Do’a Saat Bingung Mengatasi Hutang


image

Tidak seorangpun manusia yang suka terlilit hutang. Baik dia beriman maupun tidak. Sebab ketika terbebani hutang seseorang biasanya menjadi bingung dan kehabisan gairah beraktifitas. Kreatifitas diri dan dinamika menurun. Ia tenggelam dalam kesedihan dan perasaan tertekan memikirkan hutangnya yang belum sanggup ia lunasi.

Abu Said Al-Khudhri radhiyallahu ’anhu bertutur: “Pada suatu hari Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam masuk masjid. Tiba-tiba ada seorang sahabat bernama Abu Umamah radhiyallahu ’anhu sedang duduk di sana. Beliau bertanya: ”Wahai Abu Umamah, kenapa aku melihat kau sedang duduk di luar waktu sholat?” Ia menjawab: ”Aku bingung memikirkan hutangku, wahai Rasulullah.” Beliau bertanya: ”Maukah aku ajarkan kepadamu sebuah do’a yang apabila kau baca maka Allah ta’aala akan menghilangkan kebingunganmu dan melunasi hutangmu?” Ia menjawab: ”Tentu, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda, ”Jika kau berada di waktu pagi maupun sore hari, bacalah do’a:

image

”Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.”
Kata Abu Umamah: ”Setelah membaca do’a tersebut, Allah ta’aala berkenan menghilangkan kebingunganku dan membayarkan lunas hutangku.” (HR Abu Dawud 4/353)

Ada beberapa pelajaran yang bisa ditarik dari hadits di atas. Di antaranya ialah ternyata sahabat merupakan manusia biasa seperti kebanyakan manusia pada umumnya. Bilamana ia terlibat hutang maka ia menjadi bingung dan sedih. Hal ini jelas dinyatakan oleh Abu Umamah radhiyallahu ’anhu. Sahabat yang satu ini saking sedih dan bingungnya menghadapi lilitan hutang hingga kedapatan oleh Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam sedang berdiam diri di dalam masjid di luar jam biasanya seseorang berada di masjid.

Pelajaran lainnya ialah bahwa sahabat tatkala ditawari doa oleh Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam untuk menghilangkan kebingungan dan mengatasi beban hutangnya, maka tanpa ragu sedikitpun ia menyambut dan menerimanya. Bahkan dengan segera ia amalkan, sehingga dengan izin Allah subhaanahu wa ta’aala tak lama sesudah ia rajin berdoa, Allah subhaanahu wa ta’aala berkenan mengatasi problem hutangnya.

Tentunya sahabat Abu Umamah radhiyallahu ’anhu membaca doa bukan sekedar seperti orang bernyanyi tanpa memahami dan meyakini kekuatan doa tersebut. Di samping berdoa ia berusaha sekuat tenaga mengatasi apa-apa yang ia lontarkan dalam doanya. Ia berusaha mengatasi bingungnya, sedihnya, lemah dirinya, malasnya dan ketidakberdayaannya menghadapi kesewenang-wenangan manusia kepada dirinya. Demikianlah para sahabat radhiyallahu ’anhum. Mereka merupakan anak didik terbaik Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam sehingga mereka tidak pernah meragukan kekuatan doa. Barangkali jika di zaman sekarang ada orang yang datang kepada seseorang mengeluhkan problem hutangnya kemudian diberikan jalan keluar berupa doa kepada Allah subhaanahu wa ta’aala, ia akan marah dan merasa dipermainkan.

Artinya, jika kita sedang bingung lantaran problem hutang yang tidak kunjung terlunasi, maka hendaknya kitapun mengikuti jejak generasi terbaik para sahabat radhiyallahu ’anhum tersebut. Mereka sungguh telah menghayati kebenaran firman Allah ta’aala di dalam Kitab-Nya:

image

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo`a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS Al-Baqarah ayat 186)

Dari ayat di atas dapat kita simpulkan beberapa pelajaran yang sangat penting:

  1. Allah ta’aala itu dekat. Artinya jangan kira Allah ta’aala tidak melihat dan mengetahui segala apa yang berkecamuk di dalam diri kita. Termasuk segala kesulitan yang kita hadapi.
  2. Asalkan permohonan diajukan kepada Allah ta’aala, maka Allah ta’aala berjanji pasti akan mengabulkannya
  3. Agar lebih besar kemungkinan dikabulkannya, hendaklah kita penuhi segenap perintah Allah ta’aaladan tentunya tinggalkan segenap larangan-Nya
  4. Berimanlah kepada Allah ta’aala. Sebab Allah ta’aala memliki nama-nama yang baik (Asmaa-ul Husna). Allah ta’aala Dialah yang Maha Kaya, Maha Mendengar, Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maha Kuasa mengabulkan segenap doa hamba-hambaNya.[via]
Pos ini dipublikasikan di Tausiyah dan tag , , , . Tandai permalink.

196 Balasan ke Do’a Saat Bingung Mengatasi Hutang

  1. by arsyad berkata:

    Ya Allah adakah orang yg bisa membantu saya melunasi hutang saya sbnyk 10jt rupiah,mohon lha bantuanya 082272104868 saya tdk bohong memang demi Allah..

  2. phit berkata:

    assalamu’alaikum,mhon do’a dan bantuan smua ,hutang 1jt 500rb..hr snin sdah hrs lunas.krj gaji guru 70rb..smg scpatnya hutangku lunas,,
    brkah ramadhan ya Allah,,d tunjukkan situs ini..smg yg mau mmbantu tmbh berkah rizkinya..aamin
    BNI 0252183950..

  3. sri.sulistyo berkata:

    assalamualaikum,,bantulah hambamu y allah,,sy pnya hutang 10jt,,hari ini hrs dibyr,,,mohon bantuannya,,nti sy cicil tiap bulan,,,tlng bntulah saya,,saya sudah sngat bingung no hp sy 085786832556,,bntulah sy,

  4. Devi berkata:

    Ya Allah adakah orang yang mau menolong saya saat ini saya lagi banyak masalah keuangan dan hutang dimana mana ,Ya Allah berikan aku petunjukmu, saya minta bantuan ke dermawan yang ada kelebihan rezekinya, saya wirausaha roti dikantin, ingin meminjam uang, tolong trf ke rek saya BTN : 00314-01-50-000515-1 / Devi Permatasari semoga Allah membalasnya no,tlp 085217950695.Amien

  5. Heri berkata:

    Yaa Allah Yang Maha Pemberi Rezeki berikan kami rezeki yang melimpah dan berkah dari semua jalan yang Engkau Ridoi untuk melunasi hutang kami semuanya dan berbagi pada dunia dengan cara yang terbaik menurut kehendak-Mu..Saya berharap ada dermawan yang murah hati mau meminjamkan uang 10 juta kepada saya tuk membayar kontrakan dan menambah modal usaha.Insya allah akan saya bayar secepatnya. Saya sedang kepepet,Akhir bulan ini mau diusir dari kontrakan..
    No.Rek : 4053-01-007354-53-2
    Bank BRI a.n Heri Siswanto
    No.HP 0858-6275-4453

  6. majid berkata:

    semoga ada jalan juga buat masalahku..sendirian menghadapi hutang yg banyak ..amin

  7. arif berkata:

    Terbelit hutang 400 juta sudah jatuh tempo mohon bantuan dari para dermawan hub 085721782374

  8. Ramli berkata:

    Ya Alloh sy dillilit hutang bagi yang sudi menolong mhn bantuannya,,,ramli.saleh@rocketmail.com/085398050111

  9.   J_P.Lenders berkata:

    Halo Semua.

       Apakah ada yang membutuhkan pinjaman mendesak untuk alasan apapun sama sekali, jika ya, email kami di Via (j_p.lenders@outlook.com) untuk Info lebih lanjut tentang transaksi ini.

    Salam Hormat
      J_P.Lenders

  10. arif berkata:

    ya allah saya lage kebingungan melunasin hutang hamba sebesar 10jt,, dan hari ini 2jta harus dibayr,, dmana sya bisa dpat uang ya allah aplge sya tidak punyk rekning,,,,, mungkin ada yang mau ngsik pinjaman or memberi..
    datang kermah saya desa tokelan rt.03.rw.04 kec.panji.kab.situbondo.prov jawa timur,indonesia atau bisa hubungi 085399808807..
    ya allah berikan lah jalanmu

  11. slamet berkata:

    Ya Allah adakah orang yang mau menolong saya saat ini saya lagi banyak masalah keuangan dan hutang dimana mana ,Ya Allah berikan aku petunjukmu, saya minta bantuan ke dermawan yang ada kelebihan rezekinya ke rek saya bca 4940059351 semoga Allah membalasnya.Amien

  12. Uus Mulyadi S.IP berkata:

    Ya, Allah engkaulah yang Maha Pengasih dan Maha Mengetahui, bimbinglah aku kejalan yang Engkau ridhoi, selama ini aku bingung, gelisah dan bathinku tersiksa dengan lilitan hutang yang menumpuk, usahaku dilanda kebangkrutan padahal uang yang ku pinjam sebagian besar kugunakan untuk membantu orang yang dilanda kesusahan, jika seandainya pada waktu ini masih ada hambamu yang sholeh mau berbagi atau meminjam sebagian hartanya tanpa bunga dan durasi waktu, berilah dia keikhlasan dan Kepercayaan untuk membantuku ke no. Rek. BRI 4063-01-009354-53-1, YA, allah kabulkan do,aku ini dan berilah aku rizki yang halal, agar aku bisa membantu orang yang kesusahan dengan harta yang telah Kau titipkan padaku…. amin !”

  13. Ping balik: Dp Bbm Doa Seorang Istri | Kata Kata Terbaru 2015

  14. Sunardi berkata:

    Ya allah bila ada bapak/ibu dan saudara yang kelebihan rezekinya tolong tunjukanlah supaya mau bantu hambamu ini yang serba kekurangan ya allah mohon ampun ya allah berikanlah jalan keluarnya ya allah kalau memang ada yang mau bantu bapak/ibu dan sadaraku yang berlebih rezekinya bisa transfer langsung ke rekening saya BRI 5732-01-017517-53-9 atas nama SUNARDI terima kasih ya allah atas karunianmu Amiiiiiiin

  15. Sunardi berkata:

    Ya allah hambamu mohon bantuan dana ya allah sebesar Rp300jt ya allah guna untuk membayar hutang ya allah hambamu sudah tidak punya uang serupiahpun ya allah tolong hambamu ya allah yang dalam kebingungan ini ya allah hanya kepadamulah hambamu memohon ampunan dan berdoa ya allah jd lindungilah hambamu ini ya allah amiiiiiiiin

  16. Andi berkata:

    sy pengusaha bangkrut.kredit rumah sy nunggak,rumah mau di sita.istri sy minggu lalu sudah ninggalin sy.apa lagi sekarang anak sy yang paling kecil sedang sakit. sy bingung mau gimna lagi. Kiranya ada dari bapak/ibu saudara saudaraku yang berkelebihan mau menghibahkan sedikit rezekinya brapapun/seikhlasnya saja,sy sangat menghargainya makasih.

    Rek BRI: 7805 01 002051 53 5 a.n : ANDI ABDUL AZIS

  17. redhayuldewi berkata:

    inilah realita kehidupan yang harus kita jalani dengan intropeksi diri dan smakin dekat dengan allah dan mohon petunjuk kepadaNYA dan pasti ada jalan walaupun kita akan memulai dari nol,,,

  18. dion april berkata:

    Alhamdullilah…kalo hutang saya ada memang…tap ga banyak juga…
    Cuman masalahnya kami ada di rantau saat ini…cuman ngekost sekeluarga..saya,istri dan anak usia 3tahun…2 bln yg lalu km dtg ke kalimantan ini utk bekerja..tiba2 kami difitnah dan hrs berhenti bekerja…kami sekarang kehabisan uang utk makan dan beli susu anak kami…kemarin mau ada yg bantu dg satu syarat km sekeluarga diajak ke gereja…km tidak mau…tp km pertaruhkan sehari ini km blm makan kecuali indomie…
    Saat ini kami di palangkaraya…ga ada satupun sanak saudara disini…saya bingung…

  19. hambaAlloh berkata:

    Ya Alloh bebaskan saya dari lilitan hutang…

  20. sri nurhayati berkata:

    Mohon bantuan dari semua nya saya terlilit hutang 10 juta Karena saya di tipu akhir nya saya banyak hutang dan sata pun gali lobaang tutup lobang
    no hp 089662840149
    Rek hana bank 240121300058412

    • dewi berkata:

      bangkit bersama yuk…..qt saling memberi n menerima modal cuma 100rb aja, yg mw gabung silahkan sms/wa 085606778618

  21. alifhermawan berkata:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Salam Silaturrahim kami sampaikan semoga senantiasa dan selalu Bapak dalam rahmat dan lindungan Allah SWT.
    Perkenalkan nama Saya Alif Hermawan SAya tinggal di Pemalang. Saya hidup bersama istri ,Anak Usia 4 Bulan dan Ibunda tercinta.. dulu Kami sangat Bahagia saat Ayahnda Tercinta masih hidup… dan Sekarang sudah hampir 1000hari Ayahnda meninggal .. keluarga kecil kami dalam kesedihan.. saudara dekat yang saya kira bisa membantu .. ternyata tidak peduli dengan kehidupan keluarga kami. Sekarang Keluarga kecil Kami Sangat membutuhkan Bantuan Doa dan uluran tangan dari para Dermawan yang saya hormati. Keluarga Kami sedang mengalami masalah hutang piutang dengan Rentenir .. dari peminjaman awal 15.000.000 sampai sekarang berbunga menjadi 30.000.000. karena saya sendiri bekerja sebagai Karyawan Counter yang hanya di gaji 800.000/Bulan. dan Hanya bisa bayar Bunga dari hutang tersebut.
    Saya kasihan sama ibu Saya dan anak istri saya .. setiap Per 15Hari pasti di datangi Para Penagih/renternir … SAya Mohon para Dermawan yang baik hati mau membantu Keluarga saya.
    Semoga Bantuan dari anda akan Dibalas Tuhan dengan Berkali-lipat … dan Doa kami (saya,Istri dan Ibunda tercinta) selalu buat yang Sudah bantu keluarga saya.
    Salam Hormat dari keluarga Kecil Di Pemalang. tiada kata yang kami ucapkan selain Jaza Kumullah Khoiron Katsiroh.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
    No Hp: 0877-3712-6069
    Rek Bca : 1320381297 A/n Alif Hermawan.

  22. rasidi berkata:

    saya sedang terlilit hutang berkisaran 35jtan .. sudah saya montang manting k sana kemari tetep blm ktm titik yang jelas , yang mana bisa menyelesaikan semua hutangku..

  23. syafrial berkata:

    sedih.. tertekan.. kalud… tdk semangat…
    dll… lengkap deh….. sy pny hutang sekitar
    45jt… toko bangkrut… istiri lg hamil tua lg… saya skrg dtangerang…silahkn cek lgsung keaadan sy yg galaw ini… jika ada sobat3 ini yg pny peluang usaha bwt saya… hb081294757874.. trims…

  24. joni berkata:

    saya punya akibat menolong saudara

    • Uus Mulyadi S.IP berkata:

      Ya, Allah engkaulah yang Maha Pengasih dan Maha Mengetahui, bimbinglah aku kejalan yang Engkau ridhoi, selama ini aku bingung, gelisah dan bathinku tersiksa dengan lilitan hutang yang menumpuk, usahaku dilanda kebangkrutan padahal uang yang ku pinjam sebagian besar kugunakan untuk membantu orang yang dilanda kesusahan, jika seandainya pada waktu ini masih ada hambamu yang sholeh mau berbagi atau meminjam sebagian hartanya tanpa bunga dan durasi waktu, berilah dia keikhlasan dan Kepercayaan untuk membantuku ke no. Rek. BRI 4063-01-009354-53-1, YA, allah kabulkan do,aku ini dan berilah aku rizki yang halal, agar aku bisa membantu orang yang kesusahan dengan harta yang telah Kau titipkan padaku…. amin !”

      • odog samudro berkata:

        salam…perkenal kan sy odog samudra ingin berbagi solusi lunas hutang kepada saudara semua.insaallah bisa buat semangat bg saudara2 semua.
        solusi lunas hutang:NIAT,SEMANGAT,BERDO’A,dan di tambah dengan sodakoh insaallah utang cepat lunas,ingin tau tata cara y lebih khusus hugungi no sy 081239221745 insaalloh sy akan berbagi dngan ikhlas krna sy tau bagemana rasanya,sewaktu2 disaat sy ngak sibuk sy jawab konsultasi nya dengan senang ht dan sy kasih do’a lunas hutang yg insaallah relatif singkat.insaallah atas ijin allah.sblm tlfn sms dulu nama/alamat.tks

        • muhhadi berkata:

          Bismilahirohmanirohim..
          Allahuakbar,Allah maha besar maha segalanya.
          Ya Allah hambamu lagi di landa kesusahan,di landa kebingungan,kerja setiap hari hanya habis untuk makan hari hari,dan kebutuhan keluarga sehari hari.sedangkan hutangku 3 juta harus di lunasi sebelum lebaran ini,tolonglah hambamu yg sedang kesusahan ini,jika ada hambamu yg dermawan tolong tunjukan kepadaq,agar aku tidak terjepit dalam kesusahan berlarut larut ini.arahkan hambamu yg dermawan itu untuk berkenan membantuku dgn menghubungi n0m0rku ini=087 894 259 632,Ya Allah hanya padamu aq memohon,semoga engkau kabulkan doaq ini.Amiin…

        • muhhadi berkata:

          hutang 5 jt kerja tiap hari.tp gk cukup karena sbelum lebaran ini harus di lunasi.gelisah,susah bingung,setres,m0h0n bantuannya tlg hub= 087894259632

      • kanseros berkata:

        Sdr ku uus mulyadi..aku punya masalah yang sama dengan sdr.sampai saat kutulis disini aku belum dapat jalan keluar.tdk ada tempat megadu kecuali Allah..aku berdoa trus menerus..mlm ini adalah waktu terakhir bagi ku untuk menyelesaikan hutangku sebanyak 16 juta..aku hanya bisa pasrah..tidak tau apa yang akan terjadi besok..semoga Allah menolong ku malam ini..dan juga menolong sdr…amiin

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s