Aa Gym Tampil (kembali) di TV


Rasa-rasanya sudah lama sekali KH Abdullah Gymnastiar (Aa gym) tidak tampil di media publik (TV). Sejak keputusannya melakukan poligami, memang seolah media ‘mematikan’ beliau. Yang terdengar adalah isu dan kritik yang memojokan dan bahkan cenderung terlalu ‘over’ solah-olah Aa Gym telah Melakukan dosa besar di depan publik.

Pas barusan saya buka web Kick Andy ternyata nanti malam aa akan tampil di acara Kick Andi tepatnya hari ini Kamis tgl 6 Desember 2007 pukul 22.05.

Berikut bocoran ringkasan yang dipublikasikan Kickandy.com:

Ini penampilan pertama Abdulah Gymnastiar atau akrab dipanggil Aa Gym di sebuah talk show. Tidak mudah meyakinkan dai yang dikenal dengan lagunya ‘Jagalah Hati’ ini untuk tampil di Kick Andy. Pasalnya, selama ini dia merasa didzolimi oleh pers setelah berpoligami.

Image

Melalui berbagai pertimbangan, akhirnya Abdullah Gymnastiar menyatakan bersedia. Semua pertanyaan yang diajukan Andy Noya dijawabnya dengan terbuka. Mulai dari alasan mengapa sampai dia tega menyakiti hati istri dan keluarga dengan kawin lagi, bagaimana perasaannya ‘ditinggal’ oleh para pengagumnya, sampai isu bisnisnya hancur setelah berpoligami.

”Ini cobaan yang berat dalam hidup saya. Tapi dalam perjalanan waktu ke depan saya yakin ada hikmah yang dapat dipetik,” ujarnya.

Dengan suara bergetar Aa Gym mengungkap perasaan yang harus dipendamnya selama beberapa tahun terakhir ini. Pria yang bertutur lembut ini mengaku beberapa tahun terakhir hidupnya tidak bahagia. Dia merasa kehidupannya bagaikan sebuah mesin yang sedang berjalan dan tidak bisa dihentikan. ”Saya begitu sibuk. Dari satu acara ke acara lain. Dari satu daerah ke daerah lain. Bahkan untuk mengejar waktu, saya sering naik helikopter atau pesawat khusus. Saya tidak punya waktu lagi untuk urusan pribadi,” ungkap ayah tujuh anak ini.

Bahkan untuk bertemu dengan kedua orangtua yang dia cintai pun tidak pernah dapat terlaksana. ”Saya rindu dan ingin bertemu orangtua tapi jadwal begitu padat. Saya sudah menyadari ada yang salah dengan kondisi ini. Saya jadi jarang bertemu dengan istri dan anak-anak. Tapi saya tidak berdaya. Saya tidak bisa menghentikan mesin ini.”

Maka, ketika pria 45 tahun ini memutuskan untuk menikah lagi, dan akibat keputusannya itu dia ditinggalkan oleh sebagian besar ‘umatnya’, Aa Gym mengaku semua itu merupakan kehendak Allah untuk menghentikan mesin kehidupannya yang berputar telalu cepat.

”Ini cara Tuhan agar saya mempunyai waktu untuk lebih memperhatian keluarga. Ini cara yang halal, yang diijinkan oleh agama,” ujarnya masih dengan suara bergetar.

Mengenai bisnisnya yang terganggu akibat banyak pengagumnya yang menarik diri setelah dia menikah lagi, Aa Gym juga mensyukuri dan mengambil hikmahnya. ”Sejak awal saya juga merasakan semua kegiatan bisnis yang bertumpu pada pengultusan individu tidak akan sehat dan tidak akan bertahan lama,” ujarnya.

Dengan kondisi tersebut, secara alamiah bisnis yang dipimpinnya di, bawah payung Manajemen Qolbu Corporation, tersaring secara alamiah. ”Unit bisnis yang mengandalkan saya sebagai pribadi, terpaksa tutup. Tapi bisnis lain yang dikelola secara profesional, sampai sekarang tetap bertahan.”

Aa Gym tetap pada pendiriannya bahwa berpoligami adalah keputusan yang tidak menyalahi agama dan prinsip hidupnya. ”Kita bisa lihat di sekeling kita, masih ada yang memilih jalan yang dilarang agama. Apa yang saya lakukan tidak menyalahi agama.”

Pada bagian kisah tentang adiknya yang lumpuh dan kemudian meninggal, pria yang gemar berolahraga petualangan ini tidak kuasa membendung tangisnya. Kepada Andy Noya dan penonton di studio, Aa Gym mengakui adiknya yang cacat itu merupakan sumber inspirasinya dan menjadikan dirinya seperti sekarang ini.

Adiknya yang sudah lumpuh waktu itu tetap bertekad melanjutkan kuliah ke fakultas ekonomi Universitas Indonesia. Padahal untuk ke kuliah dan beraktivitas, Agung, sang adik, harus dibopong. Aa Gym sebagai kakak termasuk yang paling sering membopong adiknya ke tempat kuliah.

Suatu hari, Aa Gym tak kuasa untuk melemparkan pertanyaan kepada Agung. ”Dik, kata dokter sakitmu sudah parah sekali. Tapi adik kok tidak pernah mengeluh?” Sang adik tersenyum lalu menjawab, ”Untuk apa mengeluh? Mengeluh akan membuat orang lain susah. Kalau orang-orang beramal untuk bekal di surga nanti, saya ingin agar kesabaran saya ini bisa menjadi bekal nanti.”

Mendengar jawaban itu Aa Gym tersadar. Betapa mulianya hati sang adik. Bahkan Agung pernah mengatakan apa pun yang dilakukan Aa Gym tidak akan sempurna jika tidak mengikuti jejak Nabi Muhammad. ”Itulah titik balik dalam kehidupan saya sehingga saya bisa seperti sekarang ini,” ungkapnya.

Di Kick Andy pimpinan Pesantren Daarut Tauhid ini juga bercerita tentang kenapa dia kerap memakai sorban, bagaimana ketika di SD dia terpaksa jualan jambu milik tetangga, dan bagaimana saat mahasiswa dia harus mencari uang dengan menjadi supir angkot. Termasuk bagaimana dia menghidupi keluarga dengan jualan bakso. ”Subuh-subuh saya sudah ke pasar beli tulang sumsum untuk kuah bakso.” Tapi mengapa sang istri waktu itu terganggu dengan profesi sang suami? ”Karena setiap hari jualan bakso, badan saya bau bakso semua. Istri gak tahan dan sering mau muntah,” ujar Aa sembari tertawa.

Banyak kisah suka dan duka dalam perjalanan hidupnya yang dia ungkapkan di Kick Andy. Aa Gym juga menjawab semua tudingan terhadapnya. Sebuah wawancara tanpa batas dengan sang tokoh. Di ujung acara, Aa Gym dipertemukan dengan ‘Aa Jimmy’, yang selalu menirukan Aa Gym di News. Com. Apa yang terjadi? Marahkah Aa Gym?

Komentar saya:

Nunggu mau nonton dulu yah!

Iklan

20 pemikiran pada “Aa Gym Tampil (kembali) di TV

  1. tidak ada manusia yang sempurna apapun gelarnya dan titelnya kalo kita selalu liat kesalahan orang hidup kita takan pernah benar-benar, ambil yang benarnya dan buang yang salahnya aa gym juga manusia coy bukan malaikat

    Suka

  2. masalah poligami adalah masalah takdir Allh, jadi walaupun laki-laki ingin poligami jika tidak ditakdirkan Allah dia takan berpoligami sebaliknya walaupun tidak mau kalu sudah ditakdirkan Allah pasti dia berpoligami, ingatlah zat Allah dan keimanan tidak bisa dicari lewat akal karena bersifat gaib, oleh karena itu imanilah ayat poligami dengan hati jangan di otak atik dengan akal, saya bangga dan mendoakan pada istri-istri aa gym mereka adalah wanita yang luar biasa bisa iklas memnerima takdir allah, mereka adalah istri-istri pilihan Allah, semoga Allah memnetapkan keimanan dan ketaqwaan serta meninggikan derajat mereka sehingga mendapatkan keridoan dan kasih sayangnnya Allah diatas surga nanti, poligami adalah halal menurut Allah mengharamkan atau menentangnya berarti menentang Allah, karena Allah lebih tahu daripada kita ingatlah diakhir zaman wanita akan lebih banyak dari pada laki-laki, terus mereka mau menikah dengan siapa klau gak dipoligami ma laki-laki, mau berjinah? nauzubillah minzalik, kenapa orang berjinah, pejabat selingkuh dan berjinah, tokoh berbuat mesum dan banyak gundiknya tidak di besar-besarkan, masalahnya kok ya ini aa gym di tuduh yang bukan-bukan berbuat jahat tidak, berbuat kriminal tidak, menikah lagi bukan berjinah dan bukan selingkuh eh di tuduh dan dijelek-jelekan, ia juga warga negara republik indonesia yang baik, dasar orang indonesia kesalahan orang mulu dicari-cari, berpikirlah positif biar hidup jadi positif, hanya wanita yang memiliki keimanan yang tinggi yang mau dipoligami jadi saya yakin mereka adalah pilihan Allah.

    Suka

  3. Poligaminya tidak salah

    yang salah kebohongannya waktu beliau berbicara “bahwa dia tidak akan mungkin poligami” di hadapan istrinya, dihadapan umatnya, makanya dia ditinggalkan orang. (USTAD KOK BERBOHONG).

    Suka

  4. Bgiku aa adlh guru yg trbaik diantara yg trbaik.Poligami?Tdk da yg slh?knp hrs ribut ngurusi org lain sdgkn qt u/ngurus diri ja babak belur.Sy slh 1 santri DT,SSG 9 & pelatih SSG DT 4 angktn,guruku memang hbt 1 istri sukses jd kluarg yg sknh,mwdh,wrhmh.Saat aa pnya 2 istri sy bngga dg aa krn brni mngmbl kptsn yg tdk mudah&tdk smua org brni,smg 2 istri aa tmbh bijak,o/4JJI dglongkn hmba yg mulia krn ksbrnny,buktikn bhwa aa mnjd tauldn bg kmi,2 istripun aa bs sukses,tetap smngt tiada ksetiaan tanpa ksetian.Ws mpey

    Suka

  5. ass.a apapun yang terjadi pada aa, tapi antum adalah sosok manusia yng sangat ana kagumi sangat tidak masuk akal dan betapa bodohnya seseorang yang selalu mengatakan kejelekan aa.

    Poligami itu saya rasa hal yang wajar tak ada salahnya,apa sh yang salah dengan poligami?

    aa tetap sabar ya a ana selalu menunggu dakwah2 selanjutnya dari aa

    semua tutur kata aa selalu membuat a tersenyum bangga dengan hidup ini,sabar ya a

    Suka

  6. a apapun yang terjadi pada aa, tapi antum adalah sosok manusia yn sangat ana kagumi sangat tidak masuk akal dan betapa bodohna seseorang yang selalu mengatakan kejelekan aa.

    Poligami itu saya rasa hal yang wajar tak ada salahnya,apa sh yang salah dengan poligami?

    aa tetap sabar ya a ana selalu menunggu dakwah2 selanjutnya dari aa

    semua tutur kata aa selalu membuat a tersenyum bangga dengan hidup ini,sabar ya a

    Suka

  7. Sekedar tanggapan aja neh buat pak progoharbowo, jangan salah sangka dulu pak, mungkin aja Aa Gym lagi sibuk kali..rasanya ga mungkin belio tega ato ga menghargai panitia. setau saya Aa tu orangnya sangat santun dan menghargai orang lain….jadi jangan Su’udzon ya pak….buat Aa tetap tegar..
    Wakuli’malu fasayarallahu amalkum warsuluhu wal mu’minun….serahkan semuanya pada Allah yang akan menilai hasil kerja kita….

    Suka

  8. jangan menyerah aa gym terus maju pantang mundur, nikah itu halal hanya orang yang syirik yang menganggap aagym itu salah

    Suka

  9. saya pernah bertemu AAgym sekitar 3 atau 4 bulan lalu karena ingin mengajak beliau berdakwah di tempat kerja.

    Namun AA gym menurut saya sangat tidak profesional, karena :
    1. Tidak berkomunikasi secara baik dengan panitia untuk efektivitas kegiatan.
    2. Kurang menghargai panitia, karena sama sekali tidak mau menyediakan waktu bersilaturahmi dengan panitia dan jajaran manajemen.

    Kita sempat terheran-heran tapi mencoba memaklumi “kebesaran nama” AA gym. Namun dibalik itu kita menyimpan pertanyaan apakah AA akan kembali dicintai ummatnya atau malah ditinggalkan ?

    Suka

  10. Mudah-mudahan Allah SWT memberikan kekuatan kpd Aa Gym untuk tetap berdakwah dan meyakinkan kepada Umat bahwa Poligami dengan dasar yang tepat itu bukanlah suatu hal yang harus kita pertentangkan.

    Suka

  11. Siapapun, yang menyakiti perempuan, dan dholim pada perempuan, akan menuai akibatnya…, semoga kebaikan diberikan kepada orang yang sabar dan iklas semata-mata karena alloh SWT

    Suka

  12. Betapa menyesalnya diriku malam nggak nonton! karena malam nginep dirumah teman…padahal pengen nonton banget
    AA Gym, saya pengen ke Darut Tauhid lagi n pengen ketemu langsung dan bersilaturahim lagi waktu study tour sma

    Suka

  13. Ass,semalam agus juga nonton bahkan ngajak teman-2 untuk nontbers tapi menurut agus apa yang dialami aa’ itu cuma sebagian drama kehidupan. Untuk aa’ jgn stop berdakwah, Agus kangen dgn cara dakwah aa’ yang unik.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s