Konsumsi BBM All New Avanza 1.3 Matic


BBM-avanza

Avanza merupakan salah satu kendaraan roda 4 yang paling banyak digunakan di Indonesia. Tentunya banyak alasan yang menjadikannya banyak dibeli konsumen Indonesia, diantaranya dimensi yang lega, nilai jual kembali yang tinggi, biaya perawatan yang kecil, dan juga lainnya.

Salah satu yang membuat saya penasaran adalah bagaimana dengan konsumsi BBM Avanza?

Untuk menghilangkan penasaran saya coba menghitung konsumsi BBM Premium di mobil All New Avanza 1.3 Matic. Saya coba menghitung untuk dua lokasi, yang pertama di dalam kota Bogor dengan tingkat macet yang tinggi (menurut koran Radar Bogor rerata laju kendaraan  dalam Kota bogor adalah 9 km/jam), dan lokasi kedua adalah jalanan luar kota saya ukur ketika pulang kampung ke Cilacap.

Metode yang saya gunakan pakai metode sederhana yaitu dengan mencatat KM saat mengisi Full Premium, kemudian mencatat KM kembali saat isi Premium selanjutnya. Selisih KM tersebut saya bagi dengan jumlah pengisian Premium di Pengisian kedua, maka akan ketemu berapa konsumsi bensinnya.

Hasil dari coba-coba tersebut didapati angka konsumsi Premium sebagai berikut:

  • Dalam kota : 7-9 km per liter
  • Luar kota : 10-12 km per liter

Pengujian yang saya lakukan berkali-kali untuk ketemu angka di atas. Dan tentunya ini adalah angka yang tidak fix, bisa jadi akan berbeda dengan pengukuran yang Anda lakukan.

Pernah mengukur konsumsi BBM Premium mobil Avanza Anda? Silakan share di komentar ya..

Untuk menghilangkan rasa

7 pemikiran pada “Konsumsi BBM All New Avanza 1.3 Matic

Tulis Komentar