Mobil Anti Tabrakan


future-car

Manusia bermimpi punya mobil yang bisa jalan sendiri tanpa perlu dikendalikan, dilengkapi sensor dan komputer canggih, dan tidak akan tabrakan.

Mobil semacam itu sepertinya hanya ada di film-film fiksi. Tapi sekarang tidak lagi, karena Universitas Carnegie Mellon, Pittsburgh, tengah menciptakannya.

Dengan sistem komputasi dan monitoring komputer, mobil tetap akan melaju tanpa celaka, bahkan saat pengemudinya sedang ngantuk berat. Karena alasan itulah mobil ini diciptakan.

Tapi tujuan utamanya adalah untuk mengurangi risiko kematian dari kecelakaan lalu lintas. Dengan teknologi ini, mobil akan bisa jalan sendiri dan 100% dapat menghindar dan menjaga jarak dari kendaraan lain.

Caranya, sistem kontrol dipasang di setiap mobil. Sistem ini memungkinkan mobil saling ‘berkomunikasi’ dan saling mengenali dan menyadari keberadaan sesamanya. Kalau ada mobil yang sedang ngebut, secara otomatis mobil lain akan menyingkir supaya tidak tertabrak. Kalau ada yang nge-rem tiba-tiba, mobil lain juga akan tau.

Sistem ini sedang dalam tahap uji untuk membuktikan keamanannya. Uji coba dengan dua mobil terbukti berhasil, dua mobil itu tidak bertabrakan, tapi hanya jika jalanannya lurus dan bukan belokan.

Sistem ini masih dalam tahap pengembangan.

Iklan

10 pemikiran pada “Mobil Anti Tabrakan

  1. Coba aja di indonesia bisa menciptakan mobil seperti itu pasti kita tidak akan pernah di anggap remeh lagi tapi itu semua seprtinya engga mungkin,,, heheheh 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s