7 Tips Memilih Web Hosting Terbaik


domainesia

Untuk saat ini sudah ada puluhan bahkan ratusan penyedia layanan web hosting Indonesia. Akan tetapi untuk mengetahui penyedia layanan web hosting yang baik memerlukan beberapa perhitungan terlebih dahulu. Karena untuk sekarang banyak web hosting yang menawarkan harga yang sangat murah dengan space hingga ratusan Gigabite.

Sebenarnya hal seperti diatas justru akan mengakibatkan situs yang ada di dalamnya sulit diakses karena server yang berisi banyak situs akan menambah beban server itu sendiri. Dengan infrastruktur dan jaringan data pada server yang tidak sempurna akan mengakibatkan situs yang ada didalamnya mengalami keterbatasan.

Berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih web hosting Indonesia yang baik:

  1. Fasilitas atau fitur web hosting. PHP, WySQL, dan Perl dengan versi yang terbaru adalah fitur yang harus ada. Memang setiap Provider harus memilikisoftware/aplikasi/librarystandart tersebut. Selain itu fitur lain yang harus ada adalah akses mailbox, POP 3, IMAP 4, Antivirus dan juga antispam.
  2. Stabilitas Server dan Jaringan, Uptime. Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi kestabilan yaitu jaringan, mesin dan juga keamanan setiap konfigurasi komputer. Sistem keamanan dari server harus benar–benar diperhitungkan karena server yang sering dihack akan mengalami down bahkan data yang ada di dalamnya bisa hilang. Maka dari itu kestabilan dari server menjadi pertimbangan utama saat memilih web hosting.
  3. Perusahaan yang Jelas. Keberadaan perusahaan haruslah jelas karena banyak webhosting yang tidak memiliki badan usaha, lokasi fisik yang tidak jelas bahkan kelangsungan hidup hanya beberapa bulan saja. Maka dari itu pemilihan perusahaan yang jelas sangatlah penting. Karena bila perusahaan yang tidak jelas memiliki resiko kehilangan data yang sangat besar.
  4. Support merupakan pembeda dari hosting berbayar dan hosting gratis. Perbedaan ini bisa di lihat dari support apa yang di dapatkan bila kita menggunakan jasa hosting berbayar. Maka dari itu perhitungan mengenai support sangatlah penting.
  5. Backup menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah perusahaan hosting. Semakin sering sebuah perusahaan melakukan backup maka semakin baik pula kualitas dari perusahaan tersebut. Banyak kasus yang terjadi akibat dari sebuah perusahaan jarang melakukan backup seperti data hilang ataupun data terhapus yang tidak bisa di temukan kembali. Maka dari itu usahakan memilih perusahaan yang sering melakukan backup.
  6. Kepemilikan dan pengaturan domain. Domain yang sudah di beli pelanggan sudah resmi menjadi milik pelanggan jadi pelanggan ingin melakukan setting seperti apa itu sudah menjadi hak pelanggan. Apabila ada sebuah perusahaan yang tidak memberikan pengaturan domain kepada pelanggan sebaiknya dihindari untuk memilih perusahaan tersebut. Karena bila pengaturan domain tidak diberikan maka pelanggan tidak bisa memindah hosting ataupun nameserver.
  7. Sebenarnya harga belum menentukan kualitas sebuah webhosting. Karena meskipun ada perusahaan yang memiliki harga yang sama dengan perusahaan lain belum tentu kualitas yang sama. Maka dari itu harga bukan menjadi sebuah masalah yang besar. Harga bisa di pertimbangkan di akhir setelah pertimbangan yang lain sudah terpenuhi.

Berdasarkan beberapa tips di atas diharapkan bisa menambah pengetahuan bagi para pencari perusahaan web hosting Indonesia. Jangan tergiur harga yang murah saja banyak perhitungan yang harus di lakukan untuk menentukan sebuah pilihan yang tepat.

Untuk Anda yang membutuhkan layanan hosting murah aktivasi cepat, aman, tangguh dan memiliki beberapa kelebihan seperti yang kami sebutkan di atas, Anda bisa memilih DomaiNesia.

Iklan

16 pemikiran pada “7 Tips Memilih Web Hosting Terbaik

  1. Milih hosting untuk kebutuhan website sendiri emang harus bener2 jeli, jangan sampe nanti pas website udah jalan tapi sering gak bisa diakses. Untungnya yang kayak-kayak gitu gak kejadian di aku. Aku ada hosting di niagahoster, akses websitenya lancar banget

    Suka

    • Aku baru banget pake niagahoster. Baru sebulanan ini deh langganan disana. Sejauh ini pelayanannya oke juga. Recommended deh buat aku

      Suka

  2. Reviewnya lumayan ngasih penjelasan yang dibutuhkan untuk melihat pelayanan yang diberikan sama domainesia sendiri. Tapi aku sendiri udah pake niagahoster sekarang. Dan sejauh ini pelayanan mereka menurutku masih yang paling baik

    Suka

    • Tapi kalau aku liat sekarang hosting lokal juga udah banyak yang bagus gan. Seenggaknya hosting lokal mau berkembang biar makin bagus layanannya, misalnya aja kayak niagahoster tu

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s