Bagaimana Tinjauan Masalah “Aktifasi Otak Tengah” menurut Syariat Islam?


image

Akhir-akhir ini banyak dibicarakan munculnya metode ‘Aktifasi Otak Tengah’. Metode ini mengklaim mampu meningkatkan kemampuan anak setelah otak tengahnya diaktifasi. Menurut situs otaktengah.com, seorang anak yang sudah diaktifasi otak tengahnya mampu ‘melihat’ dengan mata ditutup, misalnya dapat menebak angka-angka di kartu bridge, berjalan dengan melewati rintangan, ataupun dapat mengenali ayahnya diantara kerumunan orang-tua lainnya, tanpa menyentuh dan mendengar suaranya.

Sungguh luar biasa memang. Suatu kemampuan yang tidak dimiliki oleh manusia normal. Apalagi kemampuan seperti itu bisa didapat hanya dengan 2 hari.

Sebagai seorang muslim, saya berfikir, apakah metode semacam itu sesuai atau bertentangan dengan Syariat Islam? Jujur saya belum tahu dengan detail bagaimana metode ini dijalankan kecuali hanya membaca dari literatur yang beredar di internet dan pengalaman teman saya yang sudah melihat langsung metode ini dan menerapkan untuk anaknya. Dan saya juga bukan seorang yang memiliki kapasitas ilmu agama  yang bisa menetapkan suatu perbuatan itu sesuai atau bertentangan dengan syariat.

Namun sebagai orang awam, kadang saya khawatir hal ini menyalahi syariat. Sikap kehati-hatian tentunya harus selalu kita miliki, jangan sampai kita melihat kelebihan tanpa melihat efek samping yang mungkin terjadi. Dan saya khawatir lagi efek samping justru terjadi di kemudian hari. Apalagi ini menyangkut anak kita.

Artikel ini bukan untuk menguraikan “Aktifasi Otak tengah menurut Syariat Islam” karena saya bukan ahli dan tidak memiliki hak untuk itu. Tapi sesuai judulnya ini adalah pertanyaan pribadi dan mungkin pertanyaan banyak orang yang menunggu jawaban dari ahlinya. Sehingga bagi mereka yang memiliki kapabilitas ilmu dalam masalah ini silakan share melalui komentar di bawah? Atau bagi yang mempunyai rujukan link ke web lain yang membahas ini silakan berbagi. Wallahu ‘Alam

Iklan

203 pemikiran pada “Bagaimana Tinjauan Masalah “Aktifasi Otak Tengah” menurut Syariat Islam?

  1. bagi yang ber agama islam sudah dilatih dari awal untuk melatih antara otak kiri ,otak kanan dan otak tengah jadi kita jangan sibuk untuk melatih ini dan itu

    Suka

  2. saya hanya punya sebuah analogi sederhana,”meiliki hidung mancung itu bagus, namun hidung pesek juga bagus. segala sesuatu yg diberikan kepada kita sudah terukur & proporsional. yang akan jadi masalah saat kita memanipulasinya sedang kita tudak tahu apa itu sesuai untuk kita”.

    Suka

  3. Aktivasi hanyalah istilah marketing, kalaupun tetap ingin menggunakan kata aktivasi dipersilahkan saya lebih suka kata stimulasi, karena sebenarnya aktivasi yang dilakukan hanya memperdengarkan suara gelombang tertentu yang telah diramu sedemikian rupa untuk menstimulasi neuron2 yang ada pada batangotak yang berhubungan/dekat dengan telinga, dan sebenarnya tidak ada batasan umur untuk stimulasi, hanyasaja bisa kita ibaratkan seperti makan cabai, saat masih usia muda 5-15th makan bakwan pakai 1 cabe sudah cukup kepedasan semakin beranjak tua makan bakwan 1 bisa pakai cabe 3-4. jika ingin gratis atau murah bisa coba hubungi saya. trims

    Suka

  4. Yg mo ngikuti anaknya AOT, ya monggo…
    Yg ndak berkenan, jg g da yg nglarang
    Btwy, perlu menjadi catatan penting : bahwa ortu yang mengikutkan anaknya untuk AOTsudah puasti menginginkan hal yang terbaik u/ anaknya, palagi sampe harus mengorbankan duit segitu banyaknya. Mereka rela kehilangan uang yg g sedikit jumlahnya, demi anaknya.
    Kembali kepada AOT dipandang dari syariat Islam, keberadaan ortu2 yg anaknya diikutkan AOT adalah merupakan cerminan manusia yang berusaha dan bertawakal. Berusaha berbuat yg terbaik untuk anaknya, n selanjutnya …..serahkan segalanya kepada Allah SWT. IsyaAllah, biarlah Allah yang mengatur segalanya. Cz sesungguhnya Allah Maha Mengetahui

    Suka

    • Betul…setiap orang harusnya berusaha dan berdo’a…bagi orang tua ingin mengikutkan putera-puterinya dalam AOT silahkan saja….kalo kita tidak yakin akan hasil dari AOT kita tidak perlu mencoba atau ikut…tidak perlu berburuk sangka atau membuat opini…dulu saat galileo menyatakan bumi itu bulat mendapat penentangan yang keras karena belum terbukti…bahkan dia harus menghadapi hukuman…tapi waktu juga yang menunjukkan…

      Suka

  5. aktivasi otak tengah masih kontroversi. Ada yg pro dan banyak juga yg kontra. Di posisi manapun kita seharusnya apa2 yg telah kita lakukan kita sandarkan pada Allah. Tp sebelum qta melakukan sesuatu, sudah seharusnya qta tau ilmunya, karena itu mencari ilmu adalah kewajiban qta sampai ajal tiba

    Suka

  6. Salam.
    Sahabat sahabat, ndak usah pikir panjang tentang “aktivasi otak tengah”
    pelajari saja hadis/riwayat Nabi Muhammad SAW.
    Diluar hal hal yang mukzizat bagi Beliau.
    Semuanya Beliau pelajari setahap demi setahap dan dalam waktu yang
    normal/tidak instant.
    Dari kecl Beliau sdh belajar berbisnis.
    Dari kecil Beliau sdh belajar jadi manusia Mulia.
    Dari awal Beliau disiapkan menjadi Rosul yang sangat manusiawi,
    agar secara manusiawi juga kita berusaha menirunya.
    Dalam hidup tdk ada yang instant.
    kalau bisa membaca dgn mata ditutup dibilang hebat.
    Apakah Nabi Muhammad SAW bukan manusia hebat, karena Beliau tdk
    bisa membaca?.

    Wasallam.

    Suka

    • Assalamualaikum wr.wb

      Maaf, saya ingin sedikit berkomentar tentang pengertian “membaca”. Kalau anda mengatakan bahwa nabi Muhammad tidak bisa membaca secara “harfiah”, itu benar. Tapi pengertian membaca itu tidaklah sedangkal itu.
      Nabi Muhammad itu justru merupakan orang yang paling pandai dalam “membaca”;membaca segala kejadian. Sedangkan kebanyakan dari kita hanya pandai membaca secara harfiah saja.

      Suka

  7. Hati2 adalah cara yg bijak dalam mengambil keputusan, cari dulu informasi sebanyak2nya, jangan asal ikut2an.
    Alhamdulillah…segala puji milik Allah, anak saya ke 2 yg umurnya baru 7th, tanpa ikut program AOT-pun sudah khatam Alqu’an(membaca), dan untuk hafalannya insyaAllah hampir 1 juz (juz 30 ).
    Saat ini sptnya…banyak orang yg tidak menghargai proses….hanya berorientasi pada hasil….?????

    Suka

  8. Ikutan ah..

    Gimana kalo AOT ini kita anggap sebagai penemuan sebuah korek api.
    Kalo korek itu kita pakai untuk memasak makanan, menyalakan obor untuk penerangan, insya Alloh korek itu akan membawa manfaat buat kita.
    Tapi kalo korek itu kita buat bakar ruko, bakar SPBU, maka insya Alloh korek tersebut akan membawa bencana.

    Nah tinggal kita mau pake korek itu buat apa???

    Suka

  9. kenapa ce kok pada masalahin aot?selama saya ikut aot gak ada tuh yang menyimpang dari syariat,kita hanya hanya membantu mengaktifannya aja,kalo suka monngo,kalo gak suka ya itu terserah anda,
    kenapa mahal?ya karena kita harus bayar royalti bagi yang menyiptakan soft ware audio visualnya.
    bagi yg gk suka mhon di teliti dulu secara bijak kenapa kok gak suka?

    Suka

  10. q alumni aktifasi otak tengah and manfaatnya btl2 daaaaaaaahsyaaaaat…………… trs maju…………. dlm berda*wah. perbuaatan baik wajib ada setannya, anggap yg tdk setuju adalah setaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan…..

    Suka

  11. AKTIFASI OTAK TENGAH ,CUKUP DALAM 5 MENIT !!!
    BERGARANSI !!
    UNTUK ANAK USIA 5-15 TH
    PINGIN BUKTINYA SILAHKAN KONTAK WAHYU 081234582004 ATAU DATANG LANGSUNG DI MANTAB.JL.SEMERU RUKO PASAR BURUNG (PASAR PATOK LAMA LUMAJANG)
    DIJAMIN DAN BUKTIKAN SENDIRI

    Suka

  12. Kenapa harus Sibuk berdebat…hanya soal aktifasi otak.

    Zikir saja dengan Bacaan dan Lafal yang benar, otak tengah itu akan aktif sendiri.

    Maaf saya bukan Ahli Zikir tapi Hal itu pernah saya terapkan dan Insya Allah berhasil..
    Setiap Bacaan Zikir Ada Cara tertentu di Tarikan Nafas, mana yang di Hidung, Perut,Pusar,tenggorokan , kalau Lapas itu benar Coba sendiri gimana rasanya pada kepala… ( Coba sendiri )..
    ini hanya cara untuk belajar sendiri…

    Energi Apapun namanya ada dalam diri Manusia tinggal Manusia itu tahu atau Tidak kalau energi itu Ada…

    Sekali lagi Mohon Maaf. Pendapat ini hanya pengalaman pribadi

    Suka

    • asskum, pak bisa minta cara dzikir dan lafal yang benar (Tarikan Nafas, mana yang di Hidung, Perut,Pusar,tenggorokan ).
      terima kasih banyak dan saya tunggu jawaban bapak segera.
      wass

      Suka

    • OALAAH, WONG2 DO PIYE IKI ? NEK DIJAK MAJU KOK YO ANGEL MEN REK.
      WONG LIYO WIS DO MLAYU ADOH, AWAKE DEWE ESIH RIBUT WAE KOYO NGONO MBOK AYOH DI DIJAJAL NDIMIK NGONO LHO KANG !

      Suka

  13. Jika ini sdh terbukti… seharusnya jika ingin melihat bangsa ini maju… yah.. aktifasi otak ini masuk dalam satu kegiatan di tingkat SD kelas 1… Usulkan ke Mendiknas biar bisa masuk dalam kurikulum SD…

    Saya hanya ingin melihat bangsa ini maju dengan peradabannya…

    Kalo Anda seorang praktisi aktivasi otak… lakukanlah kegiatan itu free buat anak2 bangsa…

    Ajarkan metode itu ke semua Guru di Indonesia sampai mereka jg bisa melakukan aktivasi otak tengah… sehingga nantinya kita akan melihat generasi2 cerdas yang akan membangun peradaban Indonesia…

    Setuju???????

    Suka

    • aku setuju dengan ide sampaean dan saya juga program aktivasi otak tengah dengan 30 menit dengan biaya Rp.2.5 jt bisa kembali jika anak gagal di coba dan wajib di dampingi orang tua kalau ada yg minat daftar hubungi saya 087859778648

      Suka

  14. Emang benar kalo hal yg baru akan byk yg curiga…aku sebernya tertarik utk ikutkan anak sy di gmc. Tp waktu ku ty harganya 4 jt. Pertanyaanku; apakah harga itu memungkinkan naik atau bs turun ?

    Suka

  15. mohon di jelaskan rincian tentang otak menurut islam coz saya dapat tugas tersebut dan saya bingung bagaimana cara menerangkannya menurut islam

    Suka

  16. wah rame banget ngomongin tentang otak tengah…menurut saya ada yang lebih syariah untuk mengaktifkan otak tengah tidak pake biaya yang mahal dan banyak contoh yg super jenius dari aktivasi otak tersebut namanya MAQ kecerdasan itu ada IQ,EQ,SQ dam MAQ otak tengah itu bagian dari EQ ( Emotional Question ) kecerdasan emosi..kecerdasan yg lebih tinggi adalah MAQ ( Makrifatul Question ) gabungan antara IQ,EQ dan SQ melahirkan MAQ cara mengaktifkannya dengan cara mengingat Allah ( Zikir ) coba cari buku dg judul QUANTUM DZIKIR.

    Suka

    • Untuk rekan2 team dr Otak Tengah & Quantum Dzikir, luruskan niat , tetap berbuat untuk kepentingan kemajuan ummat Islam. Yang masih menjadi ganjalan hati saya hanyalah haruskah untuk kemashlahatan ummat itu dengan birokrasi dan biaya yang sangat fantastis, sehingga kesan bisnisnya lebih kental?

      Suka

      • knp kok mahal?
        1.sewa gedung
        2.properti kayakkaos tas dll
        3.sewa sound system
        4.catering
        5.bayar royalti soft ware
        dan itu semua gak murah,seandainya ada yang bisa menyediakan semua itu mungkin kami bisa menurunkan harga lebih murah lagi…

        Suka

  17. Assalamualaikum. Wr.wb
    Sudahlah semuanya beristighfar baik yang kontra maupun yang pro.
    kalau bukan bisnis pasti murah…!!!!!!
    bayangkan penghasilan siapa yang dalam waktu 2 hari mencapai puluhan juta..!!!!
    kalikan saja jumlah peserta dibagi instruktur he..he..he..

    Suka

  18. Bagi muslim…
    Boleh/harus belajar ilmu, selama tdk mlanggar syari’at..apabila mlanggar, konsekwensinya dosa dan masuk neraka..
    Mngorbankan hidup yg sbentar dgn hidup yg abadi adalah kbodohan…

    Suka

  19. kenalkan ini cuma ada yg lain bagi yg minat or binggung,maaf ini saya siap mengaktifkan otak tengah/indra ke6 secara private kerumah anda murah kok cuma 350rb latiannya lebih cepat insya Allah 1-2jam tergantung keinginan anak itu sendiri,biar tau apa ini jin atau murni kekuatan hati,minat 085731217997 lokasi Sby.maaf ya biaya ini buat uang trima kasih biar kita sama2 namba persaudaraan&yg gak kaya bisa merasakan kemanfaatnya utk anak2 kita.amiin.

    Suka

    • Assalamualaikum,Mas Aris aku di Batam…aku tertarik sekali AOT lho…tp begitu kutanya harga koq 2jt/2hr.u org dewasa 30jt,maaaak waduuuh duwit soko ngendi iku maaas,sementara anakku 4 org + ibunya biar g pikun dan kepribadian lbh baik duuuh Gustiiii…nyuwun pangapunten……….
      Hallo mas…bisa nggak mas e dtg ke batam he hee heee…ya ada syarat hrs brp orang juga g papa mas….nanti aku tak cari orang…tp ada perubahan kaaaan?
      aku tunggu mas jwb nya…suwun
      Wassalam : Qoyyi’ Achmad

      Suka

  20. Assalamualaikumwwb, stelah saya baca komen2 diatas, ksimpulan saya untuk DIRI saya dan KELUARGA adalah sbb;
    1. Tertarik sekali untuk ikut, tetapi mau ikuti pelatihan untuk saya dulu dalam bentuk diklat. Setelah itu akan saya coba terapkan ke anak saya
    2. Kemungkinan ilmu ini sejalan ato tidak sejalan dengan syariat itu selalu ada, dan saya kira tidak hanya ilmu ini yang memiliki resiko dengan syariat. Quantum nuklir…sejalan ndak?. Tapi yang penting nawaitunya apa dan saya lebih setuju untuk ikut serta sambil menimba ilmu dan mengetahui apakah ilmu ini melanggar agama ato tidak.
    3. Jangan terlalu muluk2 ato instant mengatakan -ve terhadap sesuatu yang baru.

    Pesan kepada teman2 diatas, yang sudah berani mengatakan melanggar syariat, apakah pernah ikut, PRIBADI, penyuluhan ilmu ini, jangan hanya karena guru agama, uztad ato kyai bilang dan kita ikut2 aja. Ilmu ini bisa kok digali dengan cara murah. Dalami dulu, riset dulu…jangan berdasarkan penerawangan semata.

    Pesan kepada gmc dll, jangan menggunakan kata2 marketing yang menyesatkan…Genius, Instant, Jembatan otak kiri – kanan. Kita2 jadi bingung dan bisa juga keblinger.

    Trimksh wass

    Suka

  21. AOT gak syar’i, cz instrument yg digunakan pake musik mozart yg nota bene musik mozart punya sejarah sebagai musik aliran setan!!
    Berhati-hatilah para orang tua, selamatkan akidah anak-anak kita!

    Suka

    • Saya paham umat Islam di Indonesia masih banyak yang terlalu ketakutan kalau ada penemuan hal/ilmul baru, bahkan cenderung “memusuhi” padahal ilmu tsb justru untuk meningkatkan kualitas umat tp karena sudah suudzon terlebih dulu maka pesan tersebut tidak mengenai sasaran sehingga umat tetap jahil/bodoh. Kita kalau mau maju harus mau melakukan penelitian karena didunia ini ilmu Tuhan sungguh luarbiasa bahkan kalau pohon-pohon dijadikan pena dan air laut dijadikan tinta maka sampai habispun masih kurang untuk menulis kehebatan Tuhan artinya ilmu yang ada sungguh luarbiasa dan kita harus gali terus. Kita jangan alergi terhadap hal2 baru yang akibatnya kita akan ketinggalan kereta dengan bangsa barat. Tapi juga jangan sebaliknya belum tahu ilmunya sudah brkomentar yang nadanya negatif. Sebagai bangsa yang mau maju mari kita terbuka terhadap hal2 baru…….. TERUS LAKUKAN AKTIVASI OTAK TENGAH BIAR UMAT MAJU. TAK ADA MUSIK YANG HARAM APALAGI UNTUK KEMASLAHATAN UMAT. MUSIK ITU ANUGERAH DARI TUHAN YANG MENGHARAMKAN MUSIK SEMOGA TIDAK MENJADI PEMIMPIN UMAT. MAJU BANGSAKU, MAJU UMATKU, INDONESIA LUAR BIASA ….. !!!!!!!!

      Suka

    • Ass Wr Wb
      buat lope….wah koq bisa bisanya musik mozart dikatakan musik aliran setan…..begini saja dech kebetulan anak saya sudah diaktivasi otak tengahnya itu bukan di GMC tapi di BCA (Brain Cell Activation) dan tim aktivasinya adalah “Yayasan Baitul Qur’an Silwangi” yang bertempat di leles Garut , namun di Bandungpun kita bisa mengaktifkan di PUSDAI ( Pusat Dakwah Islam) atau kalau dulu namanya Islamic Center…… anda bisa melihat langsung dalam sesi “parenting” (sesi orang tua) agar bisa melihat jelas dan seperti apa aktivasi otak tengah tersebut. Silahkan datang tiap hari minggu …kebetulan anak saya selalu ikut maintance. mudah-mudahan ada bisa mengerti dan tidak asal bunyi….terimakasih
      Wass wr wb.

      Suka

  22. Dalam Islam, aktivasi otak tengah itu bukan hal yang baru. Allah telah menginformasikan kepada kita bahwa saat kiamat terjadi, Allah menggunakan perangkat suara untuk menghancurkan alam semesta yg keras ini. Saat ini kita sdh diberi ilmu oleh Allah ttg hal itu, misalnya ditemukan alat ESWL (menggunakan gelombang suara utk menghancurkan batu ginjal). Sebaliknya utk menghidupkan/mengaktifkan kembali benda2 yg sdh mati atau tdk aktif, Allah juga memakai perangkat suara (saat kita dihidupkan kembali dihari penghisaban). Saat itu yg menurut kita satu2nya bicara adalah mulut, ttp Allah menginformasikan bahwa bagian tubuh lain juga bisa bicara waktu mulut kita tdk aktif/dikunci. Dan saat ini Allah telah memberi sedikit ilmu bahwa mata bukan satu2nya indra penglihatan. Ini bisa disaksikan setelah otak tengah manusia telah diaktifkan. Dan pengaktifan ini juga menggunakan perangkat suara. Bila otak tengah sudah aktif, kemampuan memori juga bertambah, shg tdk heran bila Nabi Muhammad SAW sangat mudah menghafal wahyu Allah karena otak tengah Nabi Insya Allah telah teraktifkan saat mendengar suara Jibril pada saat penyampaian wahyu. Dan yang perlu diketahui bagian otak tengah ini (mesencephalon) memiliki aliran darah yang banyak yang artinya perlu energi tinggi shg tak heran tubuh Nabi bergetar saat menerima wahyu. Berdasarkan informasi dari Allah itulah salah satu anak bangsa Indonesia mampu mengaktifkan otak tengah hanya dalam tempo 30 menit (Insya Allah tercepat di dunia) karena saat ini aktivasi otak tengah tercepat di dunia diklaim Malaysia dalam tempo 2 hari. Aktivasi otak tengah tercepat ini dilakukan oleh Mesencephalon Activation Center.

    Suka

    • nach klo komentarnya jelas,nyata dan gamblang…orang awam macam kita ni jadi ngerti,gitu loh….emang setiap pro kontra pasti punya alasan masing2 dan kita yg awam ini tinggal milih berdasarkan penjelasan tsb diatas….gitu loh…dan yg ilmunya banyak biar tambah barokah ilmunya…jangan PELIT,ma’af maksut saya klo nampak yg kurang lurus…luruskanlah dengan pengetahuan anda,sehingga ilmu anda kan tambah BAROKAH…..begitu yang pernah saya dengar…….
      so…makasih banyak untuk smu yg sudah berbagi pendapat….pengetahuan saya bertambah….semoga amal kebaikan anda mendapat balasan yg berlipat…Amiiiin

      Suka

    • saya jdai bingung. kat aseorang profesor tidak dikenal yang namanya otak tengah dalam dunia pendidikan pendidikan atau ilmu anatomi tubuh. tapi anda menurut ahli yang lain otak tengah itu ada dan bisa di fungsikan. ini yang bener siapa?????

      Suka

  23. SY SIH AWALNYA TERTARIK UTK AKTIVASI ANAK SY, TP NANTI DULU DEH, INFO DULU YG LEBIH MENDALAM. BUAT ANAK SY NDAK BRANI COBA2.

    Suka

    • ini juga betul…..karena setau saya…emang harus hati2 dengan segala sesuatu yg berhubungan dg anak,karena anak adalah amanah yg mesti dijaga .

      Suka

  24. saya sebagai seorang TSP dalam Aktivasi otak tengah, yang dah melihat, telibat dan mengetahui langsung cara meng-aktifkan otak tengah. saya berani menjamin bahwa aktivasi otak tengah tidak bertentangan dengan ajaran islam, karena hal tersebut dilakukan secara ilmiah serta menggunakan gelombang suara. aktivasi otak tengah sanga banyak manfaatnya, bagi perkembangan anak.

    Suka

    • Nach ni ketemu yg pernah terlibat,ma’af pak Zul (begitu sy panggil ya pak…)
      ada yg bilang katanya AOT itu pki music2 ma’af…pemuja setan….saya pingin denger dari p Zul nich,komentrnya….biar penasaran saya terobati…ken saya juga punya keinginan ngikutkan anak2 nich pak…biar nanti pas mo ndaftarin hati ini sudah pass n manteb tebbb.makasih sma nya….

      Suka

    • tapi kenapa hanya dibatasi hanya usia anak antara 5-15 tahun saja. kalau memang itu mampu menjadikan anak jenius, tolong diusulkan kepada dinas Pendidikan agar dijadikan kebijakan secara nasional. dan akan mewujudkan indonesia yang jenius

      Suka

  25. saya tertarik dengan hal2 yg baru, termasuk aktivasi otak tengah, keraguan saya adalah apakah metode itu sdh sesuai/tidak melanggar dengan aturan agama yg saya anut. karena anak2 adalah investasi dunia akherat.

    Suka

  26. saya adalah orang yang sangat tertarik dengan aktivasi otak tengah. Dengan adanya berbagai pendapat yang beragam saya bermaksud mengadakan penelitian yang menyangkut otak tengah ini. semua orang boleh berargumen sesuai dengan kapasitas keilmuan masing-masing dan sah-sah saja. Untuk mengutarakan pendapat tidak ada yang melarang namun kita harus berpegang dengan dalil atau alasan yang kuat, tidak hanya sembarang pendapat. Aktivasi adalah sebagai kegiatan yang mendudkung terhadap revolusi pembelajaran terutama yang sementara ini banyak dialami oleh anak-anak kita yang merasa kesulitan dalam mencari cara belajar. Metode ini sangat-sangat membantu. Jujur hampir setiap minggu kami menyaksikan anak-anak dengan kemampuan baru dan ketrampilan baru dengan kegiatan aktivasi ini. kalau hal ini lebih mendatangkan manfaat kenapa tidak kita dukung ok! Yang saya alami aktivasi otak tengah bukanlah majik, sihir apalagi syirik karena sebenarnya ini adalah metode mengaktifkan alam bawah sadar manusia yang memiliki potensi 88 % dibanding dengan potensi alam sadar yang hanya 12%. Siaplah Indonesia dengan manusia-manusia baru yang hebat. Insya Allah

    Suka

  27. saya pribadi kebetulan sedang tertarik untuk mengikutkan salah satu dr 3 anak saya ke program tsb, maksud awalnya agar anak saya bisa lebih fokus dan konsentrasi dalam proses belajar….dimana selama ini , dia lebih cenderung betah main game di depan laptop, drpd memegang buku pelajaran. semoga dgn adanya beberapa tanggapan ini memantapkan saya untuk membuat pilihan.

    Suka

  28. Kalau menurut saya sih saat ini banyak umat yang mengaku islam banyak yang berpikir negatif bukan posisitf thinking, lebih banyak suuzonnya, dan ada kecenderungan mau bener sendiri. Ini sudah berkembangan dikalangan atas. Sayang sungguh sayang klu ada teknologi yang mampu membuat anak lebih kreatif dan pintar kenapa mesti ribut. Aktivasi otak tengah tidak serta merta anak menjadi pintar dan mengerti segalanya tetapi harus melalui bimbingan yang intensif dan membutuhkan waktu. Faktanya anak yang telah diaktivasi jadi rajin dan daya ingatnya lebih meningkat

    Suka

  29. Bagi anda yang merasa beriman kepada Alah dan Rosulnya. Segeralah mengembalikan persoalan-persoalan yang bersifat ghoib tersebut kepada Al Qur’an dan As Sunnah.
    Bagi anda psikolog muda…. baca tentang Otak Tengah Menurut Pakar Psikologi UI Bapak Sarlito Wirawan Sarwono di Harian Seputar Indonesia Minggu, 19 September 2010, bila masih ingin mendapatkan copy materinya kirim email anda ke email saya m.alumuchtar@yahoo.co.id.
    Insya-Allah anda akan menemukan jawabannya. Mana yang benar dan mana yang salah.
    Terima kasih kepada orang-orang yang mau berfikir secara jernih dan penuh keimanan kepada Allah dan Rosulnya.

    Suka

  30. Wah banyak sekali pembahasan dan commentnya ya…
    Saya ambil titik klimaks yang diperdebatkan:ternyata masalah metode instant 2 hari, yang dibilang ga ada proses dan ikhtiar.
    Saya mau tanya sama rekan2 diatas, memangnya anda semua tahu, sampai berapa lama batas waktu yang dibutuhkan seseorang untuk bisa menyerap / memahami suatu ilmu…?
    Bukankah ada anak usia 6 atau 9 tahun yang sudah hafal Al-Qur’an?
    Apakah anda yang sudah dewasa, sudah bisa hafal Al-Qur’an?
    ternyata masing-masing kita memiliki kapasitas dan daya serap otak yang berbeda-beda.
    di daerah saya ada program pemberantasan buta huruf dan buta huruf arab. Semuanya dilakukan hanya dalam waktu 33 hari. dalam waktu 33 hari tersebut orang yang tadinya buta huruf latin maupun arab, jadi bisa membaca dan menulis.
    apakah ini mau dikatakan instan atau wajar?
    Apakah anda ingat berapa lama anda belajar membaca dan menulis?
    Semuanya tergantung metoda yang digunakan.

    AOF dilaksanakan dalam waktu 2 hari. Setelah 2 hari mengikuti training AOF, maka indikasi keberhasilan adalah diantaranya:seorang anak bisa membaca dengan mata tertutup, bisalebih berkonsentrasi dan lebih ceria dsb,..
    dan setelah otak tengah anak teraktifasi, maka selanjutnya anak tersebut bisa mengembangkan kemampuannya dalam berbagai hal. Yang perlu diingat adalah 2 hari tersebut hanyalah proses awal.
    Sekarang anda menyebut 2 hari itu adalah instant dan tanpa proses. Jawabannya adalah: Apakah 2 hari tersebut bukan sebuah proses waktu…?

    Saya sih setuju saja dengan pelatihan MIDBRAIN ACTIVATION, karena saya pikir lebih banyak manfaatnya untuk perkembangan anak saya. Bukankah kecerdasan otak itu merupakan modal awal untuk mempelajari ilmu2 lainnya di dunia ini yang luasnya seluas Samudera…?
    masalah akhlak itu tergantung didikan dari orangtuanya.
    tolong saudara2ku jangan berfikir sempit dan pendek. Dan juga jangan berfikir yang aneh ataupun nyeleneh.

    Saya ingat kata Dosen saya waktu masih kuliah :
    “Kalau tidak bisa memelihara, paling tidak jangan merusak”.
    Artinya terkait masalah ini, boleh anda berfikiran sempit dan pendek seperti yang saya sebutkan, tapi tidak usah mengajak orang lain berfikir seperti anda, karena fikiran anda itu adalah fikiran RUSAK!

    Suka

    • Coba deh buat kalian yang masih menganggap syirik ataupun syetan, jin dan sebagainya mengenai AOT, kunjungi situs berikut :
      http://otaktengah.com/
      terus baca dan simak baik2 isi – isinya.

      biar kalian tidak tersesat dan menyesatkan orang lain dengan pikiran-pikiran nyeleneh anda!
      trus jangan buat comment yang aneh2 sebelum anda mencoba sendiri AOT. toh bisa juga kok dilakukan untuk orang dewasa.

      dengan ngeliat comment2 negatif di bawah, semakin terang pertanyaan dalam hati saya, “kenapa banyak orang Indonesia yang jadi teroris”?

      ternyata memang banyak orang indonesia yang tau agama tapi pemikirannya pada nyeleneh dan ngawur !

      Suka

      • ikutan zzz….walau telat dikit,,hehehe,,,

        saya setuju dg mas ali m dan ms ifan serta yg lain,,penemuan baru adalah bentuk kuasa illahi yang wajib kita syukuri,debat atw pro kontra,,kata rosul itu adalah RAHMAT !! karena dengan begitu ilmu kita akan bertambah..dan perlu diingat kembali,semua yg ada didunia ini berpasangan,baik-jelek dll,,semoga semuanya mendapat yang terbaik,,AMIINN

        Suka

  31. Yang meragukan otak tengah menurut saya boleh2 saja, tapi kalo menduga2 bahwa itu rekayasa dan bahkan menggapan aneh2 syirik, dsb sebaiknya anda perlu membuka hati dan pikiran lebar2.

    Kadang kita terlalu picik berpikir dan menduga yg buruk2 akan keahlian dan penemuan orang lain. ada dua kemungkinan anda iri(hati2 coba tanyakan dihati anda) dan yg kedua karena kemampuan berpikirnya hanya sampai disitu.

    Kenapa kita orang indonesia (tidak semua) sering berprasangka buruk sehingga kita tidak pernah maju2 banyak yang sudah sampai mati ya masih dengan kebodohannya dan kepicikan yang dia pelihara.

    Perpikir positip mungkin lebih baik buat kita semua

    Suka

  32. wadooh,.. komentarnya bagus2 eumm..aku punya putri kecil 4 tahun…. lagi nyari info tentang midbrain (aktifitas otak tengah)… sampai saat ini,..baru 50:50 deh…nyari referensi yang baik,..ada juga seh rasa takut…. tolong kasih komen duung…

    Suka

    • Menurut saya umur yang bagus untuk diikutkan aktivasi otak tengahnya, karena anak seumuran tersebut masih mudah untuk diaktivasi dan dimotovasi. Silakan buka “otaktengahindonesia.com”

      Suka

  33. sejauh pencarian saya di internet, penjelasan tentang aktivasi otak tengah memang hanya dari situs lembaga training, atau kelompok -kelompok yang memarketkan kemampuan tersebut….

    sedangkan saya berharap dapat mendapatkan penjelasannya dari situs resmi lembaga riset ilmiah, atau jurnal-jurnal ilmiah,
    karena itu, saya mengajak semua yang ikut serta dalam komentar2 di atas untuk bersabar dan menahan diri dari debat, sampai kita mendapatkan penjelasan yang gamblang dari orang-orang yang merupakan pakar pada bidangnya.

    adapun nasihat untuk berhati-hati dalam permasalahan agama adalah nasihat yang baik. sebagaimana sabda Rasulullah:
    “Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas. Di antara keduanya ada perkara-perkara samar (syubhat/tidak jelas halal haramnya) yang kebanyakan manusia tidak mengetahuinya. Maka siapa yang berhati-hati dari perkara samar (syubhat) ini bearti ia telah menjaga agamanya dan kehormatannya…”(HR. Bukhari no. 52, 2051 dan Muslim 1599 dari shahabat An Nu’man bin Basyir radhiyallahu ‘anhu)

    Suka

    • Saya urun rembug ya.

      Secara antropologis saya melihat bahwa otak tengah hanyalah simbol dari manusia di alam raya, otak adalah simbol alam raya itu sendiri. Gelombang alpha yang dikatakan sebagai kekauatan yang dapat diaktifkan dipercaya oleh kelompok new age sebagai kekuatan manusia yang jika diaktifkan dapat menjadikan kekuatan luar biasa, di luar kemampuan mansuia biasa. Ia bisa menjadi super human. Dengan begitu manusia yang mengkultuskan gelombang alpha sebagai kekuatan luar biasa itu, jelas menurut saya dari sudut pandang agama-agama Sawawi yang mempercayai Tuhan sebagai yang paling berkuasa, maka kegiatan aktivasi otak tengah ini dapat dianggap syirik oleh Agama Islam.

      Saya lebih melihat kegiatan aktivasi otak tengah sebagai kegiatan kelompok new age. Apa itu new age, dapat saya jelaskan disini

      Aktivasi Otak Tengah dan “New Age Movement”, Adakah Hubungannya?

      Apa itu new age movement?

      Masih ingat musik Beatles yang memuja Harikrisna sebagai guru spiritualisme
      sekitar tahun 70-an? Disanalah munculnya sejarah New Age Movement yang selalu
      mendendangkan make peace, love and not war. Gerakan yang diawali di Inggris ini
      menyebar ke Amerika dan segera mengglobal masuk ke dalam main stream melalui
      berbagai musik, buku, dan diskusi, bahkan pengobatan-pengobatan dan penjagaan
      kesehatan, serta membentuk komune-komune ekslusif, yang mempunyai ritual,
      simbol, dan ide, yang lebih banyak mengadopsi agama-agama dan tradisi pagan
      terutama agama-agama Timur seperti Hindu, Budha, dan Tao yang pada akhirnya
      membentuk suatu kultur baru dalam sebuah komunitas yang lebih luas. Perkembangan
      ini dari agama lokal Timur berkembang di belahan bumi lain menjadi
      neo-paganisme. Misalnya yang dikembangkan oleh Deepak Chopra seorang dokter
      internis dan endokrinolog berdarah India pelopor neo-pagan masa kini. Dengan
      semangat return to the wholeness, guna mencapai the perfect health dari
      body,mind and soul, ia mengembangkan perguruannya di California. Chopra menulis
      banyak buku tentang keseimbangan dan keharmonisan dalam Ayurveda (ilmu
      pengobatan India) guna mencapai the perfect of the wellbeing dari body, mind and
      soul yaitu dengan berbagai cara-cara kehidupan (berfikir, bertindak, dan
      makanan), mengatasi stress, rasa sakit, dan penyakit.

      Selanjutnya baca disini
      http://filsafat.kompasiana.com/2010/09/14/aktivasi-otak-tengah-dan-new-age-movement-adakah-hubungannya/

      Suka

  34. eeh nambah nie ya…
    maka kecerdasan luar biasa ini sedikit demi sedikit mulai bisa di buka manusia.
    rahasia yang selama ribuan tahun menjadi misterie mulai terkuak. (hal ini lah pridiksi rasulullah)
    dan pesannya bagi kita semua adalah untuk semakin menggencarkan pelajaran akhlak menyeimbangkan pelajaran otak.
    karena semaki terbuka jalan kepintaran maka semakin terbuka jalan kesesatan jika kita tidak imbangi dengan pelajaran tentang agama.
    semakin banyak orang pintar yang tak berhati karena semakin banyknya pelajaran untuk mengakses kecerdasan tanpa di imbangi pelajaran akhlak yang kita sebut membosankan.

    buat para orang tua yang sudah berhasil membuat anaknya menjadi luar biasa, siap siap lah anda.. melihat nya nanti besar menjadi sangat di segani atau sangat di takuti pilihan tergantung apa yang anda tanmkan padanya sejak kini.
    dan bahayanya.. kalau kita salah menanamkan, kita tak langsung di tegur allah di dunia ini… benar atau salahnya pilihan kita, kita bisa buktikan nanti di sono…
    dan kabar buruknya lagi, kita sama sama belun pernah kesono. dan yang udah nyampe sono gak ada yang pulang lagi buat di tanyai..
    namun begitupun kita kita masih punya kabar baiknya… rasul tinggalkan kita dengan dua perkara, jika kita berpegang pada dua hal itu maka kita insyallah selamat.

    Suka

    • Jangan sampai terkelabuhi akal2an Aktivasi Otak tengah yang sudah mulai masuk ke area Agama Islam, dengan maksud lain.
      Baca ini:
      http://filsafat.kompasiana.com/2010/09/14/aktivasi-otak-tengah-dan-new-age-movement-adakah-hubungannya/

      Mengapa AKtivasi Otak Tengah sasarannya anak-anak?

      Dari perhitungan zodiak, para New Ager mempercayai bahwa milenium ini merupakan abad the New Age, yang juga diartikan akan datangnya guru spiritual baru yang akan mempimpin manusia ke arah unity, kebijakan, dan keharmonisan. Guru spiritual yang baru lahir ini dikenal sebagai The New Age Children yang antara lain dalam figur-figur yang mereka kenal sebagai: anak-anak indigo, the blue star children, dan the crystal children. Setiap figur ini mempunyai karakteristik sendiri.

      The new age children ini adalah reinkarnasi dari Lord Maitreya, jiwa suci yang dipercaya selalu masuk ke dalam para nabi, Budha, Begawan Krisna, dan sebagainya. Namun di abad new age ini akan bereinkarnasi pada anak-anak new age yang kan menjadi New Age Messiah. Dalam kepercayaan New Age, titisan-titisan Lord Maitreya inilah yang akan menjadi pemimpin seluruh umat di dunia, kaya miskin dan dari agama apapun.

      Share International Foundation, yang merupakan media informasi online dari kelompok New Age, mengabarkan tanda-tandanya bahwa New Age children telah lahir, ditandai dengan munculnya bintang besar yang dapat dilihat diseluruh dunia. Commet C/2007N3 (commet Lulin) yang muncul di bulan Februari tahun 2009 lalu, begitu terangnya dan dapat dilihat dengan mata telanjang dari seluruh bagian dunia, diartikan oleh The New Ager sebagai berita bahwa telah lahir di dunia anak-anak yang mereka tunggu, yang akan menuntun umat manusia menuju suatu dunia baru. Tetapi anak-anak ini perlu dicari, siapakah dia? Ia perlu dicari dan mendapatkan bimbingan yang mendalam tentang kearifan oleh seorang master atau guru, agar kelak ia dapat menjalankan tugasnya sebagai New Age Messiah.

      Kelak di suatu saat Lord Maitreya akan muncul menunjukkan identitasnya seperti yang dijelaskan di bawah ini:

      Day of Declaration

      At the earliest possible moment, Maitreya will demonstrate His true identity. On the Day of Declaration, the international television networks will be linked together, and Maitreya will be invited to speak to the world.

      We will see His face on television, but each of us will hear His words telepathically in our own language as Maitreya simultaneously impresses the minds of all humanity. Even those who are not watching Him on television will have this experience.

      At the same time, hundreds of thousands of spontaneous healings will take place throughout the world. In this way we will know that this man is truly the World Teacher for all humanity. http://www.conspiracyarchive.com/NewAge/Creme_Maitreya.htm.

      Suka

      • anda orang islam sejati bukan?
        kok anda cantumkan sih pemikiran para New Ager di comment anda?
        emangnya anda percaya sama pemikiran New Ager? sampe2 dicantumin ceritanya.

        Suka

        • Pak Ifan,
          Saya tanya lagi balik nih.
          Sebetulnya anda tahu gak sih esensi beragama.
          Dan anda memahami gak sih apa yang saya jelaskan di atas? Kok malah bertanya apakah saya percaya dengan para new ager?

          Suka

  35. wah wah.. rame rame.. saya jauh nih ya.. di belakang.
    tulisan ini mebahas otak ya… kayaknya orang orang yang bikin komentar disini orang yang pintar pintar semua nih…

    ok.. pendukung dan pembantahpun mulai bermunculan terhadap setiap penemuan atau kegiatan baru.. dan itulah luar biasanya kita hamba allah nie.. itu menandakan kita masih menggunakan otak kita ha ha ha.. maaf bercanda..

    tapi faktanya kita yang mendukung ataupun yang membantah tidak punya dasar yangkuat untuk mendukung dugaan kita, iya toch..? kita semua hanya menduga duga dan mengkait kaitkan hal ini dengan dugaan dugaan yang laen..

    saya sich juga gak punya dasar yang terlalu kuat untuk mendukung pernyataan saya ini, tapi saya teringat akan pelajaran agama waktu saya masih sekolah dulu bahwa ada ayat dalam alkuran yang menyatakan manusia adalah makhluk yang sempurna..
    nah pertanyaannya apasih kesempurnaan kita..?
    so.. semua orang pasti jawab otaknya, akalnya.. dan pertanyaan saya masih lanjut nih… ada apa emang dengan otak saya? perasaan biasa aja dech… he he he..
    kita sering berkoak koak bahwa manusia adalah makhluk yang tertinggi.. bahwa manusia adalah makhluk yang sempurna.. tapi kenapa kita masih bisa di tipu ama jin.., syetan, nah loh..,
    ok, mungkin akan ada jawaban karena ia mengikutkan hawa nafsuhnya maka ia jadi bodoh dan bisa tertipu jin syetan.
    maka terhadap orang ini aka saya tegaskan lagi, “mas.. yang saya bahas otak, ke pintaran, bukannya akhlak” banyak kok manusia yang bejad tapi puinternya luar biasa…
    hhe he he jadi nafsuh bukan alasan yach..
    maka jawabannya adalah karena kita belum tau apa sebenarnya kesempurnaaan kita..?
    oh ya yang saya bahas ini adalah sekali lagi saya tegaskan “otak” bukan “akhlak”

    kalau kita tau apa sebenarnya kesempurnaan kita maka anda semua akan sedikit percaya tentang sebuah kecerdasan luar biasa.. (eit rahasia donk) emang sih otak dan akal adalah kesempurnaan kita, tapi karena kita belum bisa jawab emang ada apa dengan otak..? maka kesimpulannya kita belum tau apa kesempurnaan kita.

    saya ada sedikit tautan cerita sekedar untuk jadi bahan bacaan ajah..
    saya waktu di sekolah dulu guru pernah bilang ada satu ilmu yang di sebut ilmu laduni, di mana para murid mendapat kepahaman sementara ia tak pernah belajar tentang itu.., tak pernah guru manapun menerangkan padanya.
    emang semua pasti kita yakini bahwa allah adalah sumber ilmu, berarti ia yang ajarkan si murid tadi, pertanyaan nya, bagai mana prsoses allah beri kefahaman itu kepada si murid tadi…?
    semua pake proses toch… jika kita kita fahami bagai mana proses nya ilmu tersebut bisa terdownload ke otak simurid tadi maka kita sudah temukan sebagian kecil dari rahasia kesempurnaan otak kiat.i

    Suka

  36. Tuhan mnciptakan alam semesta slma 7 hr!!knp tdk sehari aja toh Tuhan psti mmpu!!hikmah’a adlh Tuhan mngjarkan bhwa kehidupan ini ada tahapan-tahapan yg msti dilalui!!tdk scra instan!?yg esensi’a malah melampaui kehendak Tuhan!!

    Suka

    • emangnya 2 hari itu bukan proses dan tahapan-tahapan ya?
      emangnya anda tahu berapa lama anda dulu belajar membaca?
      emangnya anda bisa memastikan, berapa lama seharusnya seseorang itu memahami suatu ilmu?
      bukankah sumber ilmu itu datangnya dari Tuhan?

      Suka

  37. aktifasi hanyalah “istilah”..
    orang2 shaleh yang cinta kepada Rasulullah dgn mengikuti semua sunnahnya dan menjauhi perkara bid’ah secara tidak langsung telah mengasah otak tengah.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s