Pengalaman Menggunakan Motherboard JW-A61PM-D2


image

Setahun yang lalu saya membeli seperangkat PC Rakitan AMD. Spesifikasi utama dari PC yang saya beli Adalah AMD Athlon X II dengan Motherboard JW-A61PM-D2, RAM 2GB. Saya ambil AMD waktu itu karena pertimbangan harga dan performance yang lumayan jika dibandingkan dengan Seri Intel yang sederajat.

Selama 11 bulan dari pembelian komputer berjalan lancar nyaris tanpa error. Masalah timbul 1 bulan yang lalu, komputer tiba-tiba nge hang dan Blue Screen. Hal ini terjadi berulang-ulang. Awalnya saya kira RAM bermasalah, makanya saya sampai menggantikan (replace) RAM ke toko. Hasilnya tetap nihil, komputer selalu hang. Karena penasaran saya juga mengganti Power Supply dengan yang baru. Sama saja komputer sering hang. Akhirnya saya berkeyakinan bahwa Motherboard nya yang bermasalah.

Blue Screen

Akhirnya karena penasaran saya bawa motherboard tersebut ke toko tempat saya beli komputer. Setelah dicek dugaan saya benar motherboardnya error, dan harus dibawa ke service center nya di Jakarta. Butuh waktu 10 hari untuk service di Jakarta. Setelah selesai diservice lalu saya coba dan hasilnya sudah OK, komputer lancar kembali. Biaya service gratis karena masih garansi.

Masalah terjadi kemarin, komputer kembali ngehang dan ngadat seperti 1 bulan yang lalu, padahal garansi udah habis. Saya sudah coba update BIOS ke versi baru tapi tidak ada perubahan. dan sampai tulisan ini dibuat komputer sama sekali tidak bisa hidup.

Akhirnya mau tidak mau saya harus membeli Motherboard baru. Buat Anda yang mau membeli Mobo jenis ini, semoga pengalaman saya bisa dipertimbangkan.

Ket: Ini murni pengalaman pribadi dan tidak berlaku universal untuk produk dimaksud.

Iklan

14 pemikiran pada “Pengalaman Menggunakan Motherboard JW-A61PM-D2

  1. mobo saya juga sering, sudah hampir tiga tahun, blue screen tiap taun
    (smoga tahun ke tiga tidak terjadi ^^)
    mobo saya Biostar gf8200
    amd athlon II x2 215
    wdc 320 GB
    muscle power 1GB
    cashing+psu votre

    Suka

  2. Ping balik: Motherboard Baru GIGABYTE GA-MA74GM-S2 « akhdian.net

  3. Untung saya gak beli, padahal kemaren minggu udah lihat2 barangnya dan mau beli tapi gak jadi karena masih nyari2 yg lain yg murah. Thanks for the info

    Suka

  4. pengalaman dari saya mas..bila blue screen seperti itu bukan hanya hardware yang bermasalah tapi boleh jadi juga driver vga yang masalah ataupun vga card yang masalah…hdd juga biasanya bermasalah..jadi tidak selamanya mobo yang rusak jika terjadi seperti itu

    Suka

  5. pengalaman yg sangat berharga. thanks sharingnya. saya juga akhirnya skarang menggunakan kelas2 gigabyte. krn harga juga tidak terpaut jauh. low end gigabyte paling2 beda 100rb an dengan mobo kelas murah.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s