Hari Ini (26 Juni 2010) Gerhana Bulan Sebagian


image

Gerhana Bulan kembali akan terjadi pada 26 Juni 2010. Peristiwa tersebut dapat disaksikan dari wilayah Indonesia pada awal malam.
Seperti dilansir laman resmi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), Gerhana Bulan ini selalu terjadi pada saat Bulan berada pada fase purnama. Namun demikian, tidak setiap purnama terjadi gerhana Bulan.

Orbit Bulan mengelilingi Bumi tidak bertepatan dengan orbit Bumi mengelilingi Matahari (disebut ekliptika), tetapi membentuk sudut sekitar 5,2o.
Sebaliknya, apabila fase bulannya purnama dan posisinya di sekitar titik perpotongan orbit Bulan dan ekliptika maka gerhana Bulan akan terjadi.

Contoh keadaan ini adalah pada tanggal 26 Juni  2010. Saat itu fase bulan sedang purnama, dan posisinya dekat dengan titik perpotongan orbit Bulan dan ekliptika.
Secara astronomis, gerhana Bulan ini disebut Gerhana Bulan sebagian (GBS) karena hanya sebagian piringan Bulan yang tertutupi oleh bayangan umbra Bumi.

GBS ini termasuk anggota seri Saros ke 120 dan merupakan gerhana yang terjadi ke 58 dari 84 gerhana yang diperkirakan terjadi pada seri Saros ini. Pada saat puncak gerhana, 53,68% piringan Bulan akan tertutupi oleh bayangan Bumi.

Iklan

45 pemikiran pada “Hari Ini (26 Juni 2010) Gerhana Bulan Sebagian

  1. wah bener tuh emang gerhana …tapi saya ngeliat sepintas nggak ngeh itu gerhana kirain tanggal muda…….bulannya separo ehhhh pas liat tanggalan ini kan harusnya bulan penuh/purnama ternyata gerhana …sayang ngliatnya cuman 2 detik karena ngga ngehnya wong ngeliatnya juga habis dari sumur jalan masuk rumah ngliat ke atas bulan separo…….coba klo tau tak shoot sekalian pake hp. trus di share …subhanallah……….

    Suka

  2. wah bguznya keindahan dunia ini?????
    jare wong jowo,bulano dipangan buto???agagagagag
    mulo podo kothekan????wkwkwkwkwkwk

    Suka

  3. wah…aku juga lihat. bagus banget. Subhanallah…

    tapi sayangnya kayaknya daerah sekitar rumah pada gak merhatiin. jadi saya sama adek yang menikmati.

    Suka

  4. yup … semalam …. melihat bulan pada awal malam kelihatan purnamanya …. perlahan …. hilang separoh …. langit cerah …. hawanya yang dingin denga angin yg sepoi-sepoi …. Subhannalloh ….

    Suka

  5. Kunjungan sesama blogger nih…
    Nice blog and good post sob!
    Ditunggu kunjungan baliknya nih di blog baru ane,
    dan jangan lupa tinggalin jejak di postingan terbaru ane ya sob…
    ūüôā

    Suka

  6. Ping balik: Top Posts — WordPress.com

  7. Saya lihat tadi… Saya nda tau kalo ternyata sudah diramalkan, saya penasaran lalu search di inet… Wow… Beruntung banget saya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s