Dari Mana Datangnya Lautan?


Image

Permukaan bumi sebagian besar tertutup oleh lautan. Penelitian baru menduga, laut datang dari luar bumi. Ilmuwan sejak lama telah memperkirakan, bumi dan planet tetangganya saat awal terbentuknya mengalami puluhan ribu tabrakan benda angkasa. Adanya jurang di bulan menunjukkan hujan komet itu.

Studi terbaru mendapati, komet adalah yang membawa lautan ke bumi sekitar 3,85 miliar tahun lalu.

Kesimpulan itu berdasarkan tingkatan logam yang ada di bebatuan bumi kuno yang dilakukan tim dipimpin oleh Uffe Jorgensen dari Niels Bohr Institute di Denmark.

“Apakah bumi telah memiliki lautan sebelum hujan komet menjadi perdebatan sengit,” kata Jorgensen.

Beberapa pakar mengatakan sudah tersedia cukup air saat bumi terbentuk. Namun sebagian ilmuwan lain menyatakan panas pada planet muda akan menguapkan semua air yang ada.

Tim yang dipimpin Jorgensen menyimpulkan bumi muda terlalu panas untuk mempertahankan air yang ada. Namun di masa hujan komet, suhu bumi menjadi turun dan air yang meleleh dari komet menjadi lautan pertama.

“Kita mungkin merasakan rasa bekas komet itu tiap kali minum air,” kata peneliti studi yang akan dipublikasikan di journal Icarus.

Jorgensen dan koleganya mencapai kesimpulan itu dengan mengukur tingkat iridium di pegunungan Greenland. Bebatuan itu merupakan salah satu yang tertua di dunia dari masa hujan komet. [via]

Iklan

7 pemikiran pada “Dari Mana Datangnya Lautan?

  1. gw akan lebih percaya kalo seandainya Tuhan cipta’in laut dari air minum yg tumpah dari cangkir, dari pada penelitian orang yg dibilang profesor bin jenius tp bertentangan dengan agama. anak teori darwin sih mereka..

    Suka

    • Gak ngebayangin kalo 200 juta penduduk Indonesia punya pemikiran kayak kamu. Kapan majunya?? Pernah engga sih kalo kamu mikir jika benar bahwa air lautan emang berasal dari komet yang “dikirimkan” Tuhan ke bumi?? Tuhan punya segala macam cara bro!! Termasuk cara yang mungkin sulit diterima otakmu yang sebesar butiran jagung itu! Dasar picik!

      Suka

  2. Ping balik: Mobile Web Browsers Terbaik | Update Blog Terbaru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s