Hati-hati Windows 10 Mencuri Kuota Internet Anda!


kelemahan-windows-10

Sudahkah Anda mencoba Windows 10? Jika belum Anda bisa mendownload file ISO nya disini. Buat Anda yang sudah menginstall, biasanya karena punya ‘mainan baru’ di awal-awal sibuk mengexplore fitur-fitur baru yang ada. Wajar, karena memang barang baru harus dicoba-coba 🙂

Setelah sukses menginstall Windows 10 pernah nggak Anda merasa kuota Internet Anda cepet berkurang? (ini khusus pertanyaan yang pakai internet kuota bukan unlimited). Jika iya akan saya jelaskan penyebabnya.

Seperti kita ketahui Windows 10 diluncurkan pada tanggal 29 Juli 2015  dengan menawarkan free upgrade untuk pengguna Windows 7,8 and 8.1 dan untuk siapa saja yang ingin mendownloadnya. Dengan pengguna yang banyak tentunya sangat berat bagi pihak Microsoft harus menyediakan source download yang berukuran 3GB untuk didownload penguna yang jumlahnya jutaan.

Untuk mengakalinya, Microsoft melakukan cara seperti yang digunakan layanan torrent (P2P), yaitu mengijinkan pengguna Windows 10 untuk mendownload file dari pengguna Windows 10 lainnya. Fitur ini dinamakan Windows Update Delivery Optimization (WUDO). Fitur ini dirancang untuk mempercepat proses download pengguna Windows 10. Sebuah ide yang cemerlang untuk menangani traffic sekitar 40 Terabits per second (TBps).

Kerja WUDO persis sistem kerja torrent. Jika komputer kita menjalankan Windows 10 maka komputer kita menjadi bagian dari jaringan peer-to-peer. Jika dilihat dari keuntungannnya fitur ini memberikan kemudahan dalam memperoleh file update terbaru Windows 10, sehingga OS kita akan selalu up to date. Namun kelemahannya proses ini membutuhkan bandwidth yang besar. Lebih parah lagi akibatnya bagi pengguna yang menggunakan koneksi internet dengan kuota, hampir dipastikan kuota Anda akan habis tanpa Anda sadari, sebab fitur WUDO ini dijalankan secara default.

Bagaimana Cara Mematikan fitur Windows Update Delivery Optimization (WUDO)?

Berikut langkah-langkahnya:

  • Go to Settings in the Start menu
  • Search for Update & Security
  • Under Windows Update, open Advanced Options
  • Under Choose How Updates are Installed, select Choose how updates are delivered
  • Disable the toggle under Updated from More than One Place

wudo

 

Selamat Mencoba!

Iklan

12 pemikiran pada “Hati-hati Windows 10 Mencuri Kuota Internet Anda!

  1. bukan hanya itu, data data pribadi semua user juga dikirim ke microsoft. brita luar negri lagi rame bahas masalah privasi ini. cuma didalam negri pers nya pada diem, apa ga tau kalau ada spyware di komputernya. hihi… menyedihkan microsoft.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s