Do’a Saat Bingung Mengatasi Hutang


image

Tidak seorangpun manusia yang suka terlilit hutang. Baik dia beriman maupun tidak. Sebab ketika terbebani hutang seseorang biasanya menjadi bingung dan kehabisan gairah beraktifitas. Kreatifitas diri dan dinamika menurun. Ia tenggelam dalam kesedihan dan perasaan tertekan memikirkan hutangnya yang belum sanggup ia lunasi.

Abu Said Al-Khudhri radhiyallahu ’anhu bertutur: “Pada suatu hari Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam masuk masjid. Tiba-tiba ada seorang sahabat bernama Abu Umamah radhiyallahu ’anhu sedang duduk di sana. Beliau bertanya: ”Wahai Abu Umamah, kenapa aku melihat kau sedang duduk di luar waktu sholat?” Ia menjawab: ”Aku bingung memikirkan hutangku, wahai Rasulullah.” Beliau bertanya: ”Maukah aku ajarkan kepadamu sebuah do’a yang apabila kau baca maka Allah ta’aala akan menghilangkan kebingunganmu dan melunasi hutangmu?” Ia menjawab: ”Tentu, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda, ”Jika kau berada di waktu pagi maupun sore hari, bacalah do’a:

image

”Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.”
Kata Abu Umamah: ”Setelah membaca do’a tersebut, Allah ta’aala berkenan menghilangkan kebingunganku dan membayarkan lunas hutangku.” (HR Abu Dawud 4/353)

Ada beberapa pelajaran yang bisa ditarik dari hadits di atas. Di antaranya ialah ternyata sahabat merupakan manusia biasa seperti kebanyakan manusia pada umumnya. Bilamana ia terlibat hutang maka ia menjadi bingung dan sedih. Hal ini jelas dinyatakan oleh Abu Umamah radhiyallahu ’anhu. Sahabat yang satu ini saking sedih dan bingungnya menghadapi lilitan hutang hingga kedapatan oleh Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam sedang berdiam diri di dalam masjid di luar jam biasanya seseorang berada di masjid.

Pelajaran lainnya ialah bahwa sahabat tatkala ditawari doa oleh Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam untuk menghilangkan kebingungan dan mengatasi beban hutangnya, maka tanpa ragu sedikitpun ia menyambut dan menerimanya. Bahkan dengan segera ia amalkan, sehingga dengan izin Allah subhaanahu wa ta’aala tak lama sesudah ia rajin berdoa, Allah subhaanahu wa ta’aala berkenan mengatasi problem hutangnya.

Tentunya sahabat Abu Umamah radhiyallahu ’anhu membaca doa bukan sekedar seperti orang bernyanyi tanpa memahami dan meyakini kekuatan doa tersebut. Di samping berdoa ia berusaha sekuat tenaga mengatasi apa-apa yang ia lontarkan dalam doanya. Ia berusaha mengatasi bingungnya, sedihnya, lemah dirinya, malasnya dan ketidakberdayaannya menghadapi kesewenang-wenangan manusia kepada dirinya. Demikianlah para sahabat radhiyallahu ’anhum. Mereka merupakan anak didik terbaik Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam sehingga mereka tidak pernah meragukan kekuatan doa. Barangkali jika di zaman sekarang ada orang yang datang kepada seseorang mengeluhkan problem hutangnya kemudian diberikan jalan keluar berupa doa kepada Allah subhaanahu wa ta’aala, ia akan marah dan merasa dipermainkan.

Artinya, jika kita sedang bingung lantaran problem hutang yang tidak kunjung terlunasi, maka hendaknya kitapun mengikuti jejak generasi terbaik para sahabat radhiyallahu ’anhum tersebut. Mereka sungguh telah menghayati kebenaran firman Allah ta’aala di dalam Kitab-Nya:

image

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo`a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS Al-Baqarah ayat 186)

Dari ayat di atas dapat kita simpulkan beberapa pelajaran yang sangat penting:

  1. Allah ta’aala itu dekat. Artinya jangan kira Allah ta’aala tidak melihat dan mengetahui segala apa yang berkecamuk di dalam diri kita. Termasuk segala kesulitan yang kita hadapi.
  2. Asalkan permohonan diajukan kepada Allah ta’aala, maka Allah ta’aala berjanji pasti akan mengabulkannya
  3. Agar lebih besar kemungkinan dikabulkannya, hendaklah kita penuhi segenap perintah Allah ta’aaladan tentunya tinggalkan segenap larangan-Nya
  4. Berimanlah kepada Allah ta’aala. Sebab Allah ta’aala memliki nama-nama yang baik (Asmaa-ul Husna). Allah ta’aala Dialah yang Maha Kaya, Maha Mendengar, Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maha Kuasa mengabulkan segenap doa hamba-hambaNya.[via]
Tentang iklan-iklan ini
Tulisan ini dipublikasikan di Tausiyah dan tag , , , . Tandai permalink.

159 Balasan ke Do’a Saat Bingung Mengatasi Hutang

  1. devry qisay berkata:

    ada tidak yg mau berbagi kebaikan…wlo hutang seleher…

  2. devry qisay berkata:

    aku jg tbelit hutang… usaha ku bangkrut.. istri lg hamil 7bulan… jujur saat ne aku ngetasa fakum… n sedih lelah n ktakutan…. namun aku telah berjanji…pd allah… jika suatu saat nnti. aku ada rejeki aku akan bayar… amin…n jg pd bank… krn aku sudah nnggak 8bulan ga bisa cicil….tp sampe skrg aku msih merasa kalud… wlo pihak bank tak begitu keras… gmn ne sobb…ada penglamn ga.. hub:081294757874

  3. ekoranger berkata:

    makasih infonya membantu :)
    heroesncharacter.wordpress.com

  4. budi berkata:

    ya allah tolong lah hambamu ini

  5. tia berkata:

    ya allah tolong lah hambamu ini
    berikan lah hamba jalan terbaik untuk melunasi hutang hutang hamba

  6. tia berkata:

    ya allah tolong lah hambamu ini.
    berikan lah hamba jalan terbaik untuk melunasi hutang hutang hamba

  7. ahmedtsar berkata:

    izin menyimak, makna do mengatasi hutang daleem. Di dalam doa, disarankan untuk usaha makanya ada doa dijaukan dari rasa malas. Nah baru dari usaha itu bisa membayar huta…

  8. Poenky berkata:

    Qobiltu, ijin menyimak dan mengamalkan

  9. arisudono berkata:

    sangat membantu sekali pak, saya jadi tambah pengetahuan

  10. EVA SILVANDA berkata:

    ya allah dengarkanlah ketakutan hambamu ini yang selalu dikejar kejar hutang,saudarapun tidak ada yang bisa menolong,hanya dgn uang 7 juta hamba bisa membayar hutang hutang kepada rentenir.anak2hamba terlantar,suamipun tidak tau kalau hamba punya hutang.kalut takut dan tidak bisa makan dan sering marah marah.ya allah adakah hamba2mu yang dpt menolong? hamba tidak tau mau mencari kemana rasanya ingi pergi dari rumah tapi hamba kasihan dgn anak2 hamba yang masih sekolah tolonglah hambamu ini YA ALLAH

  11. duririaucom berkata:

    Mantap ! bisnis apa ? dan berapa lama ?

  12. Zona Remaja berkata:

    Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
    … وَتَعَاوَنُواْ عَلَى الْبرِّ وَالتَّقْوَى وَلاَ تَعَاوَنُواْ عَلَى الإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ …
    “… (Dan) tolong-menolonglah kamu dalam mengerjakan kebaikan dan taqwa. Dan jangan kamu tolong-menolong dalam berbuat dosa dan maksiat (pelanggaran) …” (Q.S. Al-Ma’idah [5]: 2)

  13. Selamat siangKyai… saya sam , umur saya 22 tahun, saya sudah tidak mempunyai teman ki, kuliah saya ancur ki, saya punya usaha sekarang bangkrut karena saya ditipu abis2an kie, difitnah sama teman2 ki… Saya tidak tau mau minta tolong kepada siapa lagi.. Saya sudah ikhtiar dan do’a selalu.. Tapi belom mendapat jawaban,,, saya membutuhkan uang pinjaman sebesar 1 Milyar. Mohon sekiranya disini ada yang bersedia untuk memberikan pinjaman kepada saya, karena uang tsb akan di gunakan minggu ini..karena sampai hari minggu besok saya harus melunasi hutang saya ki, saya mohon ki, keluarga saya sudah angkat tangan, saya sudah tidak mempunyai uang lagi ki, saya prustasi ki, kemana-kemana saya belum mendapatkan uang kie.. saya mohon banget ki, saya bingung harus kemana lagi ki,,, mohon ki, saya mohon kie… ini email saya kie (tanahdanbangunan92@gmail.com)

  14. feizuldaanis berkata:

    doain kaya kalau lagi banyak utang

  15. Yoga berkata:

    Jika anda punya hutang diatas 100 jt. Hub.085810729991 Insya Allah ada solusinya

    • ARI GUTOMO berkata:

      saya mohon bantuan nya …. saya telpon atau sms ?

    • hari suryono berkata:

      Maaf,kalau boleh jujur,saat ini saya sedang mengalami terlilit hutang di bank sebesar 6 juta dan 19 juta.Masing-masing setiap bulannya saya harus mengangsur sebesar 520 ribu x 15 bulan dan 543 ribu x 35 bulan.dan ini masing-masing sudah terlambat dari jatuh tempo hingga 10 hari.Saya bingung dan takut karena saya saat ini belum sanggup untuk mengangsurnya,disisi lain istri says juga sedang mengandung 8 bulan.Sebentar lagi says juga butuh bisya untuk melahirksn istri saya.Saya harus gimana? Mohon petunjuk dsn bantuannya.Terima kasih.

  16. Didik Supriyanto berkata:

    Ya.. Allah ampuni segala dosa-dosa ku..
    saya terlilt hutang hingga hampir 200juta-an…. masya allah ….. kabulkan doa ku ya Allah semoga Engkau memberikan jalan yang terbaik untuk dapat melunasi hutang ku ini, dan jangan sampai aku berakhir di penjara gara2 hutang ya….rabb….kabulkan lah doaku ini…..semoga ada bantuan dari mu dari hamba2 mu….dan aku tidak akan menyerah…..tidak akan lari dari masalah…karena Engkau Maha Melihat, Maha Mendengar dan Maha Mengabulkan serta Maha Luas Rizqi Mu…Amien…

  17. Agus I Prawira berkata:

    Saya butuh penolong yang bisa penjami saya uang untuk membangun usaha kembali… saya usaha dibidang percetakan
    Agus I Prawira (081220881096

  18. Agus I Prawira berkata:

    Yaa Allah tolonglah hambamu yang lemah ini… bingung, sedih, takut, malu sekarang menjadi kebiasaan meski aku tahu itu tidak boleh terjadi….saya terlilit hutang ratusan juta pekerjaan gak punya usaha bangkrut…anak2 harus makan dan ga boleh gagal sekolah…semoga Engkau meluluskan doa2 kami ya Allah…dan semoga didatangkan hambamu yang berbaik hati untuk menolongku…Ammiiin…
    Agus I Prawira 081220881096

  19. e winita berkata:

    ya alloh hamba mohon janganlah hamba mati dalam keadaan berhutang tolonglah ya alloh hamba hambamu yang terlilit hutang bebaskanlah dari hutang hutang yang membelenggu sebab engkau adalah sebaik baik pelindung dan penolong hamba hambamu yang menderita kesulitan dihimpit hutang

  20. e winita berkata:

    Hutang menjadikan kita bingung dan sedih lemah dan malas dan kita terjebak menjadi kikir dan pengecut untuk itu bersabarlah insyaalloh alloh akan menolong kita

  21. futi heryati berkata:

    ya allah bantu hamba mu ini.aku sudah tidak sanggup menghadapi smua ini.berikan jalan untuk hamba mendapat kn uang untuk membayar hutang-hutang ini ya allah.siapapun yang ingin membantu ku tolong kirimkan ke no rek.0331701330 atas nama futi heryati.mohon bantuanya.hanya allah yg bisa membalas kebaikan anda.terimakasih sebnyk-bnyknya

  22. futi heryati berkata:

    saya sedang terlilit hutang.tolong bantu saya,siapapun hamba allah yg bisa membantu saya,saya ucapkan terimakasih yg sebesar-besarnya.saya butuh uang 20 jt utk melunai hutang saya

  23. sholikul anam berkata:

    maaf pak, nama saya sholikul anam , saya terlilit hutang sebesar 130 juta , ini akibat kecerobohan saya dalam berusaha , dan kini saya dalam pelarian di kalimantan, dengan meninggal anak dan istri saya , ekonomi saya hancur, hutang saya di sana sini, di beberapa bank dan 5 orang,,, istri saya belum mau saya ajak ke kalimantan ,,, setiap dengar tlp istri sya dia menangis , dan selalu didatangi penageh… sedangkan posisi saya di kalimantan masih terkatung katung ,,, mohon kiranya bapak / ibu sudi membantu kesulitan saya ini ..atas bantuan para dermawan disampaikan banyak terima kasih dan semoga dibalas oleh Alloh SWT dengan yg Sebaik baiknya ,,,, nama : sholikul anam, alamat tulungagung jawa timur indonesia, ini rekening saya bank mandiri rek. 1440012776321 a/n sholikul anam, berapapun bantuan anda semua sangat kami harapkan

  24. sholikul anam berkata:

    maaf pak, nama saya sholikul anam , saya terlilit hutang sebesar 130 juta , ini akibat kecerobohan saya dalam berusaha , dan kini saya dalam pelarian di kalimantan, dengan meninggalkn anak dan istri saya , ekonomi saya hancur, hutang saya di sana sini, di beberapa bank dan 5 orang,,, istri saya belum mau saya ajak ke kalimantan ,,, setiap dengar tlp istri sya dia menangis , dan selalu didatangi penageh… sedangkan posisi saya di kalimantan masih terkatung katung ,,, mohon kiranya bapak / ibu sudi membantu kesulitan saya ini ..atas bantuan para dermawan disampaikan banyak terima kasih dan semoga dibalas oleh Alloh SWT dengan yg Sebaik baiknya ,,,, nama : sholikul anam, alamat tulungagung jawa timur indonesia, ini rekening saya bank mandiri rek. 1440012776321 a/n sholikul anam, berapapun bantuan anda semua sangat kami harapkan

  25. barokah berkata:

    hidup bahagia hanya selalu mensyukuri nikmat alloh swt<<<buktikan saja pasti juoss

    • dewi berkata:

      saya udah buktiin, ternyata hutang sebesar 300 juta yg saya tanggung tidak seberat yang saya pikirkan. Percaya sama Allah dan hanya berharap PadaNya,semua akan dimudahkan OlahNya,Aamiin

      • totok berkata:

        assalamualaikum caranya gimana mohon solusi mas bro melunasi hurtang sy mempunyai hutang 190 juta. mohon petunjuk. terima kasih,

  26. santoso berkata:

    KAMI SIAP MEMBANTU ANDA DALAM MEMBERIKAN INFORMASI DAN PENGAJUAN PINJAMAN KREDIT PRA PENSIUN – MENJELANG PENSIUN UNTUK PEGAWAI NEGERI SIPIL / TNI / POLRI
    1. Tanggal pengajuan minimal 6 bulan akan pensiun.
    2. Kami terutama melayani wilayah jawa timur, untuk wilayah di luar jawa timur juga bisa dengan syarat tertentu.
    3. melampirkan foto kopi identitas yang masih berlaku
    4. melampirkan foto kopi surat keterangan efektif masa pensiun (bukan SK PENSIUN) yang ditanda tangani oleh kepala instansi / kesatuan unit kerja.
    5. untuk Tentara / polisi diutamakan punya jaminan BPKB / surat kepemilikan tanah.
    6. calon nasabah siap memberikan biaya transportasi untuk penjemputan dokumen.
    7. calon nasabah siap memberikan biaya jasa pelayanan yang disepakati setelah dana pinjaman cair.
    8. Kami juga melayani konsultasi kredit usaha jaminan SHM / akta tanah / akta jual beli.
    info hubungi : 085231026443 (diutamakan sms dulu).

  27. matt jago berkata:

    yaa allah………hanyaengkaulah yang sangat dekat dengan ku,,,aku mohon…kabulkan semua doa doa ku dan doa doa kawan kawan kami yang sedang mengalami hal yang sama dngan ku…aamiin

  28. muhammad syarif berkata:

    ya Allah..yang maha kaya dan maha pemberi rejeki, tolonglah saya… gerakkanlah hati saudara2ku yang berkelebihan harta agar ikhlas membantu dan menolong saya dari lilitan hutang-hutangku, ya… Allah, yang paling menakutkan saya adalah yang 3 juta, ya..Allah… aku sangat bingung, sedih dan sangat takut….., saya sudah berusaha menjual tanah kapling saya tapi belum laku juga…ya Allah.. tolonglah,… jika ada yang sempat membaca tulisanku sudilah kiranya membantu saya…., semoga Allah membalas segala amal kebaikannya…amin..
    Rek. BRI : 4968-01-003566-53-0
    telp: 082194524877

  29. ahmad berkata:

    Saya dahulu mempunyai hutang hampir 3 milyar ,dan dalam 10 bulan saya berhasil melunasi , ini untuk sharing aja , sesudah pusing meminta bantuan kesana dan kemari dan hanya bertambah beban dan kesesatan , pada saat saya menemui titik keputus asaan , saya bertemu seseorang (waktu itu saya selesai sholat dzhuhur dan bertemu beliau diluar masjid) yang menasehati dan ia berkata ” Bagaimana Allah akan mengabulkan doa dan melunaskan hutang kamu jika kamu dalam sholat tidak tahu sopan santun dan tidak pernah mengerti yang kamu ucapkan , sesungguhnya sholat itu doa , tidak tahukah kamu siapa yang kamu hadapi didalam sholat” singkatnya saya minta diajarkan kepada beliau sholat yang benar agar doa dan hutang saya lunas , Alhamdullilah Allah mengabulkan doa saya

    • hasnah lely berkata:

      tolonglah saya diberi caranya bagaimana lunasi hutang saya mengalami juga yang pernah bapak alami

      • ahmad berkata:

        Bismillah , perbanyaklah sholat dhuha dan sholat malam , didalam sholat kita harus mengerti arti bacaan sholat (Kebanyakan orang sholat tidak mengerti arti yg mereka baca didalam sholat) , sesungguhnya sholat itu berisi do’a , seandainya mereka mengerti apa yg mereka baca , dan didalam mengerjakan sholat membacanya menghayati dan tidak terburu2(berlakulah sopan ingat siapa yg engkau hadapi pada saat sholat ) niscaya tidak ada satu orang muslimpun yg kesusahan didunia ini , berdoalah dan mohonlah sesudah sholat dengan bahasa yg kamu mengerti , percayalah dan harus yakin tanpa keraguan sedikitpun bahwa Allah akan mengabulkan do’a kamu , berusahalah secara lahiriah dgn berdagang atau berwiraswasta seperti Rosul menganjurkan , Niscaya Allah akan memberi Kamu rejeki yg datangnya tidak disangka- sangka , Amin

        • nugroho berkata:

          bu bagaimana cara yang ditempuh? hutang saya sama 300jt. Mohon penjelasan ya bu agar bisa mengakhiri hidup saya yang menyesakkan ini.

    • usman berkata:

      Asslamu alaikum? Mas/pak/bang Akhmad, prkenalkan nama saya usman dari Brebes jawa Tengah, sblmy sy minta maaf karna saya tlh hadir tnpa Enkau harapkn, langsg saja sy ceritakan mslh sy,jujur sy sdh lama mghadapi mslah hutang yg sharusnya tdk sya tggung,singkaty sy kena tipu sama org, sya sbg penyalur dlm proses kerja,namun stelah sy uang berikan kpda pgurus/yg proses,uang trsebut di bawah kabur, sdgkan uang itu smuanya uang cln org2 yg mau bkrja, tp mereka prcya dgn sy dn myrahkn kbutuhnya d berikn sma sya, tapi,..YA ALLOH mas tolongin sya,sdgkn d dlm bln ini rumah ortu sya mau di sita

      • dewi berkata:

        cerita qt sama pak usman…..skrg saya juga harus menangung hutang 400jt karena dibawa lari saudara sendiri. Berusaha menerima keadaan dan saya berusaha tidak menyalahkan orang lain, saya percaya Allah pasti akan ngasih ‘sesuatu’ yg indah suatu hari nanti. Saling mendoakan aja ya pak….dan jangan lupa tetap berusaha….

  30. Make here is not only girl’s thing but boys are also largely dressed up. They mostly align up like masculine models from storehouse as well. It’s a serviceable turn|kind office|benefit} for a guy because they can have heaps of beautiful outfits and don’t be accused for that as they might have if they have life in some other countries. Whether they are big sunglasses, clear-leather shoes or fire-brand name bags, Hong Kong guys go for it all.

  31. herman berkata:

    Saya sudah tidak berdaya lagi dengan semua hutang2 yang saya beban rasanya saya ingin bunuh diri…
    bagi para sukarelawan yang ingin membantu saya:
    No Rek :0580231993
    Atas Nama:Hermansyah Putra

  32. Paling ngeri nih sama hutang, urusannya bisa sampai ke akherat …

  33. manusiaz berkata:

    berdoa dan berusaha ! itu lah yang bisa mengurangin hutang lagi pula jika berdoa saja itu kan gak cukup.-. ya masa ada uang turun drri langit pas kita berdoa? itu gak mungkin so jadi usaha :) juga

  34. Selai kacang berkata:

    jangan lah berhutang ya :D

  35. wawan berkata:

    sampai detik ini saya masih bisa bertahan dengan keadaan hutang saya…entah esok entah lusa…saya hanya bisa berharap tulisan ini melonggarkan napas dan pikirku yg terlalu sesak karna utang saya….

  36. Ya Allah tolong hamba tolong selamatkan hamba dari lilitan hutang ini ,aku takut ya Allah .

  37. aku bantu untuk yang punya hutang di blog ini, aku bantu dengan Al-fatihah.
    dan untuk yang lain mari kita berdoa agar mereka di beri jalan untuk kesulitannya atas Ijin Allah swt. Al-fatihah…

  38. dian tunggul santoso berkata:

    SAYA JUGA PUNYA UTANG 300JUTA LEBIH,TAPI MASIH ADA SISA MODAL USAHA
    KAYU SEHINGGA TIAP BULAN YANG SEHARUSNYA SAYA MENCICIL 11JUTAAN, TAPI
    CUMA BISA 5JUTAAN. SAYA KHAWATIR BEBERAPA MINGGU LAGI DITAGIH OLEH
    PEMILIK MODAL. SAYA PUNYA UTANG DI BANK JATIM, KPR-BTN, dan beberapa
    leasing. hal ini terjadi karena rekan kerja saya lalai sehingga modal
    50 juta saya dibawa lari orang katanya.
    MOHON BANTUANNYA. HP SAYA : 085231026443

  39. hamba allah berkata:

    ya allah, hambamu ini tidak berhenti beribadah dan memohon ampun tiap hari, bingung,stress, mikirin hutang, bekerja tiap hari tidak cukup untuk bayar bunga hutang, ya allah berilah baroqah dan petunjuk ke jalanMU ya allah, sebagai seorang ibu pekerja keras gak kenal waktu demi melunasi hutang karena tertipu dalam usaha, ya allah cobaanku begitu berat, hambaMU terpuruk, hidupkuk penuh hutang sebesar 65jt, ya allah semoga keluhan saya ini diberi kemudahanMU ya allah, saya tetap berusaha dan berdoa.semoga penderitaanku berakhir dengan indah,amien ya allah.

  40. Khoerudin berkata:

    Ya.. Allah ampuni segala dosa-dosa ku..
    saya terlilt hutang hingga 2.5 milyar sedangkan saya harus selalu membayar bunga setiap minggunya…. masya allah ….. kabulkan doa ku ya allah semoga engkau memberikan jalan yang terbaik untuk dapat melunasi hutang ku ini, dan jangan sampai aku berakhir di penjara gara2 hutang ya….rabb….
    kabulkan lah doaku ini…..
    semoga ada bantuan dari mu dari hamba2 mu….
    dan aku tidak akan menyerah…..
    tidak akan kabur dan lari dari masalah…..
    tidak akan lemah atau bunuh diri….
    karena engkau maha melihat, maha mendengar dan maha mengabulkan…
    aminnn…

    • ISMAIL berkata:

      sipp pak bos saya juga ada berutang 400jt saya pikir dunia sudah berakhir eh ternyata si bos lebih berat lagi sampe 2,5 M …itu menjadikan saya kuat kembali berarti masih banyak yang susah ketimbang saya semoga masalah bos cepet selsai amin inalilahi wainailaihi rojiun

      • khoerudin_se_mm@yahoo.com berkata:

        Amin…… semoga allah memberi jalan terbaik untuk menyelesaikan semua masalah hutang kita…

      • ryan berkata:

        memang di dunia gak ada yang terlepas sama hutang.. jika anda bersedia masalah hutang cepat hubungi 082230831921 dan jngan lupa sholat

      • dewi berkata:

        sama donk P. Ismail, Aq barusan juga kena tipu 600 jutaan n yg 300 tu punya rekanqu. Sekarang yg bisa kulakuin hanyalah menambah doaqu, tp dalam hati kecilqu uang itu akan kembali padaqu dalm waktu 1 bulan, semoga Allah mengabulkan doa kita smua, AMIEN…….

      • bm70com berkata:

        sama-sama punya hutang nih :-)
        yang penting tetap semangat,,,,,,,,,,,
        bukankah harta hanya titipan dan amanah

    • Akhmad omar berkata:

      bismillah,maaf mas saya ada cara yg insyaallah bisa bantu mas agar tidak terlilit hutang lagi.Sbnrnya saya mau menghubungi mas,tp gk tw jalur komunikasinya lewat mana????gini aja,saya tinggalkan email saya:arya.medianto@yahoo.com
      silakan konsultasi ke saya,lebih cepat lebih baik.wasalam.
      akhmad omar

    • ryan berkata:

      anda tidak perlu berdo di sini anda berdoa di masjid

    • ryan berkata:

      anda butuh dana jangan bingung hubungi 082230831921

      • nuke berkata:

        masih bisa akah peminjaman dana? apakah prosedurnya sulit?? hiks…saya butuh sekali untuk melunasi hutang…sekitar 15 juta…apakah mudah dan ada jaminan pinjaman? tolong balas yaa..terima kasih..

    • ryan berkata:

      amin memang jika punya masalah pasti akan gelibekan hbng;;082230831921

    • dudung berkata:

      Subhanallah , jangan khawatir mas Khoerudin , kondisi kita hampir sama ..Hutang saya skitar 1,8milyar . tpi sekarang tinggal setengahnya dalam waktu 6 bulan, semuanya Karena Allah memberikan jalan kembali . yg saya lakukan setelah saya bener2 Jatuh . hanya Terus Setiap Hari Tidak Meninnggalkan Shalat wajib , shalat sunat , shalat dhuha, shalat tahajud. dan Sedekah .., Dan Tidak Lari dari Semua yang orang2 yang saya hutangi. Tidak penah mengeluh Yakin Hutang saya akan segera selesai. Ini semua tidak sebanding dengan Dosa2 Saya di waktu Lampau . Kalo perlu Sharing email saya aja : karena saya tau dikondisi seperti kita teman komunikasi itu penting. Insya Allah

      • Santoso berkata:

        Salut, jika boleh berbagi saya minta ilmunya gan

      • arie berkata:

        mas dudung, saya py htg bank 800jt, udh jln 1,5 thn, msh ada 4,5thn lg, hlm og hutang usaha, klo d 5tl kan 1 m htg saya skg, sedih, stres, kehabisan fikiran sll melanda, sy akuii slm ne sholat dll lalai, tp skg sy brsh tdk mnglkan yg wjb dan sunnah, sedekah, tp sempat sy brfkr knp allah blm menjwb doa2 sy, mhn beri sy nasehat dan pglmnya biar lbh tng mas, trims y mas

      • Yoga Ismaya berkata:

        Mas Dudung bagi bagi ilmunya dong bagaimana mengatasi hutang yang banyak,saya punya hutang 60 juta yang harus segera dibayar pada bulan ini sedangkan saya tidak tahu darimana saya bisa memperoleh uang tersebut,karena gaji saya cuma Rp 2,5 juta sebulan dan mau pinjam di bank lagi tidak mungkin karena masih punya tanggungan pinjaman 300 juta.

      • arya berkata:

        Mas dudung,minta nmor hp atw emailnya mas,saya mw sharing mslh hutang

      • dewi berkata:

        Bs minta alamat email pak dudung kah

  41. dimas berkata:

    Kepada para dermawan yang berbahagia…..
    Saat ini saya sedang diberi ujian kesulitan ekonomi (hutang)….
    Bagi para dermawan yang murah hati, sudi kiranya menyisihkan sedikit rezekinya untuk membantu saya….berapapun nominalnya akan saya terima dan semoga ALLAH SWT melipatgandakan rezeki para dermawan sekalian……amin……
    Bank Mandiri : 1030016071983
    Hamba ALLAH……

  42. andi berkata:

    ya allah tolong hamba tolong lepaskan hamba dari lilitan hutang ini yg membuat saya bingung dan takut.saya rindu ibu.

  43. WIDODO KUSUMO ADMO berkata:

    Q HANYA INGIN HIDUP,,,,,,,,NYAMAN ,,,,,,,,,,TENTRAM,,,,,BAHAGIA

  44. wiwiek berkata:

    Baca

  45. subedjo berkata:

    Ya Allah tolonglah hamba-Mu……melalui Malaikat-Mu… atau lantaran Hamba-hamb-Mu yang sholeh…
    Hamba mempunyai hutang yang jumlahnya mencapai Rp. 100 jt
    Karuniakan kepada kami Yaa Allah… rejeki yang halal, dan barokah, sehingga hamba bisa terbebas dari ribba….amin Yaa Allah…..yaa robbal alamin

    • ryan berkata:

      jika anda butah dana pinjaman hubungi 082230831921 jika anda sudah sukses dan sudah kaya lagi jangan anda sombong. sesama manusia.

  46. alpas berkata:

    ya alloh…..yang maha kaya kabulkan lah doa-doa saya dan doa teman serta saudara saya yang seiman dan se islam .permudahkan lah dalam mengatasi permasalahan terjerat dan terlilit hutang nya cepat lah beri prtolongan untuk semuanya aminnnnnn……

  47. Iis berkata:

    Sy jg skrg sedng bingung…karena sedang telilit hutng kpd rentenir..mungkn bg sebagian org hutng sy kecil,tp buat sy sangat besar. Hutng sy 2jt..sedangkn stiap buln nya sy hrus membayar bunganya…tnpa pkok,karena sy lom punya uang…lebih…karena sy hnya sorng ibu rumhtngga biasa…sy meminjam uang kpd rentenir d karenakn sy.. Ntuk menutupi kbtuhn sehari hari….
    Sy skrg sangat bingung…stiap mlm sy shalat mlm…dan memohn sm alloh agar d berikn jln kluar….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s