Ciri Komputer yang Terjangkit Virus Ramnit


image

Meski terbilang baru, namun virus Ramnit menyebar dengan sangat cepat. Berikut adalah ciri-ciri komputer yang terjangkit virus tersebut:

  • Virus akan membuat browser Internet Explorer menampilkan halaman yang berisi penawaran iklan, game, dan terkadang gamabar porno dalam jumlah yang banyak secara terus menerus selama komputer terkoneksi internet.
  • Gejala selanjutnya adalah, icon removable media berubah menjadi icon folder. Setelah itu pengguna tidak dapat mengakses flashdisk tersebut dengan peringatan Access is denied. Dan terakhir muncul pula pesan Compressed (zipped) Folders pada saat mengklik drive tersebut.
  • Muncul banyak file dengan nama file ‘Copy of Shortcut to (1).lnk’ s/d ‘Copy of Shortcut to (4).lnk’ di flashdisk pengguna. File ini digunakan oleh virus untuk menggandakan dirinya ketika dieksekusi pengguna.
  • Salah satu hal yang unik dan membuat virus ini sangat mudah aktif dan sulit dibasmi adalah setiap kali user melakukan klik kanan. Selain menampilkan menu klik kanan, secara tidak langsung pengguna komputer juga telah menjalankan virus ini.

Selain ciri-ciri tersebut, perlu diketahui juga bahwa Ramnit juga memiliki file induk yang sudah dipersiapkan di direktori [%USB Flash%:\RECYCLER\%nama_acak%.exe].

Virus ini juga akan menjangkit file berekstensi exe, dan setiap file exe yang terinfeksi akan mempunyai ukuran 107KB lebih besar dari ukuran awalnya. Selain itu Ramnit akan menduplikasikan file tersebut di dalam folder yang sama.[via]

Cara menghilangkan virus ini silakan baca disini

Iklan

23 pemikiran pada “Ciri Komputer yang Terjangkit Virus Ramnit

  1. pake MSE dari microsoft ampuh juga, cm windows ente kudu original, dan harus konek internet wat update
    punya ane ramnit udah bablas…
    Kl dr.web terlalu ribet n lama prosesnya (uda pernah coba)
    Vipre boleh jg tuh…

    Suka

  2. kalo ane pake VIPRE ANTIVIRUS gan,,, sukses, n virusnya habis…….n baru launching di Indonesia dengan promo….Bulan Juni 2011

    Suka

  3. ampun dah si ramnit ini! saya mempunyai masalah dengan flashdisk saya yang terinjeksi RAMNIT (1 file autorun yang terdeteksi sebagai heur dan 4 shortcut). Anehnya saya sudah hapus dengan shift+del maupun saya format, file tsb selalu muncul lagi di flashdish saya. Bahkan dalam hitungan detik setelah saya format, dan bahkan saya bisa lihat kemunculannya ketika windows explorer menunjukan layar kosong pada flashdish. Bagaimana ya cara ampuh mengatasi ini? Tolong dijawab dan terima kasih sebelumnya.

    Suka

  4. saya menggunakan windows 7 asli dan Microsoft Security Essential (MSE), tetapi virus ini tidak mau hilang. laptop saya terkena Ramnit seri A, B dan C. MSE hanya mampu mendeteksi A,B,C dan menghapus bersih jenis B.
    Sedang jenis A dan C, setiap dihapus akan muncul lagi, saya malah terganggu dengan notifikasi dari MSE, yang menyatakan ada Virus Ramnit A & C (red alert), sesaat kemudian berubah menjadi clean (green alert), tetapi sejenak kemudian notifikasi lagi (red-green-red-green-dst)

    Virusnya tidak bisa dicari, sebab setiap muncul selalu langsung dimusnahkan oleh MSE tetapi kembali dan kembali lagi.

    Saat ini saya sedang mencoba bit defender dan software dari Dr.Web

    Suka

  5. Antivirus yg ampuh adalah dengan Microsoft Security Essential, namun kendalanya di Windows anda, Origin Atau Bajakan,, Namun saya sudah coba di Win7,, ampuh untuk memberantas virus ini. Hilang tak tersisa. ^^

    Suka

  6. Ping balik: Ciri Komputer yang Terjangkit Virus Ramnit « Nurhamdani Al Basyari's Blog

  7. o ya pak saya sudah pasang 3 anti virus sekaligus pi cuma satu yang mampu mendeteksinya ,, sayangnya kalo didelete filenya ikut kedelete.. nah kalo dikarantina firusnya nyebar lagi g tahan lama…..

    mohon dibantu

    Suka

  8. asslamualaikum wr. wb

    wah pak komputer saya kena virus ramnit kayaknya karena gejal dan ciri-cirinya sama… yang parahnya lagi pak itu kena registry, directory (C, D,E).. virusnya nempel di file jadi kalo dihapus file aslinya, file virusnya muncul ( 0 Kb)

    gimana solusinya karena kalo sudah kena sistem biasanya g bisa dihapus … kecuali instal ulang… itu bahaya bgt wat file penting sya…

    mohon solusinya pak.

    maksih

    engkar

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s