aku punya masalah yang sama dengan sdr.sampai saat kutulis disini aku belum dapat jalan keluar.tdk ada tempat megadu kecuali Allah..aku berdoa trus menerus..mlm ini adalah waktu terakhir bagi ku untuk menyelesaikan hutangku sebanyak 16 juta..aku hanya bisa pasrah..tidak tau apa yang akan terjadi besok..semoga Allah menolong ku malam ini..dan juga menolong sdr…amiin

        Suka

Tulis Komentar