Bagaimana Tinjauan Masalah “Aktifasi Otak Tengah” menurut Syariat Islam?


image

Akhir-akhir ini banyak dibicarakan munculnya metode ‘Aktifasi Otak Tengah’. Metode ini mengklaim mampu meningkatkan kemampuan anak setelah otak tengahnya diaktifasi. Menurut situs otaktengah.com, seorang anak yang sudah diaktifasi otak tengahnya mampu ‘melihat’ dengan mata ditutup, misalnya dapat menebak angka-angka di kartu bridge, berjalan dengan melewati rintangan, ataupun dapat mengenali ayahnya diantara kerumunan orang-tua lainnya, tanpa menyentuh dan mendengar suaranya.

Sungguh luar biasa memang. Suatu kemampuan yang tidak dimiliki oleh manusia normal. Apalagi kemampuan seperti itu bisa didapat hanya dengan 2 hari.

Sebagai seorang muslim, saya berfikir, apakah metode semacam itu sesuai atau bertentangan dengan Syariat Islam? Jujur saya belum tahu dengan detail bagaimana metode ini dijalankan kecuali hanya membaca dari literatur yang beredar di internet dan pengalaman teman saya yang sudah melihat langsung metode ini dan menerapkan untuk anaknya. Dan saya juga bukan seorang yang memiliki kapasitas ilmu agama  yang bisa menetapkan suatu perbuatan itu sesuai atau bertentangan dengan syariat.

Namun sebagai orang awam, kadang saya khawatir hal ini menyalahi syariat. Sikap kehati-hatian tentunya harus selalu kita miliki, jangan sampai kita melihat kelebihan tanpa melihat efek samping yang mungkin terjadi. Dan saya khawatir lagi efek samping justru terjadi di kemudian hari. Apalagi ini menyangkut anak kita.

Artikel ini bukan untuk menguraikan “Aktifasi Otak tengah menurut Syariat Islam” karena saya bukan ahli dan tidak memiliki hak untuk itu. Tapi sesuai judulnya ini adalah pertanyaan pribadi dan mungkin pertanyaan banyak orang yang menunggu jawaban dari ahlinya. Sehingga bagi mereka yang memiliki kapabilitas ilmu dalam masalah ini silakan share melalui komentar di bawah? Atau bagi yang mempunyai rujukan link ke web lain yang membahas ini silakan berbagi. Wallahu ‘Alam

204 pemikiran pada “Bagaimana Tinjauan Masalah “Aktifasi Otak Tengah” menurut Syariat Islam?

  1. kalo seseorang tidak suka sesuatu, mohn jangan menyinggung/menjelekkan soal YAHUDI, NASRANI, atau MAJUSI mereka itu saudara….karena belum tentu pilihan kita yang termulia…toh dalam doa kita selalu minta ditunjukkan mana jalan yng lurus…ihdina sirotol mustaqim…jasi sebenarnya kita belum menemukan jalan ynag lurus…

    Suka

    • termasuk anda masih belum menemukan jalan lurus. tolong kalau anda mau mengomtari isi alquran, anda harus ngerti bahasa arab dan dan hafal hadits dan yg terpenting paham tafsir quran. jangan asal ngomong ya !!!!!!!!

      Suka

      • sepertinya anda hebat dengan mengatakan orang lain belum dalam jalan yg lurus (baca: blm beriman). Padahal itu hak Alloh SWT untuk me-lebel orang beriman/lurus atau tidak. Kalau hak Alloh SWT saja sdh anda ambil itu artinya apa??.
        Kalau diperhatikan sepertinya anda paham Islam pada tataran teori, aplikasinya entar dulu perlu diuji. Bahasa ARAB belum tentu menghantarkan anda jadi lebih baik dari orang yg anda omongkan.
        Apakah dengan pintar bahasa ARAB ANDA SUDAH RAJIN BERINFAQ DALAM KEADAAN SENANG DAN SUSAH, APAKAH ANDA SUDAH BERBUAT BAIK DENGAN LINGKUNGAN ANDA. JIKA DENGAN 2 PERtanyaan jawabnya TIDAK/BELUM MAKA ANDA CUMA BERTEORI DALAM beragama DAN TEMPATNYA ORG SEPERTI ANDA SUDAH JELAS…

        Suka

  2. jaman dulu naek onta….jaman sekarang naik mobil/motor….pertanyaaannya itu sama dengan…….sesuaikah naik motor/mobil dengan syariat islam?????????

    Suka

    • Saya baca komen pak Yudha ini langsung ketawa, anda sepertinya perlu diaktifkan otak tengahnya sehingga sekalian jadi gak punya otak. Apa mungkin anda tidak datang ketika ada pembagian otak?
      Apa hubungannya onta mobil dan otak tengah? Dari dulu kita melihat+membaca pake mata dan gak mungkin bisa diubah dengan indra lain.
      Yang perlu digaris bawahi adalah pengaktifan otak tengah adalah pembohongan dan pembodohan massal. Tolong dengan sangat, sayangi anak anda, jangan jadikan dia korban pembodohan ini. Kalaupun anda peduli dengan anak anda, sebelum memutuskan ikut pada program tersebut, carilah digoggle dengan keyword “perdebatan otak tengah”

      Suka

  3. Manusia itu makhluk yang sempurna dalam ciptaannya. Dan kesempurnaan itu telah dibuktikan pada masa Rasulullah SAW, dimana didalam bimbingan beliau para Sahabat RA dapat mencapai kesempurnaannya, berupa mereka berhasil mewujudkan Islam dalam tatanan yang mapan (sempurna) dalam kurun waktu yang singkat 23 tahun.

    Kesempurnaan para Sahabat RA pernah dikomentari oleh lawan mereka dgn kata2 “wah kita bukan sedang melawan manusia ini, kita sedang melawan malaikat”.

    Dari sisi ini jelas sekali bahwa :
    1. kehebatan manusia itu dapat mencapai sedemikian dahsyatnya.
    2. Manusia itu jika dibimbing dengan bimbingan yang “tepat dan positif” niscaya dapat mencapai pencapaian yang luar biasa.

    Rasulullah SAW juga telah menunjukkan kepada kita bahwa suatu saat kelak sesuatu itu berlangsung dengan serba cepat/instan.

    Menanamkan sesuatu yang baik sejak dinipun ada tuntunannya dari Rasulullah SAW.

    Nah tinggal aktifasi otak tengah ini, apakah termasuk dalam kriteria tersebut.

    Saya seorang yang selalu berusaha mengembangkan diri secara mandiri dalam apa yang dikatakan sebagai latihan tenaga dalam dengan latihan pernafasan tanpa menggunakan istilah dibuka, dicharge, transfer energi dsb.

    Saya memang tidak suka dengan hal tersebut karena saya punya keyakinan bahwa manusia itu dengan kesempurnaan ciptaannya sudah dibekali energi sendiri oleh Allah SWT.

    Dan dari hasil pengembangan tersebut saya berkesimpulan bahwa kalau manusia ini tahu cara mengembangkan potensinya dengan cara-cara yang “natural”, spt olah raga, olah nafas dan bisa jadi termasuk Brain tehnology, dsb. Niscaya orang tersebut akan mencapai pencapaian tertentu yang diluar kemampuan normal manusia yang tidak berlatih.

    Wallahu A’lam

    Suka

    • wah ini ngawur aja njawabnya.
      Dalam ajaran agama Islam, Nabi dan Rasul itu atas kehendak Tuhan, bukan karena dibimbing (dengan sengaja) lalu menjadi hebat.
      Kekuatan Nabi dan Rasul adalah karena kehendak Allah dan dibimbing langsung oleh Allah.

      Suka

  4. Bagi para teman pro Dan kontra gmc otak tengah mungkin saya tambahkan dikit jadi sebetulnya pelatihan gmc ini bukan hanya mengaktifkan otak anak anak tapi kita juga berikan motivasi motivasi tentang arti kata pantang menyerah, ng boleh berkecil hati Dan yg paling penting kita Ada sesi terbagus kita yaitu sesi menghormati orang tua, disitu kita bercerita bagaimana perjuangan ibu waktu mengandung menyusui, menjaga waktu bayi and gimana perjuangan papa bekerja mencari uang untuk anak anak untuk sekolah and untuk ikut gmc jadi semua Hal yg kita ajarkan adalah positive Dan positive. Anak anak saya yakin nantinya pasti berubah bagus tapi kalau anak dudah mau berubah bagus orang tua juga harus berubah bagus juga dong, yg seneng marah, yg seneng bertengkar di depan anak juga harus Ada maka dari itu smua menunjang perubahan anak jadi dalam waktu 2 hari kita gmc ng merubah anak seperti Superman yg buka baju langsung terbang atau power ranger hanya menggerakkan tangan Ud bisa berubah bawa pedang and senapan langsung siap tarung. Semua Ada langkah langkahnya untuk menvapai tangga teratas jadi tetap step by step tetapi kecepatan perubahan itu dialami anak anak aktivasi gmc. Saya kebetulan sekali punya banyak pengalaman perubahan bagus anak anak gmc Dan sama sekali tidak Ada yg negative tapi kalau pendebat pendebat terus ng mau percaya ya lihat aja nanti 20th mendatang anak gmc atau anak siapakah yg bisa menjadi berlian yg kilaunya luar biasa. Tentu jawabannya pasti anak gmc lah yng paling hebat asal orang tua juga harus tahu langkah langkah apa yg harus ditempuh untuk menemani anak waktu mereka beranjak dewasa. Dan juga untuk sedikit info bagi pembajak atau pengguna relaksasi minda selain gmc mhn dibaca somasi yg dikeluarkan oleh gmc kepada para pembajak supaya mereka jangan seenak sendiri ngambil gelombang yg sudah kami patenkan. Terutama bagi sobat kontra mhn tanya dulu atau Cari info dulu sebelum mendebat Dan tanyalah pada orang yg tau betul tentang gmc. Tq

    Suka

    • Ini komentar yg sok arogan, sdh menggunakan istilah yg mengarah kebohongan masih pake ngancam2 lembaga laen….Justru saya akan tawarkan program aktivasi berbasis otak kanan melalui software resmi dari pabriknya di Amerika dengan harga jauh dibawah GMC yg suka bohong dan berkkoar2….. Hasil jauh lbh bisa dipertanggung jawabkan.

      Suka

  5. aq andre.setalah di aktif kan otak ku.aqu jadi rajin.pergi mengaji kepesantren di belakanh rumah ku.itu udah tempat ustad yg ke8 aqu biasa nya sering berpindah tempat mengaji karna aq malu ama kawan.kajian ku ikrok ke 4 udah lama gak pindah pindah kata teman ku aq bodoh jadi aq malu.sekarang aku naik kur’an jus ke 10 jadi aqurasa selama ini aqu kurang konsentrasi.makanya aq bodoh.sedangkan di gmc,aqu diajar kan cara berkonsen trasi.ucapan terima kasi ku untuk ses ingen bak udit.bapak ibu guru,yg telah menjadi pembimbing.mjulah anak gmc di tengah kontra para orang dewasa kg pintar.maqnpaat nya kan kita yg tau.orang besar mana tau.sekarang aq jadi sayang sama kk.kk aq ju nga udah jadi anak gmc.jadi sering menghapal .biasa nya suka tidur.ddia di aktip kan tgl 28/29.di hotel bumi asahan kisaran.trims.dr irvan.foto kita udah jadi.acara di dlam ruangan tertutup.pertama aq takut .karna mamak ku udah keluar di dlam ruangan semua teman baru ku kenal,tapi karna ses igen blang jangan takut,yg kecil meng hormati yg besar,yg besar menyayangi yg kecil entah kenapa kami di dlam kamar luas itu macam jumpa sepupu kawan yg uda dari kecil kenal.macam gitula perasaan aq.jadi kami bermain pertanyaan 8 cara munuju sukses aq banysk bawa pulang hadiah karna aq rajin menjawap pertanyaan.aq menyayi ke depan sama si rizki kami nyanyi bendera.heboh loncat2.udahg itu kmi di suruh rilex tenang.karna udah capep.jadi kami tidur,di dalam ruangan udaranya sejuk pake ac.lampu di mati kan,semula aq takut jadi aq buka mata kami nyender di kursi tidur nya.aq angkat kepalaku macam ada yg menarik kebelakang berat,aq angkat kakiku berat.suara bising.macam suara bot,elikopter,kereta api di gabung kan,ribut.tapi aq bisa tidur ampe ngences.aq jadi malu di bangun kan ama bak udit,bak udit aq rindu.taspi kata mamak blum punya duit untuk ikut alumni.duit mamak untuk beli beli baju hari raya.mak lum mamak andre tukang ba’so.klo puasa kqan libur jadi ada pun duit itu untuk belanja dapur selama ayah libur jualan.andre heran lo bak udit mamak2 kawan mamak andre semua nya bilang mahal ikut gmc.kata mamak,andre harus bersukur pada allah di berikan rezeki,jangan sombong.jadi kawan2yg udah ikut gmc jangan sombong ya.salammualaikum.

    Suka

    • Bagus andre yang dilakukam itu sudah baik, namun andre harus membuat orang lebih terheran2lagi, dengan membuat suatu penemuan2 baru dalam sekolah maupun dalan exsperimen2 diluar sekolah, kerna andre sekarang adalah kembali ke fitrah nya seorang insan manusia yang memang sempurna diciptakan Allah, sehingga kebodohan kebodohan yg dicapkan kekita bebalik arah menjadi anak pintar Indonesia. jalan terus selagi di jalan Allah…..! salam sukses untuk andre dan mama papa yg telah berinisiatif ubtuk mengikuti aktifasi Integrits Otak tersebut

      Suka

  6. Satu lagi produk modern yang bertemakan “instant”. Sehingga orang lupa apa arti kata “bertahap”. Padahal suatu hal yang melalui tahapan hasilnya akan lebih bermakna. Di luar konteks apakah metoda ini sesuai syariat atau tidak, tetap saja ada efek terselubung yang wajib diwaspadai.

    Suka

    • Otak tengah tetap memerlukan latihan dan pengembangan lebih lanjut. Jadi ada tahapannya. “Instan” maksudnya otak dibuka dengan audio brainwave sehingga langsung terbuka. Selanjutnya… ada cara melatihnya dan pengembangannya. Jadi tetap ada tahapannya utk menstimulasi otak agar lebih cerdas.

      Sama seperti orang belajar tenaga dalam. Jaman dulu harus puasa aneh2. Jaman skrng cukup “dibuka” saja jalur energinya.. dan setelah itu dilatih sendiri. Hasilnya sama saja.

      Pengetahuan manusia itu dari jaman ke jaman terus berkembang. Jaman dulu utk ke negara lain butuh waktu berbulan-bulan krn naik kuda. Jaman sekarang scr “instan” sudah sampe dlm hitungan jam. Kalau bisa “instan” kenapa harus nunggu lama?

      Jaman dulu orang berkomunikasi jarak jauh via burung merpati. Jaman dgn teknologi instan langsung dgn cara telpon, chating, email.

      Jadi yg instan itu gak mesti semuanya jelek.

      Suka

    • Setahu saya, efek seperti dapat naik sepeda ataupun kegiatan apa saja dengan mata tertutup dapat juga dilakukan oleh orang yang mempelajari Merpati Putih pada level tertentu. Jadi, bukan hanya oleh orang yang telah diaktivasi otak tengahnya.

      Suka

      • betul p mohammad,,jd semua bukan rekayasa,,KENAPA DIPERDEBATKAN ??? bukan dipelajari ????

        KARENA BAYARNYA MAHAL MENURUT MEREKA ,,COBA GRATISSS,,,hehehehe,,,puwwaasstiiiii rame rame acung jempol 4nya,,!!!

        Ilmu apapun ,,kembalinya ke diri masing2..

        SALAM SUKSES BUAT TEMEN2 SEMUA

        Suka

  7. saya jg peramal.. tanpa aktifasi lagiii… meramal masa depan saya dg alam bawah sadar saya kalau saya anati harus sukses… ga perlu pake aktifasi lagii… karna “manusia adalah apa yg dia fikirkan… ”

    1 lg.. kalo kata’a aktifasi bs meramal: saya tanpa aktifasi jg bs meramal kalau anak saya bsk minta uang jajan…! saya JAMIN..!!! hebat ga..?!

    kalau mikiiir tu pake mantiq’a doong..
    akidah ga pake mantiik kaya bikin nasgor ga pake nasiii…

    lagian jg masuk akal koo.. membangunkn saraf dg gelombang suara… agar lbh konsentrasi n hubungan antar indra di tubuh trekoneksi smua dg sempurna dg rileks g pikir ruwet akal fikir’a bakal panjaang n ga gmpg sumpek otomatis otak akan sll bahagia n kreatifitas muncul ktika otak merasa bahagia n IQ jg bs naek kalau tubuh fit.. jd konsntrasi lbh terjaga n gmpg nangkp semua n otak mmroses scr encer….

    1 lg.. kalo kata’a aktifasi bs meramal: saya tanpa aktifasi jg bs meramal kalau anak saya bsk minta uang jajan…! saya JAMIN..!!! hebat ga..?!

    jg ga usah ribet bginiaan…
    yg laen masi bnyk yg lbh pntg scr gamblang harus di cari kbnaran’a…

    Suka

  8. sebelum mengurai “Aktifasi Otak tengah menurut Syariat Islam”

    maaf,,,,,sy tanya dulu neh boz,,,,

    APAKAH KITA SKR HIDUP SUDAH DGN SYARIAT ISLAM ?

    Suka

  9. Jaman sekarang banyak setan mengaku malaikat. Banyak dukun mengaku kiyai. Janganlah musyrik. Syirik adalah dosa nomor satu. Dosa yang tidak akan diampuni. Jangan ceroboh dengan dosa syirik.

    Suka

  10. Anak saya sudah ikut aktivasi otak tengah melalui AJI Kudus melalui informasi Ustadz Faiq Afthoni. Beliau adalah lulusan Al Azhar, belajar ilmu bekam, hipnotis dan homeopathy. Sekarang sedang membangun ponpes plus rumah sakit thibbun nabawi. Saya rasa orang seperti beliau kecil kemungkinannya akan menyesatkan orang awam seperti kami, bagaimana menurut Anda? Pesan saya, jangan salah pilih lembaga penyelenggara aktivasi otak tengah.

    Suka

    • Al hallaj tokoh sufi dari timur tengah yang mati di gantung karena mengaku dirinya tuhan. Syekh siti jenar di Indonesia. Sufi yang lebih condong ke optimalisasi otak bawah sadar. Ya tetaplah menjalankan ibadah hanya karena Allah semata. Alquran dan hadis pegangan kita.

      Suka

  11. Pada intinya mudah saja bapak bapak ibu ibu yang terhormat

    Selain apa yang telah dilakukan Nabi Muhammad artinya HARAAM

    Suka

    • jika selain apa yang telah dilakukan Nabi Muhammad adalah haram, maka kita termasuk bapak juga telah melakukan hal yang haram, yaitu menggunakan internet, karena Rasulullah tidak pernah tuh memakai internet…, dan saya yakin bapak juga memakai hp kan? Rasulullah juga tdk pake hp…and masih byk hal2 lain yg kita lakukan yg tak pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW….SO???

      Suka

  12. Seperti empat orang buta memperdebatkan seekor gajah. Yang satu pegang kakinya, yang satu pegang kupingnya, yang satu pegang buntutnya, yang satunya lagi duduk di punggung gajah, dan pegang punggungnya …..

    Persepsinya beda-beda …. hehehehe … tetapi meanrik juga info yang diruqyah, katanya kemampuannya bisa hilang. …. coba ah.

    Suka

  13. Tujuan tidak bisa dengan menghalalkan segala cara, apapun caranya yang penting hasilnya tanpa mengindahkan aturan2 syariatnya jelas bukan cara2 yang diajarkan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam.

    Apakah anak.kita yang sudah diaktifasi otak tengahnya jadi lebih paham dan taat syariat..?

    Kita ingin anak kita takhanya pandai urusan dunia, tapi juga taat dalam syariat.

    Bagaimana respon kita mendengar…
    Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

    “Akan muncul di kalangan umatku, kaum-kaum yang menghalalkan zina, sutera, khamr, dan alat-alat musik……. (HR. Al-Bukhari, 10/5590)

    So otak yang mana yang akan selamat…?

    Kejayaan hanyalah milik ALLAH Azza wajalla, Umat Islam akan jaya jika telah memenuhi syariat2Nya….Justeru sejarah telah membuktikan semakin taat, dekat syariat Islam akan Jaya, dan sebaliknya…..seperti kondisi umat islam sekarang.

    wallahu ‘alam

    Suka

  14. saya tadi sempat membaca sedikit komen komen. Dan ada yg menanyakan kenapa anak anak yg jadi sasaran. Saya fikir karena anak anak masih berkembang dan tumbuh. Mirip dgn penambahan tinggi, anak anak tingginya akan terus bertambah sampai batas tertentu, dan setelah dewasa dia akan terhenti, jadi mungkin alasannya adalah karna anak masih terus tumbuh. Dan bagi yang ragu tentang halal atau tidaknya lebih baik tanya langsung pada ahli agama. Dan lakukan sedikit riset.

    Suka

    • Anak-anak kan manut apa kata trainer, jadi orang tuanyalah yang harus waspada, apa tujuan lain dibalik AOT ini ?

      Suka

  15. Jadilah seorang islam yang bijaksana, kalau ada teknologi baru selalu dipertentangkan secara syariah, Allah SWT memberikan kita perbedaan dg mahluk lain yaitu berpikir.

    Suka

  16. ini nggak perlu dibahas, udah terang benderang, 3,5juta, 2 hari, tertutup.
    Apa lagi, Nggak mau diuji. . . . . . manaaaaa ilmiahnya . . . . . . Sonto loyo semua . . .

    Suka

  17. Aktivasi otak tengah menurut saya masih belum jelas. Ada beberapa hal yang dinyatakan oleh penggagas otak tengah yang bertentangan dengan logika dan kaidah ilmiah.
    Hanya DUA HARI anak menjadi genius (dari promosinya).
    Anak menjadi ceria, kreatif. Anak saya setelah jalan-jalan/bermain/senang-senang jadi ceria. Kreatif? Apa parameter kreatif yang digunakan di sini? Anak bisa membuat sesuatu yang baru, atau bagaimana. Hasil dari aktivasi otak tengah banyak yang subyektif.
    Otak tengah (mesencephalon) menurut pendukung aktivasi otak tengah adalah penghubung antara otak kiri dan kanan. Tapi sebenarnya mesencephalon itu penghubung antara otak besar dan otak belakang. Penghubung antara otak kiri dengan kanan adalah corpus callosum.
    Tidak ada bukti ilmiah gambaran otak sebelum dan setelah aktivasi otak tengah. Otak yang aktif bila discan dengan alat tertentu akan terlihat berbeda dengan bagian otak yang tidak aktif (bekerja). Memang harga sekali scan mahal, sekitar 25 juta. Tapi dengan satu anak dipungut 3,5 juta kok tidak bisa diusahakan?
    Setelah aktivasi, anak dapat membaca dengan mata ditutup (blindfolded reading). Metode ini pernah dilakukan di Rusia di sekolah Bronnikov (bisa dilihat di http://www.youtube.com/watch?v=2RKh9Yh-GsU). Setelah penutup matanya diganti dengan kacamata ski (benar-benar tertutup, tidak ada kemungkinan cahaya mengenai mata) si anak tidak bisa membaca.
    Mengapa anak 5-15 tahun? Memang pada umur itu, otak anak sedang berkembang. Atau ada alasan lain? Karena ada komen setelah diruqyah kemampuan si anak hilang.
    Metode aktivasi yang memperdengarkan musik/lagu, dan anak rileks menutup mata, apakah juga bukan metode hipnotis (wallahu ‘alam).
    Saya sampai saat ini masih terus searching tentang otak tengah ini. Semoga kita sebagai orang tua tidak gegabah hanya karena ingin anak kita cerdas, kreatif dalam 2 hari. Enak betul ya, cuma bayar 3,5 juta anak jadi cerdas dan kreatif, dll. Jadi yang boleh cerdas dan kreatif anak orang kaya??????

    Suka

  18. Temen saya di Kalimantan bilang, anak mereka yang telah diaktivasi otak tengahnya pernah dicoba di”ruqyah”, dan hasilnya kemampuan yang tadinya dimiliki jadi hilang kembali, apakah otak tengah jadi tidak aktif lagi ketika diruqyah? mungkin temen2 perlu mencoba juga….

    Suka

    • Demo otak tengah ini saya pernah ujicobakan langsung dgn banyak cara. Salah satunya memanggil wong linuwih yang mampu melihat jin/mahluk halus. Ini utk membuktikan otak tengah “isian” atau bukan.

      Ternyata setelah kartu di “isi” dgn energi dgn maksud jika memang isian/make jin maka itu anak gak akan bisa baca.. tapi hasilnya si anak tetap bisa baca kartu dgn baik. Dan paranormal itu memang tdk melihat ada jin.

      Lalu otak tengah pakai apa dong? otak tengah itu diaktifkan dgn BINAURAL BEAT atau BRAINWAVE. Brainwave ini sudah terkenal sekali, anda bisa cari infonya di google. Brainwave bisa utk menghentikan kebiasaan merokok, menyembuhkan sakit kepala, menormalkan ADHD/kurang fokus, bahkan bisa utk buka chakra dan indera ke 6.

      Yg jual brainwave banyak koq di internet.. Lalu ilmiah atau tidak?… kalau saya gak mikirin ilmiah atau nggak. yg penting BERMANFAAT. soal ilmiah itu bisa nyusul belakangan krn soal alam bawah sadar itu sifatnya metafisika. Bagaimana cara ilmuwan meneliti metafisika?? tentu sulit utk nyambung. Ini sama spt meriset tenaga dalam (chi).. ya gak bakal nyambung.

      Suka

  19. Aslmkm Bung Admin….

    menurut saya, terlalu dini jika kita menilai aktivasi otak tengah itu tidak sesuai syariat islam…

    Kecuali anda sudah tahu metode dan terjun langsung melihat metodenya.

    Allah membekali manusia dengan Otak untuk Berpikir dan Qolbu untuk Merasakan, dan jika sesuatu yang cepat dan Instan itu tidak boleh, saya rasa anda kalau pergi SAYA LARANG UNTUK NAIK MOBIL, MOTOR ATAU PESEAWAT!!! Karena Rasulullah tidak mengajarkan itu, tapi beliau mengguankan Onta!

    Hal seperti inilah yang membuat Umat Muslim di dunia ketinggalan dengan umat lain. Karena sibuk berdebat di masalah2 sepele, orang sudah sampai bulan, kita sibuk debat masalah Qunut dll.

    Sama seperti Otak tengah, orang mendapatkan manfaatnya, anda sibuk mencari – cari “Tidak Syar’i nya???

    Suka

    • setujuuu…^_^
      bagi anda yg mempertanyakan “tidak Syar’i”nya, apakah sdh pernah mengikuti metode ini?
      Anak teman saya yg sdh mengikuti metode ini sekarang lebih mudah hafal al quran, tidak malas sholat lg, lebih penurut, dan lebih rajin belajar. Masalah bs meramal, menebak suara dan sebagainya itu malah tidak nampak sama sekali.

      Suka

      • anak sy sdh saya ikutkan aktivasi…Kemampuannya dng mata tertutup hanya indikasi awal saja kok..(jangan hanya itu yg dilihat). Sebenarnya simple kok..buat yg gak setuju, ya sdh..kalo punya anak, gak usah diikutkan…gampang to…cuma jangan terus menuduh bahwa aktivasi otak tengah itu gak syar’i…tanpa argumentasi yg jelas.Kasian sama ortu yang sdh terlanjur meng aktivasi otak tengahnya …like me he he he…
        Maksud sy, kalo gak setuju, cari dulu alasan yg dapat dipertanggungjawabkan…piss for all

        Suka

        • Mungkin yang lebih bijak bukan masalah setuju gak setujunya tapi bagi yang berencana mengaktivasi otak anaknya harap meneliti lebih lanjut sebelum ada penyesalan dikemudian hari… jadi selalu waspada… kalau ternyata secara ilmiah bagus dan tidak menyalahi syariat ya Alhamdulillah

          Suka

  20. Alhamdullillah anak saya sudah diaktivasi,bisa membaca,menebak kartu,manggambar dengan mata tertutup hanyalah sebagai tanda bahwa otak tengah telah aktif,menurut saya aktivasi otak tengah adalah sarana untuk mengaktifkan seluruh indra dalam tubuh ,dimana dengan mata tertutup,anak dapat mengidentifikasikan sesuatu dengan penciumannya,kulitnya,pendengarannya seolah-olah dia melihat.Dan hasilnya anak saya jadi lebih bersemangat,periang dan lebih menghargai keberadaan orang2 di sekitarnya,Intinya anak menjadi lebih baik dan menyenangkan.Dan bagaimana menjadi anak yang baik,juga merupakan sesi wajib dalam proses aktivasi.
    Ke depannya saya berharap dengan otak tengah yang telah diaktivasi,ia akan lebih mudah menghafal ayat2 dalam Al-Qur’an,dan menjadi penuntun pada kebaikan,bukankah ini merupakan investasi masa depan kita juga?Tinggal sekarang,sebagai orang tuanya,kami berusaha untuk memberikan kasih sayang dan pendidikan akhlak yang sebaik-baiknya.Semoga dengan niat baik ini,kami mendapat kemudahan membimbing anak2 yang semuanya diciptakan special olehNya.

    Suka

    • betul … memang …sepertinya aktifasi otak tengah ini dapat memaksimalkan kemampuan otak anak …nah …tugas orang tua selanjutnya adalah membimbing anak ke arah atau ahlak yang lebih baik lagi …supaya jadi anak yang kita harapkan ..

      pengaktifan otak tengah ..hanya sebagai sarana saja dalam membantu anak lebih mengoptimalkan kemampuannya …tetap …tahap tahap pembelajaran kedepan adalah tugas orang tuanya …

      Suka

  21. Alhamdulillah, Allah memberikan akal dan pikiran untuk di berdayakan,.. makanya pengaktifan otak tengah adalah salah satu cara untuk mencerdasakan genersi muda bangsa khususnya anak2 kita,.. alhamdulillah anak saya sudah teraktifas tinggal kita didik dengan penuh kasih sayang dan pengertian serta dengan tauladan yang baik, Inaya Allah anak akan menjadi anak yang berbakti…Subhanallah Allah menciptakan otak kita..

    Suka

  22. Aduh, aku bingung banget baca comment yang ada..Sebenarnya aku tertarik dan sudah mau daftarin anakku..Tapi,aku ragu karena dalam waktu 2 hari,sdh bisa jadi super ,beda banget sama les Kumon anakku, yang bikin dia latihan soal tiap hari dan jadi pinter matematika..terus baru kepikiran, sesuai syariat nggak ya? Ada ulama ngerangkep ilmuwan yang ngerti IT nggak ya,gimana hukumnya? Ya Allah, baru kusadari,kenapa Engkau mendudukkan ahli fiqih ke tingkat yang tinggi…

    Suka

    • cara-cara instant terkadang hasilnya juga tidak optimal. saya pernah diikutkan dalam proses ‘aktivasi’ & anak2 itu dihipnotis, dibawa ke alam bawah sadarnya & diminta untuk tetap tidur walaupun nanti akan mendengar musik relaksasi & musik yang keras. well… ada yang berhasil & ada yang tidak. yang saya pertanyakan adalah musik tersebut.. terutama musik yang keras – bukankah itu media penyeru setan? bergetar hati saya pada sesi tersebut & berdoa dengan khusyu-nya supaya terlindung dari gangguan syetan/jin. mungkin lain halnya kalau yang diperdengarkan adalah ayat-ayat Al Quran, karena pada saat ayat-ayat Al Quran dibacakan, malaikat lah yang akan datang. mungkin disitulah titik permasalahannya.

      Suka

      • Betul bu Ati, yang dipermasalhkan disini adalah sarana musik yang diperdengarkan dan yang kedua kenapa orang tua tidak boleh melihat prosesnya ….ada apa ini ?

        Suka

    • Saya juga sudah membacanya seminggu yang lalu. Sebagai tambahan bisa baca buku karangan dr. Arman Yurisaldi berjudul Mengungkap Misteri Otak Tengah.

      Suka

  23. Mungkin yang akan saya sampaikan tak ada kaitan dengan aktivasi otak tengah. Tapi melihat masalah yang berat dalam kehidupan yang tengah saya alami sekarang ini apakah mungkin gara2nya saya pernah ditunning dengan REIKI dengan seorang “Master” yang bernama Anand Chrisna.

    Mohon bantuan para pembaca dimana saya harus melakukan rukiyah.

    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    Suka

    • kalau pernah jalan2 ke Lombok, disana ada ahli rukhiyah yang subhanallah….. silahkan dicoba. karena beliau bukan sekedar ustazd….tetapi semua penyakit yg berkaitan dgn medis ataupun non medis dijelaskan secara ilmiah….
      alamatnya di Jl. Arya Banjar Getas gang Kakap No. 1 Ampenan…( dekat depot pertamina Ampenan)…semoga dapat mengatasi masalah Anda….

      Suka

  24. Memang, segala sesuatu berawal dari niat, Betul dan sangat setuju sekali kita harus membekali anak2 kita Akhak dan akidah dan Ilmu mengenal Allah SWT, Yangsaya alami sebagai seorang guru pembimbing anak di Aktifasi otak tengah MAP Bandung, justru metode yg kita sampaikan kpd anak2 metode FUN Learning, dimana anak mendapat kecerian dan kegembiraan pd saat mengikuti program ini, setelah itu barulah kita mengajarkan hal hal mendasar untuk akhlak anak2 dan merubah Mindsetting anak2 untuk Jujur, Percaya diri, Soleh dan solehah, ta’at beribadah, berbakti pd Tuhan, Agama dan Orangtua, serta di sesi terakhir kami menyajikan Muhasabah dan lebih menekan anak untuk menyayangi ortu, kel, saudara, teman dan seluruh makhluk cipt. Alloh. Insyaalloh.. Minggu depan kami akan menyelenggarakan Pelatihan Aktifasi Otak Tengah dari MAP Bandung untuk Dewasa / Ortu. Berminat, Silahkan menghubungi !!! (022 78416520)

    Suka

  25. kalau bisnis cepat kaya cepat miskin, cepat naik pangkat cepat turun pangkat, nah kalau ini cepat pintar pakah bakal cepat bodoh??…………….

    saya pingin juga anak saya ikut, tapi saya khawatir nanti ada efek yg tidak baik kemudian hari?………

    Suka

    • sy salah satu yg tertarik dg program aktivasi otak tengah, tp krn biayanya yg mahal banget utk ukrn saya ditambah dikota kecil sy belum ada maka sambil menunggu sy mencari cari informasi tentang ini, tp semakin banyak sy th kok sy jd makin ragu2, banyak pro dan kontra. jg ditinjau dr sudut agama yg belum jelas, kemudian efek samping yg akan didapat, membaca testimoni dan pernyataan bebarapa orang di forum2 diskusi, haduh2 tambah bikin bingung, jangan2 nanti efek sampingnya imbas ke anak2 saya seandainya saya jd ikutkan anak2, kepada orang2 yg berkompeten, tolong dong penjelasannya….

      Suka

  26. Menarik sekali sebenarnya kalau bicara ttg ilmu, apalagi ini ilmu sangat baru. wajar kalau segala sesuatu yang baru itu biasanya banyak menuai pro-kontra, atau dlm bahasa agamanya: apakah ini ‘bid’ah’ ??
    sya adl orang tua dari anak2 sy yg masih 9 dan 11 tahun.sebetulnya ingin sekali keduanya saya masukan kedalam program itu, supaya mereka kelak bisa mandiri dan lebih bisa percaya diri lagi dalam menghadapi masa depan yang penuh tantangan dan cobaan2.tetapi itu tadi, sperti mas admin katakan, bagaimana hukum syariatnya dalam ISLAM? karena saya yakin para ulama profesor sekalipun belum mengetahui dan mempelajari aktivasi otak tengah ini, sehingga takut2 anak2 kita jadi korban.sebetulny hal2 seperti ini tidak berbeda jauh dengan isu2 terdahulu spt reiki,tenaga dalam dan segala hal lainnya yang berbau metafisik yang mana dulupun ketika hal2 tsb baru keluar banyak menuai pro-kontra.namun syukur utk ini sudah jelas dari sebagian ulama yg mengatakan bahwa yg seperti itu syubhat malah menjurus ke syirik karena transfer aktivasinya melalui alam ghoib/jin. dgn kata lain melalui bantuan jin.bedanya dengan otak tengah adalah aktivasinya melalui komputer/suara.ini yang masih diperdebatkan.pertanyaannya :
    1. mengapa dengan suara di komputer kalau dengan mendengarkan suara orang mengaji saja kan sudah bisa?
    2. bukankah aktivasi otaktengah bagi orang dewasa bisa diperoleh dengan semakin banyak tahajud ditengah malam yang gelap?
    3. kesimpulan : dalam islam sudah ada fasilitasnya/caranya, lalu kalau ada cara lain apakah dibolehkan sepanjang itu jelas-jelas tidak syirik atau dosa??

    Suka

  27. di situ ada makna pribadi yg asli dari Alloh swt tentang peranan khalifatulardhi dan sadar betapa agung sang Pencipta dengan semua ciptaannya

    Suka

  28. kenapa yang diaktifasi itu anak2, bagaimana kalao anak dewasa atau orang tua. Anakyang belum baliq belum punya dosa, masih bersih sehingga mudah sekali untuk digunakan untuk melihat ghoib, misalnya ada yang kemalingan lalu orang yang pintar melihat dalam air atau telur di pecah , tapi pake jasa anak2 yang belum sunat aau belum baliq.
    apa artinya ini ? apakah karena itu juga orang tua gak diaktifkan ?

    Suka

    • Ass wr wb.
      Wah.. banyak jg ya.. komentar seputar aktifasi midbrain / otak tengah. Insyaalloh, dgn email ini dpt mewakili pertanyaan2 dan hal2 yg masih ragu serta rancu di telinga teman2. Memang wajar se.. kontroversi mengenai sesuatu hal, apalagi hal yg baru yg lahir di negara lain. Perkenalkan sy adalah seorang guru pembimbing Program Anak Genius dari MAP Bandung, saya dan rekan2 sy sudah beberapa kali menjadi guru pembimbing di Aktivasi Otak tengah untuk anak usia 5 s.d 15 th di Bandung. Alhamdulillah, selama kami membimbing anak2, kammi tidak mengenalkan atau mengajarkan hal-hal yg bertentangan dg ajaran Islam, justru kami lebih mengedepankan ajaran2 untuk ceria, riang gembira, apabila sedang belajar di sekolah / di kursus, tersenyum, percaya diri, mandiri, kerjasama, fokus, konsentrasi, ta’at beribadah, mengenal Allah, patuh dan sayang thdp ortu, kel, teman2 / makhluk ciptaan Allah SWT dan masih byk lg pembelajaran lain yg positif. Bahkan di hari terakhir, ada sesi muhasabah, dimana semua anak menangis dan meminta maaf pd ortunya serta berjanji akan menjadi anak yg soleh, patuh dan sayang thdp kel nya. Metode yg kami sampaikan kpd anak2, menedepankan metode FUN Learning, pd saat pelaksanaan mereka mdpt meraih kesenangan dan keceriaan bermain berbagai permainan. Pada saat aktifasi juga, anak anak merasa comfort dan secure. Insyaalloh… minggu depan, kami MAP bandung, akan mengadakan Pelatihan untuk dewasa (usia 17 th keatas) Bagi yg berminat boleh mendaftar!!

      Suka

  29. isunya adalah, bagaimana dengan anak itu sendiri? apakah pernah dipikirkan efek psikologisnya dalam jangka panjang? kalo nantinya ada efek buruk karena aktivasi ini, siapa yang mau tanggung jawab? karena sekarang, anak belum bisa memilih apa yang terbaik, maka kita bantu pilihkan… tanggung jawab kita, kita harus yakin yang kita pilihkan itu yang terbaik, dengan harus siap untuk yang terburuk… siapkah kita? lagian, kenapa sih begitu gak pedenya kalo anak kita itu emang udah dibuat sempurna? kalo udah diaktivasi, bisa di-undo nggak???

    Suka

    • mas ibnu fauzy yth,
      tadinya sy senang dn antusias sekali dgn ‘ilmu’ ini, maklum ilmu baru dan tergolong revolusioner karena secepat kilat anak kita bisa ‘berubah’ . hal itu yang membuat kita mempunyai banyak harapan2 demi masa depan mereka.

      namun setelah direnungi dan dicerna matang2 terutama dgn mohon petunjuk dari Allah SWT, maka tersimpul dibenak saya beberapa pertanyaan dan ke’anehan’ sbb:
      1. ini sudah sesuai dgn akidah blum?
      2. ini sesuai sunnah nabi dan shahabat?
      3. knp harus anak2? apakah karena mrk msh polos2, jadi mudah dibohongi?
      4. bukankah segala sesuatu itu harus berproses, butuh waktu, tenaga dan pikiran? itu sunnah alam kan? sedangkan kita tahu aktivasi ini hanya butuh waktu dua hari dan apabila tidak sesuai dengan sunah alam, maka akibatnya akan fatal, kan?
      5. hadits nabi bhwa kurang lebihnya mengatakan setiap sesuatu kalau dikerjakan dng cepat-cepat maka itu berasal dari setan.

      Suka

  30. klo kita ngga tau yaa gimana pandangan Islamnya… klo ngga salah di Islam ada alat musik yang sebenarnya diharamkan???
    Lha kalo mau mencapai frewensi alpha gimana ya caranya?? Enaknya anak-anak dibelikan HP masing-masing 5 atau lebih… siapa tahu ada yang nyampai freq alpha hehehe…… klo pake HP kan jadi pinter juga toh??????

    Suka

  31. Menurut saya anak2 yg telah diaktifkan otak tengahnya harus dididik aqidahnya yg kuat,, karna kalo tidak, ditakutkan di masa depan jadi melenceng sifatnya., salah satunya kesombongan.,

    Suka

  32. Sewaktu saya pelajari aktivasi otak tengah ini, awalnya sangat tertarik dan berkesan ilmiah. Tetapi sewaktu diketahui salah satu efek sampingnya adalah bisa memprediksi hal yang akan terjadi di masa yang akan datang, tanda tanya besar muncul di benak saya… Silakan disimpulkan sendiri…

    Suka

    • Tidak ada manusia di bumi ini yang bisa memprediksi masa depan, hanya Allah SWT lah yang mengetahuinya sesuai dengan yang tertera pada kitab Lauh Mahfud

      Suka

  33. Anak saya sdh ikut akivasi. Dan hasilnya sampai saat ini lumayan. Makin kreatif, tdk ngambekan lagi, dll. Itulah sebenarnya tujuan dari aktivasi ini, yaitu menyeimbangkan otak kiri & kanan. Adapun mampu melihat dgn mata tertutup (Ulan, anak saya, sdh bisa melihat dgn mata tertutup dalam kegelapan lagi) adalah slh satu tanda teraktivasi otak tengah.
    Menurut saya tak ada yg menyalahi syariat, wong aktivasi dilakukan dgn mendengarkan suara (musik), dan bermain spy anak tetap riang.
    O ya, saya pun orang biasa saja, nggak kaya. Tapi, karena ini penting bagi anak – investasi buat masa depan anak – saya pun menyisihkan sedikit demi sedikit. Dan alhamdulillah kesampaian. Kalau kita punya niat baik & bertekad mewujudkannya, pasti Allah akan buka jalan. Amin..

    Suka

    • betul2 bang…
      klo umat islam pintar2 tentunya juga di imbangi dengan keimanan dan ketaqwaan
      pasti umat islam tidak mudah di bohongin dengan dokrin2 kekerasan

      Suka

  34. saya penasaran banget deh pengen baca buku “dahsyatnya otak tengah”
    ternyata metode seperti itu dah ada ya di indonesia, saya ketinggalan info banget nih kayanya.
    bagi2 dong ilmunya.

    Suka

  35. otak tengah bisa diaktifkan dg sura dg gelombang tertentu, dan bisa jg dg tehnik akupuntur/akupresser, yg biayanya jauh jauh jauh lebih murah.. bahkan bisa dilakukan kapan saja, contohnya anak sy (bukan promo lho). jadi jangan kuatir. bisa untuk aktifkan indra ke 6, bisa untuk meningkatkan daya ingat, dg mengoptimalkan komunikasi otak kiri-kanan agar sangat lancar.
    khusus untuk ‘cinta’ kuya, sulap yg dimainkan adalah sulap TV bukan panggung, penuh dg trik2 dan editan. jgn jadi acuan.

    Suka

  36. Insya Allah pelatihan otak tengah ini tidak melanggar syariat krn ini benar2 ilmiah, jk kita pernah belajar fisika tentu tidak aneh dengan ilmu ini. Pengaktifan otak tengah sebenarnya menggunakan gelombang suara. Jadi anak hanya mendengar suara2 dengan tingkat desible tertentu. Otak kita pun memiliki 4 gelombang yaitu alpha,delta,theta dan beta. Pada pel anak2 dikondisikan agar otaknya mencapai alpha yaitu dimana otak rileks dan happy krn disitulah saat kreatifitas muncul. Setelah mencapai alpha baru diperdengarkan gelombang suara.

    Suka

    • gimana saya ingin anak saya mengikuti aktivasi otak tengah,tapi saya takut anak saya nantinnya akan jadi seorang peramal,apakah mungkin tidak ada efek sampingnya dikemudian hari,tolong dijelaskan

      Suka

    • dengan melalui gelombang…hmmmmm….bisa juga, tapi apakah menjamin dengan itu tidak ada yang ‘menunggangi’? artinya bukankah jin bisa saja menunggangi gelombang tersebut sehingga bisa merasuki kedalam diri si anak? bukankah jin pintar sekali mentransformasikan dirinya kesegala bentuk demi tercapai tujuannya, memelencengkan akidah umat??

      ISLAM sudah memiliki ‘gelombang’ tersendiri yang luar biasa tidak bisa setara dengan gelombang2 lain yang levelnya rendahan, dikarenakan gelombang islam langsung kepada dzat yang Maha Tinggi, Allah Azza wa jalla..gelombang islam bisa didapat dengan sholat tengah malam atau mengaji alquran dan berzikir dng khusyu, dan itu langsung connect dengan sang Sang Admin Tertinggi, Allah SWT!

      Tidak ada cara lain, selain cara islam.
      yang kita takutkan adalah Allah murka dan kita dicap syirik olehNya dikarenakan kita mengambil cara lain yang bukan caraNya.

      Suka

      • saya sangat sependapat dengan sdr Dinul Islam, bahwa kita sebagai seorang muslim harus senantiasa menggunakan cara islam dalam semua aspek kehidupan kita.

        saya awalnya juga tertarik karena beberapa teman membicarakan masalah ini, namun setelah saya banyak membaca dan menimbang dengan hati dan mengembalikan pada cara islam, rasanya saya khawatir jika kita salah mengambil jalan untuk mengelola amanah Allah.

        Saya pikir adalah sesuatu yang menyalahi sunnah jika kita ingin anak cerdas dan “super” hanya dalam dua hari, dengan cara mendengarkan musik…

        Allah sudah buat cara agar kita mencapai kondisi tersebut, dengan usaha bukan instant, sabar mendidik anak dengan kasih sayang, dan doa yang tulus ikhlas pada Allah, karena bagi Allah teramat mudah untuk membuat seorang anak menjadi pintar, sholeh dan penyayang…

        Saya menghimbau agar kita sebagai orang tua lebih hati-hati dalam memilih pendidikan bagi anak, karena semua akan kita pertanggungjawabkan kelak di hadapan Allah….

        Suka

    • pada dasarnya pengaktifan otak melalui suara sdh ada sejak lama,mgkn kita perlu mengingat sejarah Imam syafi’i yang konon katanya sdh mampu menghafal Al Qur’an sejak usia 7 tahun trnyata penyebabnya adl kr ibunya sering memperdengarkannya ktk msh dlm kandungan,sy jd ingat ttg saudara di kmpung yang sy anggap ckp cerdas utk ukuran lingkungan kami kr hmpir semua pelajaran dia kuasai dan sy sendiri agak sulit mencari peljaran apa yg tdk dikuasainya,stlh menganalisa ternyata ketika msh dlm kndungan ibunya mampu mengktamkan Al Qur’an sebanyak 27 kali smntr ank2nya yg lain cm 9 x,ini berarti bhw dg suara lgsg alamiah sj begitu dahsyat apalagi jk diimbangi dengan teknologi, jd wajar klo anak itu hmpr menguasai semua pljrn toh Al Qur’an Menckup segala bdg, aktivasi ala dulu ckp suara lgsg dr ibu, klo ada yg lbh cepat y Alhmdulillah, bknkah lbh cepat lebih baik?tdk ada yg mustahil bg Allah jk Dia menghendki,jgnkan 2 hari memperjlnkn HambaNya dlm wkt semalam sj bisa.Belajarlah menerima nasehat dn ide-ide baru.tp kptsan ttp pd diri msg2.GUGUR DALAM MEDAN PERANG MENCARI KEBENARAN LEBIH MULIA DARIPADA GUGUR DALAM KETAKUTAN. tdk ada salahnya jk kt mencoba sesuatu yg baru.tp stlh diaktivasi sebaiknya ananda terus dibina aqidahnya agar tdk slh langkah dn terus meyakinkan bahwa kecerdasan yg kita miliki melalui jln aktivasi itu semua atas izin Allah. kr tdk menutup kemungkinan ada yg berhsl diaktivasi dn mgkn jg tdk kr faktor lain. Jd semaksimal mgkn ananda dikenalkan akan diri dn TuhanNya

      Suka

  37. kemarin di tempatku kursus juga ada yang promosi tentang aktivasi otak tengah. menarik memang.. tapi setelah ditanya biaya, harganya sangat kelewatan untuk ukuran orang yang biasa-biasa saja. yg dak mampu yaa bisa melongo melihat teman yang daftar (krn memang kaya). ya maklumlah kan masih baru, suatu saat juga akan murah , jangan kwatir bagi yang kurang mampu Allah akan memberi petunjuk asal kita berusaha.

    Suka

    • ilmu itu tidak mahal, dan tidak ada yang sifatnya disembunyikan apalagi franchise dan copyright. Kalau demikian adanya berarti dipertanyakan sumbernya dari mana? apakah bersumber dari Allah atau Dukun?

      Suka

  38. Manusia adalah makhluk yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk lainnya tapi masih banyak diantara kita yang belum sadar akan kesempurnaan itu sendiri termasuk mempelajari akan kelebihan seorang manusia disisi makhluk lainnya. Kalo mengoptimalkan atau mengaktifkan otak tengah selama manusia itu mampu memanfaatkan dalam kebaikan diri atau untuk kehidupan diri dan orang lain kenapa tidak

    Suka

  39. insyaallah niat baik ya untuk kebaikan. tapi kalau bagi orang yang mengaktifkan minta bayaran tinggi apakah itu bukan sekedar bisnis saja ( sudah gak murni ..kali). apakah kebaikan hanya bisa dinikmati segelintir orang berduit (yg bisa membayar aktivasi..???) nah kalau untuk kemaslahatan ayo donk jangan mahal-mahal….!

    Suka

  40. Kalau mnrut saya, tergantung niatnya..klo dengan mengaktifasi otak tengah nantinya digunakan untuk kemaslhatan umat, g msalah sich..

    yh menjadi masalah adlh klo nantinya digunakan untuk perbuatan2 yg g semestinya dilakukan n merugikan org lain..itu yg g boleh mnurut q..

    Suka

    • berarti ilmu yg anda maksud itu sifatnya syubhat, dualisme, bermata ganda, yang memilikinya bisa berkpribadian ganda: akan digunakan sesuai dengan keperluan, kepentingan dan kesempatan yg ada, yang mana yang mengenakan dia. Padahal ilmu Allah itu satu, mengandung kebenaran mutlak, yang memilikinya tidak akan bingung dan tersesat karena menurut petunjuk Allah SWT dan selalu dlm lindunganNya.

      Suka

    • Lebih baik bodoh daripada pintar tapi musyrik. Lebih baik sakit dari sehat tapi musyrik. Lebih baik miskin daripada kaya tapi musyrik. Allah tidak mengampuni musyrik. Syirik adalah dosa nomor satu. Jangan ceroboh dengan dosa syirik.

      Suka

      • pilihanya kok aneh gtu ya..
        paling enak sih PINTAR, CERDAS, BERIMAN sekaligus BERTAQWA..
        Punya Aklak yang baik lagi..
        Gak ada Oarang “PINTAR” itu yang Musyrik
        klo Orang Musyrik itu “BODOH” yang gak tau kebenaran, karena merasa benar sendiri..
        klo saya seh mending jadi orang PINTAR, CERDAS, BERIMAN sekaligus BERTAQWA..
        he he…
        ets ketinggalan yang kasih jempol “PINTAR” yang Hujat brarti “BODOH”
        pilih mana hayooo

        Suka

  41. saya khawatir, jika yang kita andalkan hanya kemampuan intelegensi yang tinggi tanpa bekal pendidikan aqidah yang lurus dan akhlaq yang baik, akan berakibat tiodak baik bagi masa depan..

    Suka

    • anda itu ustadz ya…?
      kok pemikirannya aneh gitu sih?
      apa sih yang ada di pikiran anda?
      anda kalau mau memberi tanggapan jangan hanya sebatas pemikiran dasar anda!
      coba anda baca lagi comment anda dan anda renungkan!
      bukankah jika anak kita pintar, kita akan mudah mendidik dan membimbing akidah yang lurus dan akhlak yang baik…?
      sebaliknya, apabila anak kita bodoh atau idiot, mana bisa dididik akidah maupun akhlak?
      yang ada malah planga-plongo dong!

      Suka

  42. Islam pernah jaya karena mempelajari, mengembangkan dan menguasai iptek. Apa yang telah diciptakan Allah didiri kita harus dipelihara, dipelajari dan dimanfaatkan untuk kemajuan umat manusia. Jangan mau di nina bobokan dengan tipu muslihat agar umat tidak maju/tetap terbelakang dalam segala hal.

    Suka

    • Betul-betul bang..
      Ane setuju..
      Di atas komenya kok pada menghujat yaa? dengan sesuatu yg gak jelas..
      padahal Saling menghujat dalam pelajaran adik saya kelas 4 SD
      termasuk ahlaq yang “…….”

      Suka

  43. kelebihan manusia dibandingkan dengan hewan adalah karena diberikan kecerdasaan/fikiran, dan kita harus mampu mengembangkan semua potensi dalam diri kita khusunya umat islam, baik otak kiri, kanan maupun otak tengah, dengan bekal iman, maka umat islam akan jauh lebih maju untuk menguasai pengetahuan. jadi kalau anda tahu cara pengembangan otak tengah up load untuk kepentingan umat

    Suka

    • justru dgn proses akti fasi kita bisa mutlak mengajari anak berbuat jujur dan men gerti daripada mengajari bahasa yang sama sekali tidak di memgerti

      Suka

Tulis Komentar